Batik Sudah Menjadi Kebudayaan Indonesia, Jauh Sebelum Menjadi Warisan Dunia

Presiden Jokowi rayakan peringatan Hari Batik Nasional, Perayaan kali ini lebih spesial karena bertepatan dengan peresmian PON XX Papua

Batik Sudah Menjadi Kebudayaan Indonesia, Jauh Sebelum Menjadi Warisan Dunia
Gambar : Kompas.com

BaperaNews - Jauh sebelum batik menjadi bagian dari warisan dunia yang diberikan oleh UNESCO, batik sudah lebih dulu menjadi bagian dari kebudayaan di Indonesia. Batik tak pernah lepas dari kehidupan sehari – hari masyarakat Indonesia dalam berbagai acara.

Hal tersebut disampaikan secara resmi oleh Presiden Jokowi melalui unggahan di akun instagramnya pada hari Sabtu 02 Oktober 2021. Peringatan Hari Batik Nasional tahun ini pun lebih spesial, karena bertepatan dengan peresmian PON XX Papua yang dilakukan oleh  Presiden Jokowi dalam serangkaian kunjungan kerjanya ke Papua.

“Tepat sudah 12 tahun lamanya pada tanggal 2 Oktober 2009 batik diresmikan sebagai salah satu warisan dunia oleh UNESCO. Namun jauh sebelum hal itu terjadi, batik telah menjadi bagian dari kehidupan budaya bangsa Indonesia. Saya sangat bangga, batik bisa mendunia,” penjelasan dari Presiden Jokowi.

Berbagai aksesoris seperti halnya pakaian orang dewasa, pakaian harian anak, jarik, hingga gendongan bayi dibuat dengan menggunakan batik. Berbagai corak dan simbol yang syarat akan makna, sudah menjadi bagian dari kehidupan masyarakat Indonesia.

Setiap daerah memiliki ciri khas berupa corak dan simbol berbeda – beda yang mana merupakan salah satu identitas dari masing – masing daerah. Dari corak dan simbol tersebut terdapat filosofi serta makna mendalam. Yang mana pembuatan corak dan simbolnya pun tidak sembarangan.

Dalam beragam aktivitas, Presiden Jokowi menegaskan dirinya begitu bangga bisa mengenakan pakaian batik di berbagai acara dan kesempatan. Identitas bangsa yang tak lekang oleh zaman dan harus terus dilestarikan.

Pemilihan Hari Peringatan Batik Nasional pun tidak sembarangan. Tanggalnya dipilih berdasarkan penetapan batik sebagai warisan dunia oleh UNESCO. Jadi bisa dijadikan sebagai momentum pengingat oleh masyarakat Indonesia.

Kini, batik sudah menjadi bagian dari gaya hidup yang tak lepas dari aktivitas masyarakat Indonesia. Berbagai instansi pemerintahan dan perusahaan swasta pun menetapkan penggunaan seragam batik sebagai seragam resmi yang wajib dikenakan pada hari tertentu.

Ini menunjukkan betapa berharganya batik bagi masyarakat Indonesia. Sudah sepatutnya kita semua sebagai generasi penerus bangsa ikut andil dalam melestarikannya dari masa ke masa. Selamat Hari Batik Nasional 02 Oktober 2021.