LTMPT Tidak Akan Urus Seleksi Masuk PTN, Apa Penggantinya?

Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) tidak akan lagi mengurus proses seleksi mahasiswa baru di perguruan tinggi negeri (PTN). Lalu siapa penggantinya?

LTMPT Tidak Akan Urus Seleksi Masuk PTN, Apa Penggantinya?
Pengganti LTMPT Untuk Mengurus Seleksi Masuk PTN. ANTARA FOTO/Dok. Ampelsa

BaperaNews - LTMPT (Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi) kini tidak lagi mengurus proses seleksi mahasiswa baru di perguruan tinggi negeri (PTN). Kini kepengurusan seleksi masuk PTN diganti oleh Balai Pengelolaan Pengujian Pendidikan (BP3).

LTMPT sebelumnya ialah lembaga yang berdiri di bawah naungan langsung Kemendikbudristek (Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi) yang mengurus seleksi masuk PTN.

Mulai tahun 2023, seleksi masuk PTN akan dilakukan oleh BP3, nama seleksi juga diubah, yakni menjadi Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) dengan jalur SNBP (Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi) dan SNBT (Seleksi Nasional Berdasarkan Tes).

“Semua urusan tentang penerimaan mahasiswa baru tahun 2023 dilakukan oleh BP3 termasuk di badan standar, kurikulum, dan asesmen pendidikan Kemendikbudristek” tulis LTMPT dalam keterangan resminya.

BP3 sendiri telah diatur kepengurusannya dalam Permendikbudristek 44/2022 tentang Organisasi Tata Kelola Balai Pengelolaan Pengujian Pendidikan.

Baca Juga : Penentu Lolos SNBP, Simak 5 Jenis Sertifikat Bantu Lolos SNBP 2023

Berikut Kedudukan, Fungsi, dan Tugas BP3 :

  1. Berada di bawah dan tanggung jawab kepada Kepala Pusat Asesmen Pendidikan.
  2. Tugasnya melaksanakan pengelolaan pada pengujian pendidikan.
  3. Menyusun rencana, anggaran, dan program.
  4. Menyusun model dan teknik pengujian pendidikan.
  5. Melaksanakan layanan pengujian pendidikan.
  6. Mengelola informasi dan data.
  7. Melaksanakan kemitraan pengujian pendidikan.
  8. Melaksanakan evaluasi, memantau, dan melaporkan.
  9. Mengurus administrasi.

BP3 juga memiliki media sosial resmi yang akan menyampaikan informasi dan kebijakan terbarunya yaitu :

Berikut 5 Media Sosial Resmi Milik BP3 : 

  1. Instagram : @_snpmnnppp
  2. Twitter : @snpmb_bppp
  3. TikTok : @snpmb_bppp
  4. Facebook : SNPMB BPPP
  5. YouTube : SNPMB BPPP

Melalui media sosial resmi tersebut, BP3 akan sampaikan kabar terbaru tentang SNPMB baik itu tentang SNBP maupun SNBT, mulai dari pelaksanaan, cara pendaftaran, jadwal, hingga tips-tipsnya.

Sebab itu link-link media sosial tersebut bisa jadi acuan para calon mahasiswa yang akan mendaftar ke PTN atau para guru dan insan pendidikan lainnya sebagai informasi untuk para siswanya.

Diketahui saat ini pemerintah telah membuka seleksi SNPMB melalui jalur SNBT dan SNBP, maka BP3 akan menyampaikan segala informasi terbaru dan perkembangan seleksi masuk PTN tersebut.

diharapkan dengan adanya link resmi tersebut masyarakat bisa mendapat informasi tentang SNPMB dari media yang resmi sehingga bisa terhindar dari informasi palsu atau hoax.

Baca Juga : Begini Cara Pastikan Data Siswa Dan Sekolah Untuk Daftar SNBP 2023