5 Tips Memilih Jurusan Kuliah Agar Tidak Menyesal Diakhir

Memilih jurusan kuliah yang tepat memang butuh pertimbangan yang matang karena harus sesuai dengan minat dan bakat. Berikut tips memilih jurusan kuliah agar tidak menyesal di akhir.

5 Tips Memilih Jurusan Kuliah Agar Tidak Menyesal Diakhir
Tips Memilih Jurusan Kuliah Agar Tidak Menyesal Diakhir. Gambar : Pixabay.com/Dok. JESHOOTS-com

BaperaNews - Setelah lulus dari jenjang SMA/sederajat, siswa/siswi akan melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Namun, kebanyakan siswa/siswi masih suka bingung memilih jurusan mana yang cocok dengan dirinya agar ketika di akhir perkuliahan tidak menyesal mengambil jurusan tersebut. 

Memilih jurusan kuliah yang tepat memang butuh pertimbangan yang matang. Lantaran, hal tersebut akan menyangkut minat dan bakat pada diri siswa/siswi tersebut yang akan melanjutkan pendidikannya ke jenjang kuliah. 

Sering terjadi, biasanya siswa/siswi tersebut tidak minat dalam jurusan tertentu, tetapi harus terpaksa berada di jurusan tersebut, alhasil akan merasa kehilangan tujuan. Oleh karena itu, memilih jurusan kuliah tidak boleh sembarangan, semua nya harus disesuaikan dengan minat, bakat, potensi dan lain-lain. 

Apabila sudah sesuai minat, pasti mengikuti pembelajaran di perkuliahan juga akan merasa senang dan enjoy. Nah, agar kamu tidak salah jurusan kuliah, maka kamu membutuhkan tips memilih jurusan kuliah dengan tepat. 

Baca Juga : Seleksi Masuk PTN 2023 Dirubah, Ini Yang Harus Disiapkan Guru Dan Siswa

5 Tips Memilih Jurusan Kuliah Dengan Tepat:

  1. Mengikuti tes minat dan bakat

Hal terpenting ketika ingin memilih jurusan kuliah yang tepat adalah mengetahui minat dan bakat dalam diri kamu. Kamu harus pandai memahami apa yang sebenarnya yang ingin kamu gapai untuk masa depan. 

Apabila kamu sudah mengetahui apa minat dan bakatmu, nantinya kamu akan menjadi orang yang lebih tangguh dan mampu bertahan. Contohnya adalah, apabila kamu memilih jurusan kuliah A tetapi tidak berdasarkan minat dan bakat, maka kamu bisa saja menyerah di tengah perkuliahan karena menghadapi kesulitan untuk belajar. 

Berbeda halnya ketika jurusan kuliah tersebut kamu pilih berdasarkan dengan minat dan bakat, kamu akan memiliki semangat lebih untuk belajar dan berjuang menyelesaikan pendidikanmu.

Oleh karena itu, cobalah kamu eksplor minat dan bakat kamu agar dapat mengetahui lebih baik apa yang sebenarnya diri kamu inginkan. Lebih bagus lagi, jika kamu juga mengikuti tes minat dan bakat yang biasanya disediakan oleh berbagai lembaga tertentu. 

  1. Melakukan riset jurusan kuliah yang dipilih

Tips memilih jurusan kuliah yang satu ini bisa membantu kamu yang benar-benar bingung ingin kuliah dengan jurusan apa. Yup, melakukan riset sendiri. Kamu perlu ketahui sebanyak-banyaknya jurusan kuliah yang telah ada. Lalu, kamu pelajari terlebih dahulu masing-masing bidang ilmunya, prospek alumninya, dan hal-hal lainnya yang kamu rasa hal itu sangat perlu untuk diketahui. 

Kemudian, pelajari dan bandingkan, kamu perlu bandingkan daftar beberapa jurusan kuliah yang telah kamu pilih. Sebab, langkah-langkah tersebut dapat membantumu untuk memilih jurusan kuliah yang tepat. Cara ini juga dapat diterapkan ketika kamu punya pilihan jurusan kuliah untuk dipilih, entah itu pilihan sendiri atau pilihan dari orang tua kamu. 

  1. Mencari tahu biaya yang dibutuhkan

Tips memilih jurusan kuliah yang tepat salah satunya adalah mencari tahu biaya yang harus kamu butuhkan hingga kamu lulus kuliah nanti. Sebab, mengetahui biaya yang kamu butuhkan juga sangat penting. Jangan sampai kamu harus berhenti kuliah ditengah jalan karena kamu tidak memiliki uang untuk melanjutkan kuliah tersebut. 

  1. Konsultasi pada orang terdekat/yang sudah berpengalaman

Mencoba bicara dengan orang terdekat ketika ingin memilih jurusan kuliah juga menjadi salah satu cara terbaik nih. Cobalah kamu bicarakan mengenai pilihan jurusan yang ingin kamu pilih untuk mendapatkan wawasan atau cara pandang yang lain. 

Kamu juga dapat bertanya dengan orang yang sudah berpengalaman agar keresahanmu ketika memilih jurusan bisa diselesaikan dengan lebih terarah. Dengan berbicara hal tersebut kepada orang yang berpengalaman, kamu bisa mendapatkan sudut pandang yang lebih baik. 

  1. Pantangan ketika memilih jurusan kuliah

Tips memilih jurusan kuliah yang terakhir adalah mengetahui pantangan-pantangan yang harus kamu lihat ketika memilih jurusan kuliah. Pantangan ketika memilih jurusan kuliah ada 4, sebagai berikut:

  1. Jangan memilih jurusan kuliah hanya karena prospek masa depan
  2. Jangan tertuju terhadap nilai pelajaran saja.
  3. Jangan pernah mengabaikan bakat dan minat diri. 
  4. Jangan hanya ikut-ikutan teman saja. 
@baperanews.com Setelah lulus dari jenjang SMA/sederajat, siswa/siswi akan melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Namun, kebanyakan siswa/siswi masih suka bingung memilih jurusan mana yang cocok dengan dirinya agar ketika di akhir perkuliahan tidak menyesal mengambil jurusan tersebut. #kuliah#memilihjurusan#tips#baperanews ♬ Aesthetic - Tollan Kim

Baca Juga : Syarat, Jenis Tes Dan Aturan SBMPTN 2023 Terbaru