Ini Alasan Mahfud MD Lantik 4 Pejabat Baru Menkominfo

Plt Menkominfo Mahfud MD resmi melantik empat pejabat baru di Menkominfo pada Selasa kemarin (23/5).

Ini Alasan Mahfud MD Lantik 4 Pejabat Baru Menkominfo
Pejabat Baru di Menkominfo. Gambar : DetikNet/Dok. Agus Tri Haryanto

BaperaNews - Plt Menkominfo Mahfud MD baru saja melantik 4 pejabat baru di Menkominfo pada Selasa kemarin (23/5).

Diketahui Mahfud ditunjuk sebagai Plt Kementerian tersebut usai Menkominfo sebelumnya Johnny G Plate diberhentikan dari posisinya karena terlibat kasus korupsi BTS 4G Bakti Nusantara dan Infrastruktur Pendukungnya 1,2,3,4,5 yang merugikan negara hingga Rp 8 Triliun.

Mahfud MD pun menjelaskan kenapa ia melantik para pejabat baru di Menkominfo meski baru beberapa hari menjabat.

Mahfud MD mengungkap sebenarnya pelantikan ini sudah dijadwalkan sejak lama, sebelum Johnny tertangkap kasus korupsi sebab sebelumnya TPA (tim penilaian akhir) yang dipimpin oleh Presiden Jokowi memang menetapkan 4 pejabat Eselon 1 yang terdiri dari 2 pejabat Eselon 1A dan 2 pejabat Eselon 1B untuk dilantik.

“Surat keputusannya sudah keluar, sudah ada Keppresnya bahkan sebelum saya diangkat jadi Plt Menkominfo. Nah hari inilah saya melantik, jadi bukan menggusur, oleh sebab itu Keppresnya tadi dibacakan, itu sudah ditetapkan lama sebelum ini” terang Mahfud MD.

Baca Juga : Usulan Gaji Menteri Naik Rp 150 Juta Tuai Kontrovensi, Bebas Korupsi?

Adapun 4 pejabat baru di Menkominfo yang dilantik tersebut ialah :

  1. Dirjen PPI Wayan Toni Supriyanto – Eselon 1A
  2. Irjen Kominfo Arif Tri Hardianto – Eselon 1A
  3. Staf Ahli Bidang Sosial, Budaya, Ekonomi Wijaya Kusumawardhana – Eselon 1B
  4. Staf Ahli Bidang Teknologi Muh Hadiyana – Eselon 1B

Dengan diangkatnya 4 pejabat tersebut, maka juga diberhentikan 2 pejabat lama yang sebelumnya menjabat yaitu :

  1. Ahmad M Ramli sebelumnya Dirjen PPI
  2. Lala M Kolopaking sebelumnya Staf Ahli Sosial

Soal pengangkatan 4 pejabat baru di Menkominfo ini, Mahfud juga menyatakan sudah berkonsultasi dengan berbagai pihak. Ia meminta segenap karyawan maupun tim di Kominfo tetap tenang di tengah gempuran penyelidikan KPK akibat kasus korupsi Johnny G Plate.

“Saya sudah konsultasi dengan memanggil semua mantan pejabat tinggi yang ada disini juga bertemu para pengamat, pakar, wartawan juga. Saya akhirnya bertemu Presiden Jokowi untuk mendengar arahan beliau secara langsung. Semua pejabat dan pegawai diharapkan kerja dengan tenang tak perlu gelisah karena proses hukum ada prosedurnya sendiri, tidak akan menyasar sembarang orang. Jadi tenang saja, tetap bekerja, kalau takut ambil suatu keputusan bisa konsultasi ke saya” imbuhnya.

Terakhir, Mahfud MD membahas soal proyek BTS 4G yang mangkrak akibat korupsi yang dilakukan Johnny G Plate dkk dimana proyek itu sebenarnya sudah berjalan sangat lama, yakni 16 tahun.

“Itu dana yang dikeluarkan sudah banyak, dari tahun ke tahun berjalan baik, baru terjadi musibah pada tahun 2020 dan implementasi 2021 lalu proses hukum tahun 2022” pungkas Mahfud MD.

Baca Juga : Jokowi Resmi Pecat Johnny G Plate sebagai Menkominfo