Resiko Penyakit Jantung Semakin Tinggi, Hindari Gaya Hidup Ini

Jantung punya peran penting bagi tubuh, Hindari gaya hidup ini bila kamu ingin menghindari Resiko Penyakit Jantung !

Resiko Penyakit Jantung Semakin Tinggi, Hindari Gaya Hidup Ini
Ilustrasi Serangan Jantung, Gambar : Hellosehat.com

BaperaNews - Jantung merupakan salah satu organ dalam yang mempunyai peranan penting dalam proses metabolisme tubuh. Dari kita masih berada di dalam kandungan hingga saat ini, jantung tak pernah berhenti bekerja. Untuk itu, menjaganya agar tetap bekerja dengan baik sangatlah penting.

Peranan jantung begitu krusial dalam tubuh yakni bertugas untuk memompa darah ke semua bagian tubuh.

Seperti dilansir Tempo, Fachmi Ahmad yang merupakan Dokter Spesialis Jantung dan bertugas di RS Primaya Bekasi Barat mengatakan, mengingat begitu vital peranan jantung bagi tubuh, menerapkan gaya hidup sehat bisa menjadi solusi terbaik untuk menjaganya agar tetap dalam kondisi sehat.

Mungkin, banyak diantara kita yang sampai saat ini tidak sadar, bahwa gaya hidup yang diterapkan sehari – hari menjadi faktor pemicu terjadinya masalah pada jantung. Berikut ini terdapat beberapa gaya hidup yang memiliki resiko terhadap organ vital jantung.

Aktivitas Fisik yang Minim

Kurangnya beraktivitas, bisa menjadi faktor pemicu terjadinya masalah pada jantung. Pasalnya jantung tak dibiasakan untuk bekerja secara optimal. Selain itu, kebiasaan kurang gerak juga beresiko menimbulkan tekanan darah tinggi, kelebihan berat badan dan tingginya kadar kolesterol di dalam tubuh.

Kebiasaan Merokok

Kebiasaan merokok memang mempunyai dampak yang tidak baik bagi kesehatan. Tak hanya jantung, namun juga beresiko terjadi gangguan pada organ – organ vital tubuh lainnya. Kandungan nikotin, karbon monoksida dan tar pada rokok berdampak buruk pada kesehatan.

Makan Makanan yang Tidak Sehat

Makan makanan yang tak sehat seperti makanan cepat saji, juga bisa menjadi faktor pemicu penyakit jantung. Gaya hidup masyarakat sekarang yang cenderung tak mau repot dan menyukai makanan instan, patut diwaspadai. Selain itu, kebiasaan makan gorengan juga harus mulai dikurangi untuk menjaga kesehatan jantung.

Kurang Istirahat

Tujuan dari istirahat sendiri adalah memulihkan kondisi tubuh agar selanjutnya bisa bekerja kembali secara optimal. Jika kalian tak menghiraukan kebutuhan istirahat tersebut, berbagai gangguan pada organ tubuh termasuk jantung tak bisa dihindari.

Kebiasaan Mengkonsumsi Alkohol

Kebanyakan pecandu alkohol sebagian besar juga menyukai kebiasaan merokok. Ini sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh. Dengan merokok saja sudah menawarkan resiko tinggi terhadap resiko penyakit jantung, apalagi jika ditambah dengan mengkonsumsi alkohol.

Dengan mengkonsumsi alkohol, bisa memicu peningkatan zat bernama trigliserida yang ada di dalam darah sehingga resiko penyakit jantung pun semakin tinggi. Zat inilah yang mampu menjadi penghilang stres namun mempunyai dampak tak baik bagi kesehatan.