Mengenal Buah Bidara Hingga Manfaatnya !

Masih banyak yang belum tahu khasiat dari buah bidara, Buah yang seringkali menjadi Manisan ini ternyata kaya akan manfaat. Lalu apa manfaat buah bidadara ? Berikut Informasinya !

Mengenal Buah Bidara Hingga Manfaatnya !
Mengenal Buah Bidara Hingga Manfaatnya. Gambar : Pixabay.com/SandeepHanda

BaperaNews - Buah bidara bisa tumbuh dengan subur di daerah yang cenderung panas dan kering. Saat musim penghujan tiba, pohon bidara memiliki kemampuan yang baik dalam beradaptasi yakni menjaga kelembaban tanahnya sehingga buahnya pun tetap bisa matang.

Buahnya sendiri bisa dikonsumsi langsung atau pun diolah menjadi manisan yang dikeringkan. Buah bidara memiliki nama lain Chinese Apple, Indian Jujube dan Indian Plum.

Semua bagian dari pohon bidara bisa dimanfaatkan untuk kesehatan. Mulai dari daun yang bisa diolah menjadi jamu. Kemudian bagian akar, kulit kayu dan bijinya yang bisa dimanfaatkan untuk pengobatan saat luka atau pun saat terjadi masalah pada saluran pencernaan.

Kandungan Buah Bidara

Dilansir dari jurnal Nutritional Composition of Jujube Fruit, rincian kandungan nutrisi pada 100 gram buah bidara antara lain protein 0,8 gram, lemak 0,07 gram, serat 0,6 gram, karbohidrat 17 gram, gula 5,4 – 10,5 gram, gula reduksi 1,4 – 6,2 gram, gula non pereduksi 3,2 – 8 gram, kalsium 25,6 gram, fosfor 26,8 gram, besi 0,76-1,8 gram, karoten 0,021 miligram, thiamin 0,02-0,024 miligram, riboflavin 0,02-0,038 miligram, niacin 0,7-0,873 miligram, asam sitrat 0,2-11 miligram, asam askorbat 65,8-76 miligram, fluoride 0,1-0,2 miligram dan pektin 2,2-3,4 milligram.

Manfaat Buah Bidara untuk Kesehatan

Betapa banyaknya kandungan nutrisi di dalam buah bidara yang memang terbukti banyak khasiat. Beberapa manfaat yang ditawarkan oleh buah bidara yakni :

1.Mengatasi Sembelit

Kandungan serat yang ada pada buah bidara terbukti bisa mengatasi berbagai permasalah saluran pencernaan khususnya sembelit. Setidaknya 50 persen karbohidrat yang terkandung dalam buah bidara berupa serat.

Lapisan perut dan juga usus juga bisa diperkuat berkat mengkonsumsi ekstrak buah bidara sehingga pertumbuhan bakteri atau pun infeksi yang terjadi, kemungkinan sangat kecil resikonya.

2.Mampu Membantu Menurunkan Berat Badan

Buah bidara cocok untuk dijadikan sebagai menu diet dan konsumsi harian. Pasalnya meski tinggi kandungan karbohidrat, namun rendah kalori karena didominasi oleh serat.

3.Mengontrol Kadar Gula dalam Darah

Kandungan potasium yang ada pada buah bidara, mempunyai kemampuan dalam mengontrol kadar gula dalam darah.

4.AntiMikroba

Buah bidara juga memiliki kandungan anti mikroba dan anti inflamasi.

5.Mengurangi Stress

Stres oksidatif bisa diatasi dengan mengkonsumsi buah bidara karena kandungan vitamin C dan asam. Sehingga kadar glutathione dalam tubuh terjadi peningkatan.