Ngeri, Pria di Kamboja Tewas Dicabik-cabik 40 Buaya

Seorang peternak buaya asal Kamboja, Luan Nam (72) tewas dibunuh buaya peliharaannya sendiri. Simak selengkapnya!

Ngeri, Pria di Kamboja Tewas Dicabik-cabik 40 Buaya
Ngeri, Pria di Kamboja Tewas Dicabik-cabik 40 Buaya. Gambar : Theme Park Crocosaurus

BaperaNews - Seorang peternak buaya asal Kamboja, Luan Nam (72) tewas dibunuh buaya peliharaannya sendiri.

Luan punya 40 buaya, ia jatuh ke kandang buaya dan tewas seketika usai dicabik-cabik oleh mereka. Awalnya Luan hendak mengeluarkan salah satu buaya yang sedang bertelur. Luan mengeluarkan dengan tongkat, namun tongkat yang ia bawa dicengkeram mulut buaya dan menariknya masuk hingga Luan ikut jatuh ke kandang.

“Dia mengejar seekor buaya yang keluar dari kandang karena bertelur, buaya itu tiba-tiba menyerang tongkatnya, membuatnya jatuh ke dalam kandang. Buaya-buaya itu merekamnya, menyerang sampai dia mati” tutur Kepala polisi setempat Mey Savry.

Kejadian kasus pria jatuh ke kandang buaya terjadi pada hari Jumat (26/5) di dekat kota Siem Reap. Luan ditemukan dalam kondisi tewas penuh gigitan buaya dan salah satu tangannya hilang. Luan selama ini dikenal sebagai salah satu Ketua Asosiasi Petani Buaya Kamboja.

Luan telah tewas dengan satu tangan yang dimakan oleh hewan ternaknya sendiri akibat kasus pria jatuh ke kandang buaya, sisa tubuh Luan lainnya yang ditemukan sudah dalam kondisi rusak dan banyak bekas gigitan buaya. Diduga buaya tersebut merasa terancam ketika Luan hendak mengambil telurnya hingga menyerang tongkat Luan dan membuat Luan terjatuh ke kandang buaya. 

Baca Juga : Viral! Pelajar SMK Bawa Seekor Buaya Saat Tawuran Di Jaktim

Kabar seseorang mati karena buaya di Kamboja sebenarnya bukan hal pertama. Sebelumnya di tahun 2019, seorang gadis kecil umur 2 tahun juga mati dimakan buaya ketika ia bermain di peternakan buaya milik keluarganya, lokasi kejadian di desa yang sama dengan Luan.

Di Siem Reap memang terkenal sebagai salah satu lokasi peternakan buaya Kamboja. Buaya dipelihara untuk diambil telur, kulit, dan dagingnya serta dijual belikan anaknya. Tak heran buaya jadi salah satu komoditas usaha di wilayah tersebut.

Namun dalam pelaksanaannya butuh kehati-hatian dan pengawasan tinggi mengingat buaya ialah hewan buas yang bisa memakan dan menyerang apa saja di sekitarnya terutama ketika merasa lapar atau terancam. Bukan tidak mungkin buaya akan menyerang peternaknya sendiri.

Kasus pria jatuh ke kandang buaya ini jadi pembelajaran untuk peternak buaya lain di Kamboja agar memberi tempat dan pengawasan khusus untuk keamanan manusia di sekitarnya, agar tidak lagi ada insiden yang sama. Tiap peternak harus punya kemampuan untuk antisipasi dan teknik penyelamatan diri ketika berada dalam kondisi darurat sehubungan dengan ternak buayanya.

Baca Juga : Kisah Wanita Bangladesh Seberangi Sungai Buaya Demi Nikahi Pacarnya