Ingin Membeli Rumah? Hindari Hal ini Supaya Ga Nyesel

Jangan sampai menyesal karena kesalahan saat membeli rumah, inilah hal-hal yang harus diperhatikan dan dihindari saat membeli rumah.

Ingin Membeli Rumah? Hindari Hal ini Supaya Ga Nyesel
Jangan buat kesalahan saat membeli rumah, ini hal yang harus dihindari. Gambar : Pixasquare/unsplash.com

BaperaNews - Saat ini, para milenial dituntut untuk bisa punya rumah sejak muda. Kondisi ini pun didukung dengan adanya kredit rumah yang sangat beragam dan bisa disesuaikan dengan kemampuan kalian.

Namun yang perlu diperhatikan adalah banyaknya orang yang masih belum punya pengalaman dalam membeli rumah membuatnya menyesal. Kalian juga harus banyak belajar nih sebelum membeli rumah. Pahami hal apa saja yang penting untuk dilakukan sebelum membeli rumah.

Poin penting yang harus dilakukan adalah melakukan riset pasar dan menggali pengetahuan agar kalian tak menyesal di kemudian hari. Jangan hanya mikir gengsi dan agar dipandang sudah memiliki rumah yang akhirnya asal saja. Yang penting punya rumah dulu.

Kesalahan umum yang paling banyak dilakukan saat membeli rumah ini bisa kalian jadikan sebagai referensi.

1.Tidak Melakukan Pemeriksaan Rumah Lebih Lanjut

Banyak pembeli rumah saat ini yang tidak melakukan pemeriksaan lebih lanjut terhadap rumah yang hendak dibeli. Sebagian besar orang asal percaya saja. Padahal melakukan pemeriksaan adalah langkah awal yang harus dilakukan dalam upaya melindungi diri kita sendiri.

Banyak yang berpikir untuk berhemat, tak perlu membeli rumah yang bagus, yang penting asal jadi. Jika kalian berpikir demikian, sesungguhnya kalianlah yang akan dirugikan. Justru tanpa adanya pemeriksaan, dana yang kalian gelontorkan untuk renovasi akan lebih besar dan membengkak. Apalagi jika ditemukan banyak kerusakan.

2.Jangan Terlalu Emosional dan Bersikap Rasional

Rasa ingin memiliki rumah yang menggebu – gebu membuat banyak orang hilang akal dan akhirnya membuat keputusan yang salah. Sebaiknya, kalian bersikap rasional sebelum memutuskan untuk membeli rumah. Mengutamakan ketelitian, jangan nafsu semata sehingga tak menghiraukan kondisi rumah tersebut.

3.Buatlah Penawaran Bersyarat

Jangan sungkan untuk menyampaikan maksud baik. Untuk melindungi diri kalian dari hal – hal yang tak diinginkan saat membeli rumah, hendaknya kalian membuat penawaran bersyarat dengan marketingnya. Misalnya saja saat terjadi kerusakan atau hal lain, kalian bisa meminta pertanggung jawaban dari pihak marketing. Tak usah merasa canggung.

4.Periksa Kondisi Jalan dan Lingkungan Sekitar

Memastikan kalian nyaman saat tinggal di rumah baru adalah hal yang wajib dilakukan. Mengingat hal ini untuk jangka panjang. Pastikan lingkungan rumah yang hendak kalian beli tidak ada masalah dan kondisi akses jalannya baik.