Ibadah di Bulan Ramadhan Yang Dianjurkan Rasulullah

Ibadah di bulan Ramadhan tidak hanya menjalankan ibadah puasa saja, namun terdapat ibadah lain yang dianjurkan Rasulullah saat bulan Ramadhan. Simak ibadah di bulan Ramadhan yang dianjurkan Rasulullah.

Ibadah di Bulan Ramadhan Yang Dianjurkan Rasulullah
Ibadah di Bulan Ramadhan Yang Dianjurkan Rasulullah. Gambar: unsplash.com/Dok.Masjid Pogung Dalangan

BaperaNews - Selama bulan Ramadhan, umat Islam diwajibkan untuk berpuasa mulai dari terbit fajar hingga matahari terbenam. Dengan berpuasa, umat Islam diharapkan dapat mengendalikan hawa nafsu dan memperbaiki kualitas diri serta meningkatkan ketaqwaan kepada Allah SWT.

Saat menjalankan ibadah puasa Ramadhan kamu harus menjaga diri dari hal-hal yang dapat membatalkan puasa seperti makan, minum, dan berhubungan suami istri. Selain itu, kamu juga harus berusaha untuk meningkatkan ibadah dan kebaikan serta menjauhi perbuatan dosa dan maksiat.

Banyak orang yang berlomba-lomba untuk memperbanyak amal ibadah di bulan Ramadhan, karena saat memasuki bulan yang penuh dengan keistimewaan ini. Memang waktu menjalankan ibadah di bulan Ramadhan perlu persiapan fisik, seperti menyiapkan makanan dan minuman untuk sahur dan berbuka hingga persiapan mental.

Ramadhan memiliki keistimewaan tersendiri dan dianggap sebagai bulan penuh berkah. Memahami berbagai ibadah yang dilakukan di Bulan Ramadhan sangat penting bagi umat Islam, karena membantu mereka memaksimalkan dan meningkatkan ketaqwaan kamu kepada Allah SWT. 

Lantas apa saja ibadah-ibadah saat Ramadhan yang harus kamu ketahui. Simak informasi tentang ibadah yang dianjurkan, baik yang bersifat wajib maupun sunnah, untuk dilakukan selama bulan Ramadhan, kemuliaannya hingga contoh ibadah Ramadhan dari rumah.

Baca Juga: Sikat Gigi Saat Puasa Apakah Batal? Begini Hukumnya

Ibadah di Bulan Ramadhan

Meningkatkan ibadah saat bulan Ramadhan dapat mendekatkan diri kepada Allah SWT dan memperoleh pahala yang berlipat ganda. Ibadah saat Ramadhan mencakup berbagai aktivitas yang dilakukan dengan niat ikhlas untuk memuji dan menyembah kepada Allah SWT.

Salah satu tujuan utama dari ibadah di Bulan Ramadhan ialah untuk membersihkan jiwa dan meningkatkan iman. Melalui ibadah yang konsisten dan ikhlas, kita dapat mengembangkan disiplin diri, kesabaran, dan rasa syukur atas nikmat yang telah diberikan Allah SWT. 

Selain itu, ibadah Ramadhan juga menjadi sarana untuk menghapus dosa-dosa yang telah lalu dan memperoleh keberkahan serta kemuliaan di mata Allah SWT.

Ibadah yang Utama di Bulan Ramadhan

Saat Ramadhan memberikan peluang kepada umat Islam untuk meningkatkan kualitas ibadah. Ada beberapa ibadah yang dianggap utama dan sangat dianjurkan untuk dilakukan selama Bulan Ramadhan, berikut ibadah yang utama di bulan Ramadhan.

1. Puasa

Ilustrasi PuasaIlustrasi Puasa. Gambar: Pexels.com/Dok. Thirdman

Puasa merupakan rukun Islam yang keempat yang wajib dilaksanakan oleh umat Islam yang telah memenuhi syarat di Bulan Ramadhan atau yang telah baligh dan mampu. Saat puasa umat Islam dianjurkan untuk menahan diri dari makan, minum, dan hal-hal yang membatalkan puasa dari terbit fajar hingga terbenamnya matahari.

2. Tarawih

Ilustrasi TarawihIlustrasi Tarawih. Gambar: AP/Dok.Leo Correa

Shalat Tarawih ialah shalat sunnah yang dilakukan pada malam hari setelah shalat Isya selama Bulan Ramadhan.

Sholat Tarawih menjadi salah satu ibadah utama di Bulan Ramadhan karena pahalanya sangat besar dan merupakan salah satu cara untuk menghidupkan malam Ramadhan dengan ibadah. Sholat ini biasanya dilaksanakan berjamaah di Masjid, meskipun dapat juga dilakukan secara individu di rumah.

3. Tadarus Al-Quran

Ilustrasi Tadarus Al-QuranIlustrasi Tadarus Al-Qur'an. Gambar: Pexels.com/Dok. Pok Rie

Tadarus Al-Quran adalah membaca dan mempelajari Al-Quran secara rutin selama Bulan Ramadhan. Kegiatan ini sangat dianjurkan karena Bulan Ramadhan adalah bulan di mana Al-Quran diturunkan. 

Dengan rajin membaca dan memahami Al-Quran, umat Islam dapat meningkatkan keimanan mereka dan mengamalkan ajaran-ajaran Islam dalam kehidupan sehari-hari. 

4. Sedekah

Ilustrasi SedekahIlustrasi Sedekah. Gambar: Pexels.com/Dok.Timur Waber

Memberikan sebagian harta kamu kepada orang yang membutuhkan, baik dalam bentuk materi maupun non-materi saat Ramadhan dapat memberikan pahala.

