Viral! Siswa SMK Ini Telat 3 Menit Tapi Dihukum 1,5 Jam Sampe Gak Ikut Kelas

Seorang siswa SMK dihukum secara berlebihan oleh guru BK hanya karena telat 3 menit. Simak selengkapnya di sini!

Viral! Siswa SMK Ini Telat 3 Menit Tapi Dihukum 1,5 Jam Sampe Gak Ikut Kelas
Viral! Siswa SMK Ini Telat 3 Menit Tapi Dihukum 1,5 Jam Sampe Gak Ikut Kelas. Gambar: TikTok/@aryawedakarnasuyasa

BaperaNews - Video viral menunjukkan seorang pria yang diduga Senator Bali, Arya Wedakarna sedang memprotes terkait ketidaksetujuannya terhadap siswa yang dihukum hanya karena telat 3 menit.

Pasalnya, seorang siswa SMK yang telat hanya tiga menit dari waktu masuk, dihukum selama satu setengah jam, sehingga tidak dapat mengikuti pelajaran. Kejadian ini memicu perdebatan tentang metode disiplin yang tepat di sekolah.

Kejadian ini terjadi di SMKN 5 Denpasar. Terjadinya siswa SMK telat ini menjadikan seorang guru BK (Bimbingan Konseling) memberikan hukuman yang dinilai telah berlebihan, diduga guru BK SMKN 5 Denpasar menyuruh siswanya untuk membuat tulisan sebanyak 2 lembar sehingga memakan waktu banyak untuk siswa dalam menulisnya.

Video ini pun viral di media sosial, terutama di TikTok dan Twitter/X.

Dalam video tersebut, Arya Wedakarna terlihat tidak setuju dengan metode yang diberikan oleh guru BK kepada siswa SMK tersebut. 

"Ini termasuk pembulian loh Bu," ujar Arya dalam video.

"Hukuman tuh yang humanis aja Ibu jangan begitu," tambahnya.

Dari peristiwa siswa telat dihukum ini netizen pun banyak menuai beragam komentar, banyak netizen pun yang tidak setuju dengan aksi guru BK yang dinilai berlebihan dalam memberikan hukuman.

Baca Juga: Guru di Palembang Mempermalukan Murid yang Tidak Berinfaq

"Situasional lah. kalo telat sejam juga tanya dulu kenapa bisa telat. kalo tiap hari, baru deh cari solusi gimana biar ga telat lagi. ketinggalan jam pelajaran cuma karena telat beberapa menit ????" ujar netizen Twitter/X yang memiliki akun bernama @yangbikinkangen.

"ya lagian anehhh, terlambat 3 menit aja hukumannya ga ngotak, mau ngajarin disiplin tuh ga gini bu caranyaa," tulis akun @hugie.

Di samping itu, dari video yang beredar ada juga beberapa netizen yang tidak setuju dengan perlakuan Arya yang memarahi guru BK di depan khalayak umum. 

"Tp kok ga etis ya gurunya diomelin didepan siswa gitu, wibawa guru nya bisa jatuh depan siswanya. Kan bisa gurunya dikumpulin di ruang guru buat dikasi pengarahan," tulis akun @Jehan_Bio.

Seperti yang diketahui, Arya Wedakrna merupakan Senator Bali. Ia pernah menjadi model cover boy di Majalah Aneka tahun 1997, saat ini adalah Anggota DPD RI Bali. Ia sering kali menjadi hot isu dikalangan pemerhati, pengamat, akademisi, lembaga keumatan, mahasiswa hingga pelajar dari pendapat-pendapatnya yang diduga menimbulkan kontroversi.

Insiden yang terjadi oleh siswa SMKN 5 DPS ini menunjukkan betapa pentingnya pendekatan yang tepat dalam mendisiplinkan siswa di lingkungan pendidikan. Sementara disiplin adalah aspek penting dalam pendidikan, cara penerapannya harus dipertimbangkan dengan hati-hati untuk menghindari dampak negatif terhadap siswa.

Baca Juga: Guru Cabuli Siswa di Yogyakarta hingga Diajak Open BO!