Kaesang Resmi Gabung PSI, Apa Alasannya?

Kaesang Pangarep, putra bungsu Presiden Jokowi, secara resmi menjadi kader Partai Solidaritas Indonesia (PSI).

Kaesang Resmi Gabung PSI, Apa Alasannya?
Kaesang Resmi Gabung PSI. Gambar: KOMPAS.COM/Fristin Intan Sulistyowati

BaperaNews - Kaesang Pangarep, putra bungsu Presiden Jokowi resmi bergabung dengan Partai Solidaritas Indonesia (PSI) mulai hari Sabtu (23/9).

Alasan Kaesang gabung PSI karena sama-sama punya kesamaan pandangan khususnya untuk anak muda dan telah lama berkomunikasi dengan partai bergambar bunga mawar ini.

Sejumlah petinggi PSI memberi kartu tanda anggota secara simbolik pada Kaesang di kediaman Presiden Jokowi di Solo, Jawa Tengah. Kaesang terdaftar sebagai kader di Jakarta Selatan menyesuaikan tempat tinggal yang tertulis di KTP.

“Kami ini kebetulan punya kesamaan pandangan dan keinginan, ingin anak-anak muda terlibat di sektor publik. Di pemilu biasanya anak muda hanya dijadikan objek pasif. Saya tuh dengan teman-teman PSI bukan baru-baru saja, sudah cukup lama. Ya sudah doakan saja” ungkap Kaesang Pangarep.

Menurutnya, ia sering bicara dengan sejumlah petinggi partai termasuk Ketum PSI Giring Ganesha, Waketum Dewan Pembina PSI Grace Natalie, dan Sekretaris Dewan Pembina Juli Antoni.

Meski resmi bergabung, Kaesang Pangarep belum mendapat jabatan apapun di Partai Solidaritas Indonesia. Kaesang masih seorang kader dan belum diberi jabatan struktural. 

Baca Juga : Eks Direktur Pos Indonesia Jadi Tersangka Kasus Korupsi, Habiskan Uang Rp236 M

“Saat ini bro Kaesang masih kader biasa belum menduduki jabatan struktural. Tentu PSI akan berikan posisi sepantasnya untuk Kaesang. Posisinya bisa apa saja, kita tunggu saja perkembangannya minta doanya saja”ucap Jubir PSI Sigit Widodo.

Tanda-tanda Kaesang gabung PSI sebenarnya telah muncul beberapa bulan lalu ketika foto Kaesang terpampang di sejumlah baliho PSI.

Kaesang bahkan sempat sampaikan niat untuk menjadi Walikota Depok. Isu makin kuat usai PSI merilis video berjudul Mawar yang menampilkan wajah Kaesang dalam bentuk siluet.

Presiden Jokowi sendiri membenarkan putranya masuk Partai Solidaritas Indonesia. Jokowi mengungkap Kaesang telah meminta restu dan pendapat darinya.

Jokowi tidak masalah Kaesang masuk PSI sebab Kaesang sudah dewasa dan bisa bertanggung jawab sendiri atas segala pilihannya serta sudah berkeluarga.

“Ya biasa dalam keluarga minta doa restu karena anak saya bilang tidak pun juga tetep akan jalan. Anak-anak saya seperti itu. Ya kan saya sering menyampaikan, anak-anak kalau sudah berkeluarga itu ya sudah punya rumah sendiri. Punya istri ya harus mandiri dan tanggung jawab. Artinya apa yang sudah diputuskan jadi tanggung jawabnya dia” respon Jokowi terkait Kaesang gabung PSI.

@baperanews.com Kaesang Pangarep, putra bungsu Presiden Jokowi resmi bergabung dengan Partai Solidaritas Indonesia (PSI) mulai hari Sabtu (23/9). Alasan Kaesang gabung PSI karena sama-sama punya kesamaan pandangan khususnya untuk anak muda #Kaesang #PSI #Viral #baperanews ♬ News - AShamaluevMusic

Baca Juga : Usulan Ganjil Genap 24 Jam, PSI Minta Potong Pajak Kendaraan 50%