Profil dan Rahasia Sukses Irawati Puteri, Mantan SPG Nugget Raih Beasiswa S2 di Stanford University!

Mari mengenal Irawati Puteri, mantan SPG chicken nugget yang berhasil lolos S2 di Stanford University dengan beasiswa LPDP.

Profil dan Rahasia Sukses Irawati Puteri, Mantan SPG Nugget Raih Beasiswa S2 di Stanford University!
Profil Irawati Puteri, Mantan SPG Chicken Nugget Berhasil Raih Beasiswa S2 di Stanford University. Gambar : Instagram/@irawatiputeri

BaperaNews - Pendidikan adalah investasi masa depan, dengan bekal pendidikan yang baik, manusia dapat meningkatkan taraf hidupnya. Seperti yang dilakukan Irawati Puteri, mantan sales promotion girl (SPG) chicken nugget di Pekan Raya Jakarta (PRJ) yang berhasil raih beasiswa S2 di Stanford University, Amerika Serikat. 

Irawati Puteri menjadi perhatian publik dengan kisah inspiratif usai mengunggah surat penerimaan mahasiswa dari Stanford University, Graduate School of Education dengan beasiswa LPDP di Twitter, Sabtu (25/1).

Rahasia sukses Irawati Puteri raih beasiswa S2 di Stanford ini mengundang banyak perhatian, sebab seorang mantan SPG chicken nugget berhasil masuk ke Stanford University. 

Siapa Irawati Puteri?

Sosok inspiratif yang tengah viral di media sosial ini bernama Irawati Puteri merupakan Legal dan Policy Manager di GovTech Edu. Sebelum menjajaki kesuksesan, Irawati Puteri menempuh pendidikan di Fakultas Hukum Universitas Indonesia. 

Semasa kuliah, Ira bekerja sampingan sebagai SPG produk chicken nugget dan mengajar les untuk menunjang biaya kuliah dan biaya tempat tinggalnya.

Di tengah padatnya jadwal mengajar, bekerja sebagai SPG dan menjadi mahasiswa FH UI, Irawati Puteri tetap menjadi mahasiswa berprestasi. 

Baca Juga : Sudah Dibuka! Simak Jadwal Hingga Cara Daftar Beasiswa LPDP 2023

Selama kuliah 4,5 tahun di UI, Ira meraih banyak prestasi dari berbagai perlombaan debat. Bahkan, dia sempat menjadi Ketua Debat Hukum Organisasi Debat FH UI.

Merasakan getirnya hidup dengan finansial terbatas menggerakkan hati Irawati Puteri untuk membuat beberapa program kegiatan sosial untuk membantu anak-anak dan orang yang mengalami kekurangan ekonomi.

Melansir Medium, Irawati Puteri ingin meningkatkan akses pendidikan yang setara, dan tidak ada pendekatan yang lebih baik selain memanfaatkan teknologi.

Di luar karier akademiknya, Ira mendirikan Estafet Kebaikan pada tahun 2018, sebuah organisasi yang efektif mendanai pendidikan anak jalanan dan menyelenggarakan lokakarya soft skill gratis, Ira berusaha mendorong mereka untuk menemukan kembali harga diri mereka. 

Rahasia Sukses Irawati Puteri Raih Beasiswa S2 di Stanford University

Sebagai mantan SPG raih beasiswa S2 di Stanford, pada masa berkuliah di FH UI, Irawati Puteri tidak hanya melatih kemampuannya dengan mengikuti lomba dan kerja serabutan. Namun, Ira juga bekerja di Law Firm sejak semester 7 hingga lulus S1 di tahun 2020.

Dalam usaha raih beasiswa S2 LPDP ke Stanford University, Irawati Puteri mengatakan harus banyak riset mengenai hal-hal yang berkaitan dengan persyaratan administratif beasiswa, daftar universitas yang ada di dalam list LPDP, dan jurusan yang diinginkan. 

Ira juga menyarankan untuk tidak perlu malu ataupun malas bertanya kepada orang yang lebih ahli dalam bagaimana menyusun aplikasi yang baik untuk beasiswa LPDP dan berkomunikasi dengan para alumni beasiswa LPDP terkait penulisan essay.

Kemudian, Ira mengatakan harus lancar berbahasa Inggris supaya saat interview bisa menjawab dalam bahasa inggris dengan baik. 

Dalam pengakuannya, Ira mengikuti les kursus bahasa Inggris, ia belajar secara otodidak dengan banyak baca buku atau resources internet yang disajikan dalam bahasa inggris.

Terakhir, Ira menyarankan untuk tidak mudah menyerah. Bahkan, dalam proses meraih skor TOEFL dan IELTS yang sesuai dengan persyaratan beasiswa LPDP, Ira perlu mengulang test hingga 5 kali.

Baca Juga : Hari Perempuan Internasional, Mari Mengenal Zaskia Lawyer Perempuan Inspiratif Dibalik Gugatan Korban Lior Air Ke Boeing