2 Petugas KPPS Meninggal di Pidie Akibat Kelelahan Bekerja

Dua petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) di Kabupaten Pidie, Aceh, dikabarkan meninggal dunia.

2 Petugas KPPS Meninggal di Pidie Akibat Kelelahan Bekerja
2 Petugas KPPS Meninggal di Pidie Akibat Kelelahan Bekerja. Gambar : Merdeka.com/Arie Basuki

BaperaNews - Duka menyelimuti penyelenggaraan Pemilu 2024 di Kabupaten Pidie, Aceh, setelah dua petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) dikabarkan meninggal dunia.

Keduanya adalah Yusrizal, Ketua KPPS Desa Mane yang bertugas di TPS 8 Kecamatan Mane, dan Abdurrahman, anggota KPPS Desa Barieh yang ditugaskan di TPS 2 Kecamatan Mutiara.

Informasi petugas kpps meninggal tersebut disampaikan oleh Komisioner Komisi Independen Pemilihan (KIP) Pidie, Edi Kurniawan, yang dikutip dari Antara pada Selasa (13/2).

Menurutnya, penyebab pasti kedua petugas KPPS meninggal tersebut belum dapat dipastikan.

KIP Pidie mengungkapkan bahwa petugas yang meninggal akan digantikan oleh orang lain sesuai dengan penunjukan dari tokoh masyarakat setempat.

Namun, proses penggantian ini harus segera dilakukan dengan melengkapi berkas persyaratan yang diperlukan.

Baca Juga : Kemenkes Usahakan Cegah Kematian Massal Ratusan KPPS pada Pemilu 2024

"Ditunjuk oleh tokoh masyarakat, kemudian kandidat tersebut melengkapi berkas persyaratan ke KIP untuk pergantian antar waktu," ujar Edi Kurniawan.

Sementara terkait dengan santunan atau biaya perlindungan bagi kedua petugas yang meninggal, KIP Pidie belum dapat memastikan apakah mereka akan menerima santunan tersebut.

Pihak KIP masih dalam pembahasan dengan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS), namun hingga saat ini belum ada keputusan resmi mengenai besaran santunan yang akan diberikan.

Sebelumnya, seluruh petugas KPPS telah diminta untuk mengisi data BPJS, termasuk riwayat kesehatan dan hal-hal lainnya. Meskipun data tersebut telah terkumpul, rincian mengenai jumlah santunan yang akan diberikan kepada kedua petugas yang meninggal tersebut masih belum jelas.

Menurut Edi Kurniawan, jumlah keseluruhan petugas KPPS di Kabupaten Pidie sebanyak 9842 orang. Namun, belum ada informasi pasti mengenai berapa jumlah total petugas KPPS yang terlibat dalam pemilu di TPS tempat kedua petugas tersebut bertugas.

Baca Juga : Beredar Video Viral: Peserta KPPS Berebut Makanan Bak Kelaparan Saat Pelantikan di Grand Mercure Jakarta