Begini Cara Pastikan Data Siswa Dan Sekolah Untuk Daftar SNBP 2023

Agar proses pendaftaran SNBP 2023 lancar, pihak sekolah di laman PDSS diminta untuk memastikan data siswa dan data sekolah yang diinput sudah valid atau benar.

Begini Cara Pastikan Data Siswa Dan Sekolah Untuk Daftar SNBP 2023
Cara pastikan data siswa benar di SNBP 2023. Gambar : Dok. Unpad/Dadan Triawan

BaperaNews - Peserta yang masuk perguruan tinggi negeri (PTN) dengan Seleksi Nasional berdasarkan Prestasi (SNBP 2023) harus mengisi data dengan benar, tiap poin harus diperhatikan.

Diantaranya data yang diisi pihak sekolah di laman pangkalan data siswa dan sekolah (PDSS) yang memuat berbagai data siswa mulai dari nilai hingga tentang sekolah sebagai salah satu syarat kelengkapan administrasi selama proses pendaftaran SNBP 2023.

Data yang dimasukkan ke PDSS untuk kepentingan SNBP 2023 ialah data pendidikan dan identitas peserta didik termasuk nilai-nilai rapor siswa mulai semester 1-5.

Berikut cara memastikan isian data sekolah dan data siswa untuk pendaftaran SNBP 2023 menurut laman Instagram Balai Pengelolaan Pengujian Pendidikan (BP3) Kemendikbudristek.

Berikut Cara Pastikan Data Sekolah Dan Siswa Untuk Pendaftaran SNBP 2023 :

  1. Buka https://referensi.data.kemdikbud.go.id .
  2. Lakukan verifikasi dan validasi data sesuai dengan data yang diminta.
  3. Jika ada yang tidak sesuai PDSS, lakukan update lewat aplikasi VervalSP operator satuan pendidikan.
  4. Sekolah bisa memutakhirkan data yang tidak sesuai di aplikasi VervalSP untuk membantu dan memastikan muridnya bisa mendaftar SNBP dengan lancar dan dengan data yang benar.
  5. Khusus untuk update NIK, nama, tempat tanggal lahir, nama ibu kandung, dan data pribadi lainnya siswa bisa melakukan secara mandiri di laman https://nisn.data.kemdikbud.go.id.

Baca Juga : Perhatikan! Kategori Siswa Yang Tak Bisa Daftar SNBT dan Jalur Mandiri

Aplikasi VervalSP ialah laman verifikasi validasi satuan pendidikan peserta didik, alamatnya di https://referensi.data.kemdikbud.go.id. Berisi tentang data sekolah dan siswa tingkat akhir di pendidikan SMA/SMK atau sederajatnya.

Data di VervalSP dipakai untuk data awal diproses SNPMB 2023 PTN jalur prestasi maupun lewat tes. Dta bersumber dari Data Pokok Pendidikan (Dapodik) Kemdikbud dan EMIS (Education Management Information System) Kemenag.

Sedangkan data satuan pendidikan isinya tentang identitas sekolah, data peserta didik terdiri dari jumlah siswa valid dan jumlah residu peserta didik.

Residu peserta didik artinya siswa yang belum punya NISN, tercatat NISN ganda, atau siswa belum terdata di jurusan apa.

Nah, bagi Anda calon peserta SNBP 2023 jangan lupa untuk pastikan data di PDSS sudah benar ya, sebab data di PDSS ini jadi salah satu acuan dan nilai diterima atau tidaknya calon peserta.  Jika mengalami kesulitan atau menemukan kendala bisa meminta bantuan pada guru atau pada operator sekolah.

Semoga berhasil ya!

Baca Juga : Catat! Ini Jadwal Resmi SNBP Dan UTBK-SNBT 2023