Cara Cek Perangkat yang Terhubung WiFi Lewat HP

kecepatan internet WiFi akan dibagi rata ke beberapa perangkat yang tersambung hingga membuat koneksi menjadi lemot. Berikut cara cek perangkat yang terhubung WiFi lewat HP.

Cara Cek Perangkat yang Terhubung WiFi Lewat HP
Cara cek perangkat yang terhubung WiFi lewat HP. Gambar : unsplash.com/Dok. Franck

BaperaNews - Koneksi WiFi mendadak lemot? Bisa jadi karena terlalu banyak perangkat tersambung di jaringannya, membuat kecepatan internet WiFi jadi lambat.

Pasalnya, kecepatan internet di WiFi akan dibagi rata ke beberapa perangkat yang tersambung, misalnya WiFi berkecepatan 30 Mbps, jika ada 3 perangkat terhubung, maka kecepatan menjadi 10 Mbps per perangkatnya.

Bayangkan misalnya ternyata ada 10 perangkat lebih yang tersambung, jelas akan membuat internet jadi lemot. Jika sudah mulai muncul tanda demikian, coba diperiksa perangkat apa saja yang tersambung, siapa tahu ada perangkat tak dikenal sedang mengakses WiFi Anda.

Untuk mengetahuinya cukup mudah, bisa diperiksa di browser handphone. Lalu, bagaimana cara cek perangkat yang terhubung WiFi lewat HP? Berikut ulasan lengkap tentang cara cek perangkat yang terhubung WiFi lewat HP

Baca Juga : Alasan Kenapa Wifi Harus Dimatikan Saat Take off dan Landing

Cara Cek Perangkat yang Terhubung WiFi Lewat HP :

  • Buka browser di ponsel, masukkan alamat Internet Protocol (IP) 192.168.1.1 di kolom pencarian. Tiap jaringan WiFi bisa memiliki alamat IP berbeda sesuai dengan merk atau modemnya.
  • Masukkan nama username admin dengan password Telkomdso123. Username dan password ini juga bisa berbeda sesuai dengan tipe modemnya. Umumnya modem merk ZTE memakai memiliki alamat IP 192.168.1.1, 192.168.1.253, atau 192.168.1.254.
  • Halaman awal alamat IP akan muncul tulisan “WLAN” dan muncul nama perangkat yang terhubung WiFi Anda.
  • Jika tidak mengenali perangkat yang terhubung WiFi, Anda bisa mengganti password jaringan WiFi di menu pengaturan “WLAN SSID”. Usai membuat password baru, klik “Save”.

Untuk mencari alamat IP bisa mencari di Google dengan kata kunci “alamat IP” sesuai dengan merk modem yang dipakai. Cara cek perangkat yang terhubung WiFi lewat HP di atas ialah untuk modem perangkat ZTE ZXHN FD670, modem lainnya mungkin memiliki tata letak atau tampilan opsi yang berbeda ketika memeriksa daftar perangkat terhubung.

Meski demikian, umumnya cara dan opsi yang muncul hampir sama, yakni dengan mengakses menu “WLAN” untuk mengetahui siapa saja perangkat yang terhubung  WiFi Anda. Memakai WiFi memang lebih praktis untuk rumahan atau dipakai bersamaan atau jika bekerja dari rumah, lebih hemat biaya internet.

Namun perlu juga dipastikan kualitas dan kecepatannya dengan membatasi jumlah perangkat yang terhubung, agar jaringan internetnya bisa benar-benar dinikmati dengan nyaman oleh Anda dan keluarga atau orang terdekat. Semoga bermanfaat.

Baca Juga : Cara Hapus Akun WhatsApp Secara Permanen