Mengenal Skin Minimalism, Alternatif Pengganti Skincare Berlapis Ala Korea!

Gaya hidup minimalis sudah sangat populer diberbagai kalangan, salah satunya hadir dari dunia skincare yakni tren skin minimalism yang digadang-gadang sebagai alternatif pengganti konsep perawatan kulit ala Korea!

Mengenal Skin Minimalism, Alternatif Pengganti Skincare Berlapis Ala Korea!
Mengenal Skin Minimalism, Alternatif Pengganti Skincare Berlapis Ala Korea. Gambar: Unsplash.com

BaperaNews - Belakangan, tren gaya hidup minimalis menjadi sorotan banyak orang dimana tren gaya hidup yang satu ini mengajak masyarakat untuk menjadi lebih bijak dalam menggunakan sesuatu.  Ternyata, gaya hidup minimalis tidak hanya dapat diterapkan dalam kehidupan sehari- hari, melainkan juga dalam dunia kecantikan. 

Perawatan kecantikan yang satu ini dikenal dengan sebutan skin minimalism atau skinmalism.Saat ini konsep less is better dalam pengaplikasian skincare atau perawatan kulit sedang ramai di kalangan beauty enthusiast. Konsep ini tak lagi mengikuti tren penggunaan produk perawatan kecantikan hingga 10 langkah yang sangat populer di Korea Selatan.  

Seperti yang banyak dibicarakan oleh dermatolog dan founder Entiere Dermatology, penggunaan produk kecantikan yang terlalu berlebihan justru dapat memperparah kondisi masalah kulit yang sedang dialami atau bahkan menciptakan permasalahan baru. Contohnya saja seperti breakout, iritasi, kulit yang kering dan terkelupas, hingga muncul kemerahan.  

Hal tersebutlah yang membuat konsep  skin minimalism semakin populer khususnya dalam dunia perawatan kulit. Skin minimalism dapat diartikan sebagai penyederhanaan langkah-langkah dalam penggunaan skincare pada produk-produk yang esensial saja. 

Baca Juga: Ini Dia 2 Jenis Ikan Yang Dapat Dikonsumsi Secara Mentah Selain Salmon!

Konsep yang satu ini ternyata tak hanya dinilai bagus untuk keperluan kulit, namun juga dapat membantu untuk menghemat  waktu serta uang yang digunakan untuk membeli produk kecantikan. Lebih dari itu, tren skin minimalism ini menekankan agar skin barrier tetap sehat dan terjaga dengan cara mengurangi dan menyederhanakan skincare routine.

Anda dapat memulai konsep skin minimalism dengan memilih produk yang memiliki kandungan alami dan mengikuti empat langkah sederhana saat mengaplikasikan skincare yakni dengan memfokuskan pada produk yang berfungsi untuk membersihkan, mengeksfoliasi, melembabkan, serta melindungi kulit. Contohnya seperti pembersih wajah, eksfoliator, pelembab dan tabir surya atau sunscreen.

Selain itu hal terakhir yang perlu diperhatikan adalah untuk menggunakan skincare yang sesuai dengan kebutuhan kulit Anda sendiri. Selamat mencoba!

Baca Juga: Fenomena Hampers Lebaran, Kenapa Jadi Tren?