Kronologi Jalan Warga di Cijeruk Bogor Longsor

Jalan akses warga di wilayah Desa Cibalung, Kecamatan Cijeruk, Kabupaten Bogor mengalami bencana longsor pada Sabtu, 6 Januari 2024.

Kronologi Jalan Warga di Cijeruk Bogor Longsor
Kronologi Jalan Warga di Cijeruk Bogor Longsor. Gambar : Dok. BPBD

BaperaNews - Wilayah Desa Cibalung, Kecamatan Cijeruk, Kabupaten Bogor, mengalami kejadian tidak mengenakkan ketika jalan akses warga di sana mengalami longsor. Detik-detik jalan Cijeruk longsor tersebut terekam dalam video yang diabadikan oleh warga setempat.

Dalam rekaman video yang dilihat oleh MNC Portal, awalnya akses jalan warga tampak mengalami keretakan signifikan di sisi jalan utama. 

Meskipun jalan tersebut terlihat belum sepenuhnya rampung dengan adanya besi-besi konstruksi pengerjaan di sekitar lokasi.

Tak berselang lama, jalan itu perlahan-lahan longsor dengan ketinggian yang curam. Dalam sekejap, jalan tersebut runtuh, menciptakan kepanikan di antara warga yang melihat kejadian itu secara langsung.

Seorang warga yang merekam kejadian tersebut menyampaikan, "Pak Haji kade katarik kadinya pak Haji, tuh longsor mulai turun. Innalillahi Wainnaillahirajiun" (Pak Haji, jalan itu sudah retak, Pak Haji. Lihat, longsor sudah mulai terjadi. Sesungguhnya kita milik Allah dan kepada-Nya kita akan kembali).

Baca Juga : Memasuki Musim Hujan, Pemkab Bogor Petakan Daerah Rawan Longsor

Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Bogor, M. Adam, menjelaskan bahwa peristiwa jalan Cijeruk longsor terjadi pada Sabtu, 6 Januari 2024, sekitar pukul 16.30 WIB. 

Longsor tersebut memutuskan akses jalan lingkungan yang tengah dalam proses pengerjaan swadaya masyarakat di Kampung Cibalung RT01/RW03, Desa Cibalung, Kecamatan Cijeruk.

Adam menegaskan bahwa kejadian ini tidak menimbulkan korban jiwa. Namun, untuk kerugian dan dampak lainnya, belum dapat dipastikan karena tim penanganan darurat masih melakukan assesment di lokasi kejadian.

"Tim masih melakukan pengecekan di lokasi," ujar Adam.

Baca Juga : Tebing Parkir Wisata Curug di Puncak Bogor Longsor, 2 Orang Meninggal Dunia