Asik! Stanford University Akan Bangun Sekolah di IKN Nusantara

Stanford University berencana mendirikan sekolah berkelanjutan di Ibu Kota Nusantara.

Asik! Stanford University Akan Bangun Sekolah di IKN Nusantara
Asik! Stanford University Akan Bangun Sekolah di IKN Nusantara. Gambar : Reuters/Dok. Beck Diefenbach

BaperaNews - Ibu kota Nusantara, calon ibu kota baru Indonesia masih proses pembangunan namun banyak investor lokal dan internasional tertarik membangun properti disana.

Salah satunya ialah Stanford University yang akan membangun sekolah berkelanjutan (school of sustainability).

Deputi Bidang Pendanaan dan Investasi Otorita Ibu Kota Negara (OIKN) Nusantara  Agung Wicaksono mengungkap kampus internasional itu telah mengajukan letter of intent (Lol) ke OIKN pada pekan lalu.

Pendirian sekolah dilakukan dengan bekerjasama dengan para alumni Stanford University asal Indonesia seperti Pandu Sjahrir, Anindya Bakrie, dan Rachmat Kaimuddin.

“Stanford University bangun sekolah di IKN Nusantara berupa school of sustainability. Mereka sudah sampaikan Lol dan paham bahwa IKN Nusantara adalah smart sustainable forest city” kata Agung di Jakarta hari Rabu (13/9).

Lol untuk pembangunan kampus yang telah diajukan menandakan keseriusan Stanford University bangun sekolah di IKN Nusantara yang tentunya bisa menjadi salah satu alternatif pendidikan terbaik untuk masyarakat Indonesia dan negara sekitar di masa depan.

Tidak hanya Stanford yang akan lakukan pembangunan kampus, banyak pula investor dalam negeri yang berminat membangun sekolah di IKN Nusantara mulai dari jenjang dasar, menengah, atas, hingga perguruan tinggi. 

Baca Juga : Bahasa Indonesia Akan Jadi Materi Kursus di Universitas Harvard

“Pembangunan kampus dan sekolah cukup banyak. Dalam negeri sudah ada yang berminat juga. Sudah mengajukan. Saya enggak ingat detailnya tapi dari dalam negeri juga sudah ada” pungkas Agung.

Wakil Kepala Oikn Dhony Rahajoe menambahkan, selain pembangunan kampus dan Stanford University bangun sekolah di IKN Nusantara, sudah ada 17 sekolah asing dan unggulan antri masuk ke IKN Nusantara namun Dhony merasa lebih bagus untuk mengedepankan sekolah lokal terlebih dahulu yang lebih sejalan pemikirannya dengan sistem pendidikan Indonesia.

“Sekolah unggulan asing sudah antre itu ada 17 ya tapi bukan itu yang saya mau. Saya ingin sekolah lokal yang sudah ada disana ditingkatkan agar bisa jadi sekolah unggulan yang setara dengan sekolah-sekolah asing unggul itu” tandas Dhony.

Adanya Stanford University bangun sekolah di IKN Nusantara tentu menjadi gambaran IKN Nusantara banyak diminati investor dan dipandang sebagai sebuah kawasan yang akan maju di masa depan mengingat segala proses pembangunan dan pengelolaannya dilakukan dengan sungguh-sungguh berasaskan teknologi canggih dengan tetap mengedepankan kelestarian alam.

@baperanews.com Ibu kota Nusantara, calon ibu kota baru Indonesia masih proses pembangunan namun banyak investor lokal dan internasional tertarik membangun properti disana. Salah satunya ialah Stanford University yang akan membangun sekolah berkelanjutan (school of sustainability). #stanforduniversity#iknnusantara#investor#baperanews ♬ News - AShamaluevMusic

Baca Juga : Profil dan Rahasia Sukses Irawati Puteri, Mantan SPG Nugget Raih Beasiswa S2 di Stanford University!