Timnas Indonesia U-19 Mengkhawatirkan, Belum Pernah Menang Laga Uji Coba

Dalam dua laga uji coba yang dilakukan, Timnas Indonesia U-19 belum pernah menang sama sekali. Padahal Kualifikasi Piala asia U 20 semakin dekat

Timnas Indonesia U-19 Mengkhawatirkan, Belum Pernah Menang Laga Uji Coba
Laga Uji Coba Timnas Indonesia U-19 Jelang Kualifikasi Piala Asia U-20 2023. Gambar : Dok. PSSI

BaperaNews - Timnas Indonesia U-19 telah menjalani dua laga uji coba menjelang Kualifikasi Piala Asia U-20 2023. Laga uji coba dilakukan sebagai salah satu persiapan untuk perburuan tiket menuju ajang prestisius level kontinental tersebut.

Selain berlatih rutin, Zanadin Faris dkk juga melakoni uji tanding untuk mengukur kemampuannya. Hasilnya, anak asuh Shin Tae Yong tersebut belum menorehkan kemenangan.

Pada laga uji coba pertama Timnas Indonesia U-19 melawan Persis Solo U-18 Jumat (2/9) malam, hasilnya imbang tanpa gol. Sedangkan di laga kedua Timnas Indonesia U-19 melawan Persija U-18  Senin (5/9) hasilnya justru kalah 1-2.

Salah satu pemain Timnas Indonesia U-19 menyebut ada yang perlu dibenahi dalam timnya. “Terkait pertandingan tadi, kami akui masih ada kekurangan, harus segera dibenahi, seperti jarak antar lini saat menyerang dan bertahan. Komunikasi juga harus lebih baik lagi” ujar gelandang Alfriyanto Nico usai melawan Persija.

Rencananya laga uji coba akan kembali dilaksanakan Rabu malam (7/9) melawan Kalteng Putra. Sedangkan uji kualifikasi Piala Asia U-20 2023 akan dilaksanakan pada 14-18 September 2022. Tentu jadwal tersebut hanya menghitung hari, segenap kemampuan, kesiapan fisik dan mental, hingga kekompakan tim harus dimaksimalkan.

Baca Juga : Alasan Shin Tae-Yong Tak Rekrut Pemain U-16 Ke Timnas Indonesia U-19

Timnas Indonesia U-19 berada di Grup F bersama Hong Kong, Vietnam, dan Timor Leste. Pertandingan seluruhnya dilaksanakan di Indonesia tepatnya di Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya.

Meski belum mendapat kemenangan dalam dua kali uji coba yang membuat fans khawatir, pelatih Shin Tae Yong tetap memberikan pujian dan menunjukkan optimisnya. “Memang hasil uji coba ini tidak begitu penting untuk skor hasil akhir pertandingan. Kekalahan ini sangat disayangkan, tapi permainan semakin membaik dan pasti akan lebih baik” ujarnya.

Shin Tae Yong menyebut saat ini ingin mengecek kemampuan per individu dari anak didiknya. “Laga uji coba ini saya ingin mengecek kemampuan individu pemain, semua pemain harus mengasah keterampilan mereka apalagi Kualifikasi Piala Asia U-20 2023 semakin dekat” pungkasnya.

Berikut jadwal Kualifikasi Piala Asia U-20 2023 :

  1. Rabu 14/9 20.00 WIB : Indonesia vs Timor Leste
  2. Jumat 16/9 20.00 WIB : Indonesia vs Hong Kong
  3. Minggu 18/9 20.00 WIB : Indonesia vs Vietnam