Juru Parkir di FamilyMart Senayan Patok Harga Rp 10 Ribu, Warganet Geram

Seorang juru parkir liar di Family Mart, Senayan, terekam dalam sebuah video yang viral. Juru parkir tersebut mematok biaya parkir sebesar Rp 10 ribu, yang dianggap terlalu mahal oleh pengendara motor.

Juru Parkir di FamilyMart Senayan Patok Harga Rp 10 Ribu, Warganet Geram
Juru Parkir di FamilyMart Senayan Patok Harga Rp 10 Ribu, Warganet Geram. Gambar : Facebook/@familymartindonesia

BaperaNews - Viral video seorang juru parkir di Family Mart dekat Senayan City, Jakarta Pusat mematok biaya parkir Rp 10 ribu kepada pengendara motor. Jumlah parkir di Senayan Rp 10 ribu tersebut dinilai berlebihan dan tidak wajar.

Seorang pemotor yang tidak terima pun merekam aksi pungutan liar tersebut. Jika tidak mau membayar Rp 10 ribu, pengendara motor akan diusir atau diminta mencari tempat parkir lain.

“Parkir di Senayan Rp 10 ribu. Jangan buat aturan parkir sembarangan, semua ada aturannya. Jangan pungli, jangan meras, semua orang berhak parkir. Sejak masih ada tempatnya betul, boleh” kata pengendara motor yang membuat video.

Dalam video parkir di Senayan Rp 10 ribu, nampak seorang pria berkaos putih dan topi biru ditegur seorang wanita.

Pria tersebut ialah juru parkir yang menarik harga mahal untuk motor sebesar Rp 10.000. Ketika ditegur, bukannya mengindahkan, pria tukang parkir tersebut justru menyuruh pergi dengan isyarat gerakan tangan dan ia kembali ke tempat duduknya sembari minum kopi.

Video biaya parkir di Family Mart Rp 10 ribu per motor di depan Family Mart dekat Senayan City Jakarta tersebut pun membuat warganet geram. Banyak yang yakin juru parkir sengaja mencari untung sebanyak-banyaknya dan merugikan pengendara motor di sekitar tempat tersebut mengingat biaya parkir motor pada umumnya hanya Rp 1.000 - Rp 5 ribu. 

Baca juga : Tak Terima Dikasih Rp400, Tukang Parkir di Bogor Pukul Pengunjung Minimarket

“1 motor Rp 10 ribu, 100 motor sudah dapat Rp 10 juta dia. Itu sehari, sebulan dia sudah dapat Rp 300 juta”.

“Mereka dapat duit banyak modal peluit, nyewa lahan, sambil ngopi dan ngerokok”.

“Baru tahu gue, harus ditindak itu jengkelin”. komentar sejumlah warganet.

Juru Parkir Liar Rp 10 Ribu Per Motor Telah Ditangkap Polisi 

Terkait adanya parkir liar dengan biaya mahal ini, polisi sudah ambil tindakan. Juru parkir liar berinisial AM tersebut telah ditangkap.

“Pelaku sudah diamankan” kata Kapolsek Tanah Abang Kompol Patar Bonar pada Selasa (13/6). Proses pemeriksaan kasus parkir liar Family Mart Rp 10 ribu masih berlangsung, bahkan pihak Family Mart juga diperiksa.

“Pengurus di lokasi kita minta datang untuk memberi keterangan” imbuhnya.

Keterangan Family Mart

Pihak Family Mart belum memberi keterangan atas kasus ini. Namun setelah kasus ini viral dan juru parkir liar pelakunya telah ditangkap, biaya parkir di Family Mart kini tak lagi Rp 10 ribu, melainkan Rp 2 ribu atau seikhlasnya saja.

“Yang parkir di Family Mart disini kebanyakan pekerja, ribet kalau parkir di dalam. Saya juga parkir disini dari pagi sampai malam” kata Alya (27), salah satu karyawan di Family Mart.

Memang berdasarkan Pergub 31/2017, tarif parkir kendaraan roda dua atau motor hanya Rp 2 ribu-Rp 6 ribu. Jika ada yang menarik lebih dari harga patokan tersebut masyarakat bisa laporkan pada pihak berwajib.

Baca Juga : Kesal Tak Dikasih Rp 3 Ribu, Preman di Makassar Bakar Tiga Mobil