IKN Akan Bangun MRT hingga Kereta Cepat Setelah Tahun 2024

IKN Nusantara, calon ibu kota baru Indonesia, akan menjadi pusat inovasi dengan sistem transportasi canggih seperti MRT, kereta cepat, dan taksi terbang.

IKN Akan Bangun MRT hingga Kereta Cepat Setelah Tahun 2024
IKN Akan Bangun MRT hingga Kereta Cepat setelah Tahun 2024. Gambar : Unsplash/Rendy Novantino

BaperaNews - IKN Nusantara, calon ibu kota baru Indonesia siap menjadi kawasan maju dan canggih dengan tetap mengedepankan kelestarian lingkungan yang akan menjadi warna baru untuk negara dan dunia.

IKN Nusantara akan memiliki berbagai moda transportasi canggih diantaranya taksi terbang, kereta cepat, hingga Mass Rapid Transit atau MRT IKN.

Targetnya, MRT IKN akan dibangun mulai tahun 2024 untuk menghubungkan berbagai daerah dalam kota misalnya antara Balikpapan dengan kota Provinsi lainnya di Kalimantan sehingga memudahkan warga disana dalam bermobilitas.

“IKN Nusantara masuk tahap pembangunan lanjutan di tahun 2024 dimana akan dibangun MRT IKN dan kereta cepat yang bisa menghubungkan IKN Nusantara dengan daerah lain misalnya Balikpapan atau ibu kota Provinsi Kalimantan lainnya” kata Deputi Teknologi Hijau dan Digital Otorita IKN Ali Berawi hari Sabtu (30/9).

Ali menambahkan, di Otorita IKN Nusantara nantinya juga ada taksi terbang (sky taxy) dan kendaraan otonom.

“Untuk target 2024, transportasi umum di kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) termasuk layanan angkutan umum bus berbasis listrik dan fasilitas halte atau shelter serta Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU). Kami juga sediakan fasilitas untuk pejalan kaki dan pengguna sepeda di KIPP 1a” sambungnya.

Baca Juga : Taksi Terbang di IKN Akan di Uji Coba Sebelum 17 Agustus 2024

“Tahun depan sky tax dan kendaraan otonom jadi showcase uji coba pengembangan teknologi transportasi modern yang menjadi bagian dari IKN sebagai kota masa kini dan masa depan” pungkas Ali.

Pembangunan sistem transportasi cerdas dengan memanfaatkan teknologi digital seperti pemasangan sensor kamera dan internet dan memakai big data kecerdasan buatan mulai dilakukan pada tahun 2024 dengan demikian IKN Nusantara bisa menjadi bagian dalam pengembangan teknologi dunia.

Masyarakat yang tinggal di IKN Nusantara bisa menikmati segala kemudahan dengan teknologi termasuk transportasi umum kereta cepat, MRT IKN, hingga taksi terbang. IKN Nusantara juga diisi dengan sekolah nasional dan internasional serta infrastruktur lain yang memadai.

Namun jumlah penduduk yang tinggal di ibu kota baru Indonesia tersebut akan dibatasi agar tidak menjadi kota yang terlalu padat seperti Jakarta saat ini. Otorita IKN akan lakukan pembangunan dengan konsep modern dengan tetap mengedepankan teknologi hijau yang ramah lingkungan.

Baca Juga : Asik! Stanford University Akan Bangun Sekolah di IKN Nusantara