Jokowi Siapkan Insentif untuk ASN Pindah ke IKN

Presiden Joko Widodo membahas insentif bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) yang memilih untuk pindah ke Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Jokowi Siapkan Insentif untuk ASN Pindah ke IKN
Jokowi Siapkan Insentif untuk ASN Pindah ke IKN. Gambar: Instagram/@jokowi

BaperaNews - Presiden Jokowi membahas insentif ASN pindah ke IKN, ia menyebut perpindahan ASN di zaman dulu ke luar Jawa tidak serumit sekarang. Ia juga mengingatkan seluruh ASN telah terikat kontrak harus siap ditempatkan di manapun tugasnya di seluruh wilayah Indonesia.

Presiden Jokowi menyebut pemerintah telah siapkan tunjangan ASN di IKN Nusantara yakni berbagai fasilitas seperti rumah dinas, baik rumah tapak atau apartemen, biaya pindah, tunjangan suami istri dan anak, tunjangan kemahalan, dan lainnya.

“Ini adalah masa depan baru dan sudah disiapkan tunjangan ASN di IKN Nusantara. Kalau gak ada ini pasti alot. Kalau ada insentif kan beda,” kata Jokowi, ketika berpidato di Rakernas Korps Pegawai RI pada Selasa (3/10).

ASN pindah IKN ialah upaya pemerintah untuk lakukan pemerataan di seluruh wilayah dan bidang, baik itu di sisi ekonomi, kesehatan, pendidikan, infrastruktur, dan lainnya agar penduduk Indonesia merata, tidak hanya penuh dan berkumpul di Jawa.

Baca Juga: Gantikan Megawati, Jokowi Diusulkan Jadi Ketum PDIP

“Kita butuh Indonesia sentris, maka pindah ke Kalimantan Timur, ke Nusantara. Tapi untuk mulai disana, perlu ASN pindah IKN, ini masa depan baru. Memang butuh jiwa pionir. Dulu ditempatkan di luar Jawa biasa saja. Sekarang kok rumit, kelihatan agak rumit gitu. Tapi kalau nanti sudah ditunjuk bapak ibu ASN pindah IKN, moga-moga semua selesai” tegasnya.

ASN pindah ke IKN memang diperlukan sebab Jawa terlebih Jakarta sudah sangat padat. Agar semua sektor tidak hanya bertumpu di satu tempat. Perlu sekali program insentif ASN pindah ke IKN di mana tempatnya di tengah yakni di Kalimantan Timur.

“Jawa dihuni 56% penduduk kita yang jumlahnya 278 juta jiwa sehinga daya dukungnya sudah ga kuat. Sehingga sering saya sampaikan, kita butuh ASN pindah IKN, Indonesia dengan sentris, bukan Jawa sentris,” pungkas Presiden Jokowi.

IKN Nusantara akan menjadi ibu kota negara Indonesia yang baru setelah Presiden Jokowi menerbitkan Peraturan Presiden Perpindahan Ibu Kota Negara pada tahun 2024 mendatang. Tunjangan ASN di IKN Nusantara sudah disiapkan.

Untuk ASN yang pindah tidak perlu keberatan, segala fasilitas dan biaya dijamin oleh pemerintah mulai dari rumah, biaya pindah, tunjangan suami istri anak, tunjangan kemahalan, dan lainnya.

Baca Juga: Jokowi: Tiket KRL Bisa Dibayar Per-bulan