Erick Thohir Resmi Jadi Ketua Umum PSSI

Menteri BUMN, Erick Thohir resmi menjadi Ketua Umum PSSI dalam Kongres Luar Biasa (KLB) PSSI yang dilaksanakan pada Kamis (16/2).

Erick Thohir Resmi Jadi Ketua Umum PSSI
Erick Thohir jadi Ketua Umum PSSI. Gambar : Instagram/@erickthohir

BaperaNews - Erick Thohir resmi menjadi Ketua Umum PSSI baru. Erick Thohir berencana melakukan gelar sarasehan atau pertemuan untuk mendengarkan pendapat dari para ahli dan pihak lain yang berkepentingan untuk membenahi dan memajukan sepakbola Indonesia.

Langkah Pertama Erick Thohir Jadi Ketua Umum PSSI 

“Kalau bicara soal pembenahan ya, Liga 2 dan Timnas, ini sudah saya bilang, dua minggu lagi ada sarasehan sepakbola. Akan kita bikin per kelompok. Ada kelompok Liga 1, Liga 2, Liga 3, Timnas Indonesia, wasit, futsal, pelatih, sepakbola wanita, semuanya nanti kita bikin ruang sendiri-sendiri” tutur Erick Thohir.

“Dari situlah nanti saya akan lempar garis besar visi misi untuk disepakati bersama. Bukan untuk saya, tapi visi misi Liga 1 apa, timnas apa, wasit apa” lanjutnya. Erick juga akan memberi waktu bagi semua peserta sarasehan sepakbola untuk diskusi.

“Saya beri waktu enam jam untuk diskusi dan berdebat, tapi keluar ruangan, semuanya harus tanda tangan. Jadi jangan ada yang sudah diberi kesempatan diskusi nanti justru bilang. saya sebenarnya ga setuju” sambungnya.

“Ini jangan jadi kebiasaan di negeri kita, yang bilang ga setuju nanti narik janjinya. Ini yang akan kita jalankan dalam 2 minggu, dari situ kita bicara blue print, jangka pendek, kalau sudah baru dipaparkan ke media, media harus jadi watchdognya, check and recheck” papar Erick Thohir.

Usai sarasehan sepakbola, Erick Thohir nantinya akan menggelar konferensi pers yang juga dihadiri perwakilan dari FIFA.

Baca Juga : Sebut Dirinya Badut, Shin Tae Yong Tak Bisa Maafkan Thomas Doll

Erick Terpilih dalam KLB PSSI

Erick Thohir terpilih dalam Kongres Luar Biasa (KLB) PSSI yang dilaksanakan pada Kamis (16/2) di Hotel Shangri La Tanah Abang, Jakarta Pusat. Erick Thohir jadi Ketua Umum PSSI baru mendapat 64 suara dari total 86 voter. Sedangkan kandidat lain, La Nyalla mendapat 22 suara.

Pengalaman Erick Thohir di dunia sepakbola ialah pernah menjabat sebagai wakil komisaris utama Persib Bandung tahun 2009 - 2019, direktur keuangan Persija tahun 2000an, dan pemilik saham Persis Solo sejak tahun 2021.

Voter Sempat Protes pada Pemilihan Waketum PSSI

Pada KLB PSSI pada Kamis (16/2), sejumlah voter sempat protes karena nama pilihan Waketum PSSInya tidak masuk di perhitungan. “Banyak yang nulis Ratu Tisha dan Ahmad Syauki namun hilang” tutur Direktur keuangan Persiba Balikpapan Togar Manahan.

Mantan Ketum PSSI Mochamad Iriawan kemudian usul agar voting diulang dan hal ini mengundang protes dari anggota vote. Sebelumnya sempat muncul hasil perhitungan suara Wakil Ketua Umum PSSI ialah Menpora Zainudin Amali mendapat 66 suara, Yunus Nusi mendapat 63 suara, dan Ratu Tisha mendapat 41 suara.

“Banyak yang debat dan protes, kok bisa nama yang ditusuk di kertas tidak ada, sebetulnya kami minta kertasnya dibuka” pungkas Togar Manahan.

Baca Juga : Elon Musk Mau Beli Manchester United, Sudah Siapkan Dana Rp 83 T