Jokowi: Zainudin Amali Sudah Mundur dari Menpora

Jokowi menyebut bahwa Zainudin Amali secara informal sudah mundur dari jabatannya sebagai Menteri Pemuda dan Olahraga atau Menpora.

Jokowi: Zainudin Amali Sudah Mundur dari Menpora
Jokowi Sebut Zainudin Amali Sudah Mundur dari Menpora. Gambar : Dok. Kemenpora

BaperaNews - Presiden RI Jokowi menyebut Zainudin Amali sudah menyatakan mundur dari jabatannya sebagai Menteri Pemuda dan Olahraga atau Menpora secara lisan, namun kabar tentang Zainudin Amali mundur dari Menpora belum disampaikan secara tertulis.

“Secara resmi Zainudin Amali mundur dari Menpora belum, belum secara tertulis, hanya secara informal sudah” tutur Jokowi pada Selasa (21/2).

Jokowi enggan membahas pengganti Menpora, ia menyampaikan akan mengumumkan kepada masyarakat usai Zainudin Amali resmi mengundurkan diri dari Menpora. “Nanti kalau sudah ada resminya baru bicara” imbuhnya.

Jokowi sebenarnya merasa Zainudin Amali tidak perlu melepas jabatannya asal bisa membagi waktu, sebab selama ini banyak pejabat lain yang juga merangkap suatu jabatan, banyak menteri yang juga memimpin organisasi olahraga.

“Yang penting semuanya bisa atur waktu. Itu urusan manajemen waktunya, mengatur organisasinya, perencanaannya, masalah manajemen ini” pungkas Jokowi.

Memang saat ini ada sejumlah Menteri Jokowi yang merangkap jabatan di organisasi olahraga, misalnya Menteri Pertahanan Prabowo Subianto menjadi Ketum Ikatan Pencak Silat Indonesia, Menko MARVES Luhut Binsar menjadi Ketua Persatuan Atletik, Menko Perekonomian Airlangga Hartarto menjadi Pengurus Besar Wushu Indonesia, dan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menjadi Ketum Olahraga Dayung. Namun semuanya tetap bisa menjalankan tugas sebagai menteri dengan lancar.

Baca Juga : Erick Thohir Resmi Jadi Ketua Umum PSSI

Sebelum Zainudin Amali mundur dari Menpora, ia meminta izin pada Jokowi untuk mengurus sepakbola Indonesia, hal itu ia sampaikan usai ia terpilih jadi wakil Ketum PSSI (Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia). Zainudin juga mengaku sudah diberi restu oleh Jokowi, namun ia tidak memastikan apakah ia akan mundur dari jabatan Menporanya.

“Beliau beri izin pada saya untuk konsentrasi mengurus sepakbola, sudah jangan dijelaskan panjang lagi itu. Beliau sudah izinkan saya mendampingi Pak Erick Thohir (Ketum PSSI) dan Bu Rayu Tisha (Waketum PSSI) serta teman-teman di Komite Eksekutif PSSI” kata Zainudin Amali.

Sedangkan Ketum Partai Golkar Airlangga Hartarto juga masih menunggu terkait keputusan Jokowi tentang penggantian Zainudin Amali dimana Zainudin Amali selama ini juga menjadi wakil Golkar di kabinet Jokowi. “Kita tunggu arahan dari Pak Presiden saja” ucap Airlangga Hartarto singkat.

Hingga berita ini disampaikan, belum ada pernyataan resmi dari Zainudin Amali tentang mundurnya dari jabatan Menpora. Belum ada informasi apakah Zainudin Amali sudah resmi mengajukan pengundurannya dirinya kepada Presiden Jokowi dan para pemangku kepentingan lainnya.

Baca Juga : Sebut Dirinya Badut, Shin Tae Yong Tak Bisa Maafkan Thomas Doll