Kasus Baru Covid 19 di China Meluas ke 20 Provinsi

Kasus baru penyebaran covid-19 di negara china semakin meluas, bahkan kasusnya sudah masuk ke 20 provinsi di china

Kasus Baru Covid 19 di China Meluas ke 20 Provinsi
Kasus baru covid 19 di china meluas ke 20 provinsi. Gambar : CNBC

BaperaNews - Kasus covid 19 kian meluas penyebarannya di China. Setidaknya sudah tercatat 20 provinsi yang menjadi sebaran kasus aktif covid 19. Data tersebut didapatkan dari informasi yang diberikan secara langsung oleh masing – masing provinsi.

Dari 20 provinsi yang disinyalir terdapat kasus aktif covid 19 baru, provinsi penyumbang terbanyak di China hingga saat ini adalah provinsi Heilongjiang. Provinsi ini setidaknya menyumbang sepertiga dari keseluruhan kasus aktif covid 19 di China.

Provinsi Heilongjiang juga menjadi pusat dari gelombang covid 19 baru yang terjadi di China setelah munculnya informasi mengenai klaster misterius disana, terutama di perbatasan utara Heihe.

Varian delta dari virus covid 19 menjadi salah satu pemicu bermunculannya kasus baru di banyak provinsi di China. Karena memang varian delta dianggap lebih ganas dan penularannya lebih cepat. Hanya dalam 3 minggu saja, setidaknya sudah ada 800 warga China yang terpapar covid 19.

Penyebaran yang telah terjadi hingga 20 provinsi ini, mencetak sejarah baru bagi China yang mana merupakan kondisi darurat dengan penyebaran terluas jika dibandingkan dengan gelombang pertama kasus covid 19 di Wuhan pada bulan desember tahun 2019.

Meski saat ini China masih tergolong rendah tingkat infeksinya, pihak pemerintah China pun tidak menunda – nunda dalam pengambilan kebijakan yang ketat dan tegas agar bisa segera memutus rantai penyebarannya.

Pemerintah china pun akan langsung melakukan pengujian secara massal kepada warganya jika terdeteksi penambahan satu kasus baru. Semua orang tanpa terkecuali, jika memang terdeteksi melakukan kontak langsung dengan orang yang positif covid 19, harus segela dikarantina.

Pembatasan berbagai aktivitas transportasi pun langsung dilakukan, terutama provinsi yang telah melaporkan adanya kasus baru. Ini merupakan langkah cepat yang bisa dilakukan untuk memutus rantai penularan.

Hingga kini Beijing belum ada laporan sama sekali terkait penularan covid 19. Sejak adanya informasi penyebaran kasus baru di China, pemerintah kota Beijing dengan sigap langsung membatasi transportasi yang masuk ke Beijing.

Banyak pemerintah provinsi yang turut serta dalam mendesak warganya agar tidak melakukan perjalanan lintas provinsi. Sampai saat ini pemerintah China sudah melaporkan total warganya yang terinfeksi covid 19 yakni berjumlah 97.501 dan warga yang meninggal sebanyak 4.636.