Wapres Berikan Alasan Tak Hadir Di KTT G20 Bali: Saya Kebagian Pergi Ke Mesir

Wakil Presiden (Wapres) Indonesia Ma’ruf Amin berikan alasan terkait dirinya tidak hadir di KTT G20 Bali, ia menyebut bila dirinya ditugaskan untuk pergi ke Mesir hadiri KTT Perubahan Iklim.

Wapres Berikan Alasan Tak Hadir Di KTT G20 Bali: Saya Kebagian Pergi Ke Mesir
Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin berikan alasan kenapa tidak hadir di KTT G20 di Bali. Gambar : Instagram@kyai_marufamin

BaperaNews - Wakil Presiden (Wapres) Indonesia Ma’ruf Amin sama sekali tidak terlihat kehadirannya di KTT G20 Bali 15 - 16 November 2022 lalu. Ia menegaskan ketidakhadirannya karena harus menjalankan tugas Negara lain, yakni bagi tugas antara dirinya dan Presiden Jokowi.

Sebelum KTT G20 Bali digelar, Ma’ruf Amin telah diberi tugas untuk hadir di KTT Perubahan Iklim di Mesir dan tetap ada di Jakarta ketika KTT G20 Bali dilaksanakan karena ada beragam kegiatan dan jadwal lain.

“Saya kemarin kebagian pergi ke Mesir untuk ikut sidang perubahan iklim, kemudian saya menunggu di Jakarta, hadir di berbagai kegiatan di Semarang” ujarnya pada Kamis (17/11).

Menurutnya, Presiden dan sejumlah Menteri yang hadir sudah bisa jadi representasi penyambutan pemerintah Indonesia dalam KTT G20 Bali, tidak perlu semua harus hadir di Bali karena ada tugas-tugas lain yang harus dilakukan di tempat lain.

“Kalau semuanya di Bali, itu nanti di Jakarta tidak ada, ada tugas lain juga jadi saya harus menghadiri berbagai kegiatan, jadi vakum itu nanti namanya” imbuhnya.

Baca Juga : Berikut Daftar Lengkap Investasi Yang Diraih Indonesia Saat KTT G20 Bali

Ma’ruf Amin sendiri sempat memeriksa persiapan KTT G20 langsung di Bali sebelum acara dilaksanakan.

“Jadi Indonesia jadi tuan rumah harus yang baik, agar orang lain merasa puas, aman, dan nyaman, itu juga sudah saya lihat, hanya pembagian tugas saja” pungkasnya.

Sebelumnya banyak yang mempertanyakan kenapa Wapres Ma’ruf Amin tidak hadir di KTT G20 Bali, Jubir Wapres Masduki Baidlowi awalnya yang menjelaskan bahwa Ma’ruf Amin memang harus bersiaga dan ditugaskan di Jakarta, sebab itu Wapres tidak hadir di KTT G20 Bali.

“Wapres memang sengaja dikoordinasikan oleh Presiden untuk tidak hadir ke bali, karena apa, Wapres harus jaga gawang, jaga di Jakarta, di Jakarta itu banyak tugas dan pelimpahan dari Presiden” tegasnya pada Rabu (16/11).

Indonesia sendiri sukses jadi tuan rumah KTT G20 Bali 2022, beragam pujian diberikan para pemimpin dunia yang diceritakan oleh Menparekraf Sandiaga Uno pada Kamis (17/11). Salah satunya dari Presiden Amerika Serikat dan Presiden Argentina.

“Pak Biden bilang terima kasih, ini tempat yang indah, bagus, kamu menempatkan saya di pantai yang saya sangat ingin menikmatinya, saya ingin tinggal lebih lama tapi sayangnya harus segera kembali karena pekerjaan saya” ujar Sandiaga menceritakan ucapan Joe Biden.

Sedangkan Presiden Argentina Alberto Fernandez juga merasa terpukau dengan keindahan Bali dan KTT G20.

“Presiden Argentina terpukau dengan keindahan wisata disini, dia bilang ingin terus menikmati makanan Indonesia” tutupnya.

Pujian lain juga datang dari Presiden Afrika Selatan yang kagum akan batik Indonesia dan Kanselir Jerman Olaf Scholz yang jatuh cinta pada produk kerajinan tangan souvenir KTT G20 Bali dari Indonesia.

Baca Juga : Rumah Elon Musk Mati Lampu Saat Virtual B20 Bali, Tampil Dikelilingi Lilin