Ini Dia 2 Jenis Ikan Yang Dapat Dikonsumsi Secara Mentah Selain Salmon!

Salmon menjadi salah satu ikan yang banyak dikonsumsi secara mentah, ternyata selain salmon, ikan tuna dan ikan buntal juga dapat dimakan secara mentah loh!

Ini Dia 2 Jenis Ikan Yang Dapat Dikonsumsi Secara Mentah Selain Salmon!
Ini Dia 2 Jenis Ikan Yang Dapat Dikonsumsi Secara Mentah Selain Salmon. Gambar: Unsplah.com

BaperaNews - Selain dimasak menjadi aneka hidangan yang lezat, beberapa daging ikan juga dapat dimakan mentah. Umumnya, jenis ikan yang dimakan secara mentah yaitu ikan salmon yang banyak digunakan dalam hidangan sushi ataupun sashimi. Dalam pemilihan dan pengolahan ikan yang dikonsumsi secara mentah perlu diolah secara teliti dan hati-hati karena ikan mentah rentan terkena bakteri. 

Berdasarkan informasi yang dilansir melalui The Spruce Eats, beberapa hewan kecil seperti cacing cod atau cacing tanah, cacing laut, dan cacing pita dapat ditemukan pada daging ikan mentah.  Sebelum mengkonsumsi ikan mentah, ada baiknya untuk mengetahui tingkat kesegaran serta keamanan daging ikan

Ada beberapa jenis ikan yang dapat dikonsumsi secara mentah selain salmon yakni ikan tuna dan buntal. 

      1. Tuna

Ikan Tuna. Gambar : Unsplash.com/Dok. Big Dodzy

Tuna terkenal karena merupakan salah satu ikan laut yang memiliki kandungan protein tinggi. Kandungan protein yang dimiliki Ikan tuna adalah protein tanpa lemak dimana protein tersebut mengandung asam lemak omega-3, vitamin, dan mineral.

Baca Juga : 12 Makanan Lebaran dari Berbagai Negara di Dunia, Tidak Hanya Ketupat

Sebelum mengkonsumsi  ikan tuna secara mentah, sebaiknya ikan tuna dibekukan terlebih dahulu hal ini dilakukan untuk menghilangkan parasit yang terdapat pada ikan

Pembekuan tuna dalam suhu -20 derajat celcius dapat dimanfaatkan untuk masa beku selama tujuh hari. Sedangkan pembekuan serta penyimpanan dengan suhu -35 derajat celcius dapat dimanfaatkan untuk masa simpan selama 15 jam. Selain itu, untuk pembekuan dengan suhu -35 derajat celcius serta penyimpanan suhu -20 derajat celcius dapat digunakan untuk dalam jangka waktu simpan selama 24 jam.

      2.  Ikan buntal 

Ikan Buntal. Gambar : Unsplash.com/Dok. Stelio Puccinelli

Daging Ikan buntal atau yang terkenal dengan nama fugu dapat dimakan secara mentah layaknya salmon pada hidangan sashimi. Umumnya ikan yang satu ini disajikan dalam bentuk fillet, dan dari satu ekor ikan buntal hanya diambil beberapa bagian saja. Meskipun ikan buntal dapat dikonsumsi secara mentah tetapi dalam pengolahannya perlu dilakukan oleh orang yang profesional dan sudah bersertifikat karena bukan rahasia umum lagi jika ikan yang satu ini mengandung racun.

Baca Juga: Fenomena Hampers Lebaran, Kenapa Jadi Tren?