Joe Biden Positif Covid-19, Gejala Pilek Tanpa Demam

Pada Kamis (21/7) Presiden AS dinyatakan positif Covid-19 dan Sekretaris Pers Gedung Putih katakan Joe Biden baik-baik saja, hanya mengalami gejala ringan.

Joe Biden Positif Covid-19,  Gejala Pilek Tanpa Demam
Presiden AS Joe Biden Positif Covid-19. Gambar : Twitter/@POTUS

BaperaNews - Presiden Amerika Serikat Joe Biden positif Covid-19 pada hari Kamis (21/7). Sekretaris Pers Gedung Putih Karina Jean mengkonfirmasi hal tersebut dan mengatakan Biden baik-baik saja, hanya mengalami gejala ringan.

“Pagi ini, Presiden Joe Biden dikonfirmasi positif Covid-19, dia sudah mendapat vaksin dua kali dan booster, Presiden AS mengalami gejala ringan” ujarnya (21/7). Karina juga mengungkap Biden menggunakan obat antivirus Paxlovid, kondisi tersebut ialah pertama kalinya Biden positif Covid-19.

“Dengan tetap konsisten mengikuti pedoman CDC, Presiden AS akan isolasi di Gedung Putih dan terus menjalankan tugas sepenuhnya. Joe Biden juga sudah menghubungi staf Gedung Putih melalui telepon pagi ini, dan akan berpartisipasi dalam pertemuan yang direncanakan di Gedung putih hari ini melalui zoom” imbuhnya.

Usai Joe Biden dikonfirmasi positif Covid-19, ia mengunggah foto sedang duduk di meja kerjanya sembari terseyum, dokumen dan handphone juga Nampak di atas meja. “Saya baik-baik saja. Terima kasih atas perhatian kalian” ujarnya melalui Twitter.

“Baru saja menelepon Senator Casey, anggota kongres Cartwright, Walikota Cognetti untuk menyampaikan penyesalan melewatkan acara kami hari ini. Tetap sibuk!” sambungnya.

Baca Juga : Rakyat Sri Lanka Tolak Mentah-Mentah Wickremesinghe Sebagai Presiden Baru Sri Lanka

Sementara itu Koordinator Covid-19 di Gedung putih menceritakan kondisi Joe Biden dan menyebut ia bisa mengalami peningkatan resiko karena usianya yang saat ini mencapai 79 tahun. “Biden tidak mengalami demam pada Kamis pagi, ia mengalami pilek, batuk kering, dan kelelahan” terangnya.

Ibu Negara AS atau First Lady AS Jill Biden juga menyebut suaminya dalam kondisi baik-baik saja. “Saya baru saja bicara dengannya beberapa menit lalu, dia baik-baik saja, dia merasa baik” tandasnya.

Biden sebelumnya telah mendapat vaksin Covid-19 jenis Pfizer pada Januari 2021, kemudian mendapatkan vaksin kedua pada September 2021, dan mendapatkan vaksin ketiga (booster) pada 30 Maret 2022.

Pada hari Selasa (19/7) Joe Biden juga mendapat tes Covid-19 dan hasilnya dinyatakan negatif, namun pada hari Kamis (21/7) ia kembali menjalani tes Covid-19 karena mengalami sejumlah gejala flu ringan dan ternyata hasilnya positif Covid-19.

Joe Biden kini menjalani isolasi mandiri sambil tetap mengerjakan tugasnya secara online, ia akan mendapat tes Covid-19 beberapa hari ke depan usai gejala telah sembuh untuk menentukan kapan isolasi mandirinya akan berakhir.