Sedekah di bulan Ramadhan merupakan  waktu yang tepat untuk meningkatkan amal kebajikan, termasuk memberikan sedekah kepada orang yang membutuhkan. Memberikan sedekah ketika Ramadhan tidak hanya membantu orang yang kurang mampu, tetapi juga membersihkan harta dan jiwa pemberi sedekah. Selain itu, pahala sedekah di Bulan Ramadhan akan dilipatgandakan oleh Allah SWT.

Baca Juga : Doa Berbuka Puasa Ramadhan yang Benar, Lengkap dengan Artinya

Ibadah Wajib di Bulan Ramadhan

Ilustrasi Ibadah Wajib di Bulan RamadhanIlustrasi Ibadah Wajib di Bulan Ramadhan. Gambar: Unsplash.com/Dok.Rumman Amin

Ibadah wajib di bulan Ramadhan merupakan kewajiban yang harus dipenuhi oleh umat Islam, dan tidak melaksanakannya dapat menimbulkan dosa. Melaksanakan beberapa ibadah tertentu saat Ramadhan dapat menambah pahala kamu. Berikut deretan ibadah wajib di bulan Ramadhan yang bisa kamu lakukan.

1. Menjalankan Puasa

Menjalankan ibadah puasa Ramadhan merupakan ibadah wajib yang harus dilakukan oleh setiap umat Islam yang memenuhi syarat. Puasa dilakukan sebagai bentuk ketaatan dan penghambaan kepada Allah SWT.

2. Membayar Zakat Fitrah

Zakat fitrah adalah zakat yang wajib dikeluarkan oleh setiap umat Islam yang mampu pada akhir Bulan Ramadhan, sebelum shalat Idul Fitri. 

Zakat fitrah bertujuan untuk membersihkan harta dan diri dari dosa serta membantu orang yang kurang mampu merayakan Idul Fitri dengan sukacita. Besaran zakat fitrah ialah 2,5 kg beras atau makanan pokok lainnya, atau setara dengan uang yang cukup untuk membeli makanan tersebut.

Ibadah Sunnah di Bulan Ramadhan

Selain ibadah wajib, umat Islam dianjurkan untuk melaksanakan ibadah sunnah di Bulan Ramadhan

Ibadah-ibadah sunnah ini memiliki pahala yang besar dan dapat menambah keberkahan serta keutamaan di bulan yang penuh rahmat ini. Simak ibadah sunnah yang dianjurkan saat Ramadhan.

1. I'tikaf

I'tikaf merupakan ibadah sunnah yang dilakukan dengan cara menyepi di Masjid, terutama pada sepuluh hari terakhir Bulan Ramadhan, dengan tujuan untuk lebih fokus dalam beribadah kepada Allah SWT. I'tikaf membantu umat Islam untuk meningkatkan konsentrasi dalam beribadah dan mencari malam Lailatul Qadar.

2. Shalat Tahajud

Shalat Tahajud ialah shalat sunnah yang dilakukan di sepertiga malam terakhir, yaitu sebelum waktu shalat Subuh. Shalat Tahajud dianjurkan untuk dikerjakan setiap malam, terutama di Bulan Ramadhan, karena memiliki pahala yang sangat besar dan merupakan waktu yang baik untuk berdoa kepada Allah SWT.

3. Shalat Witir

Shalat Witir adalah shalat sunnah yang dilakukan setelah shalat Tarawih dan sebelum shalat Tahajjud. Shalat Witir dilaksanakan dengan jumlah rakaat ganjil, seperti 1, 3, 5, 7, atau 9 rakaat. Rasulullah SAW menganjurkan umat Islam untuk tidak meninggalkan shalat Witir, terutama di Bulan Ramadhan.

Keutamaan Beribadah di Bulan Ramadhan

Ilustrasi Keutamaan Beribadah di Bulan RamadhanIlustrasi Keutamaan Beribadah di Bulan Ramadhan. Gambar: Pexels.com/Dok.Ali Arapo─člu

Memasuki waktu yang tepat untuk meningkatkan ketaqwaan kepada Allah SWT melalui ibadah dan amal yang dilakukan umat Islam. 

Beribadah dapat meringankan beban seseorang, ibadah juga dapat menghibur diri sendiri ketika sedang dilanda musibah. Keutamaan beribadah ialah untuk meraih keridhaan Allah SWT. Di bulan Ramadhan ada beberapa keutamaan beribadah di Bulan Ramadhan yang perlu kamu ketahui. Simak keutamaan beribadah Ramadhan.

Baca Juga : Niat Puasa Ramadhan Lengkap dengan Artinya

Deretan Keutamaan Beribadah di Bulan Ramadhan : 

1. Bulan Diturunkannya Al-Quran

Bulan Ramadhan merupakan bulan di mana Al-Quran diturunkan sebagai petunjuk dan rahmat bagi umat manusia. Karena itu, umat Islam sangat dianjurkan untuk memperbanyak membaca, memahami, dan mengamalkan Al-Quran selama bulan ini.

2. Setan Dibelenggu

Selama Bulan Ramadhan, setan dan jin yang nakal dibelenggu oleh Allah SWT, sehingga umat Islam dapat lebih fokus pada ibadah dan amal kebajikan. Hal tersebut dapat memberikan kesempatan yang lebih besar untuk meraih pahala dan menjauhkan diri dari perbuatan dosa.

3. Bulan Terkabulnya Doa

Bulan Ramadhan adalah bulan yang penuh berkah dan rahmat. Di bulan ini, doa-doa umat Islam lebih mudah untuk dikabulkan oleh Allah SWT. Oleh karena itu, umat Islam dianjurkan untuk memperbanyak doa dan memohon ampunan atas segala dosa yang telah dilakukan.

4. Malam Lailatul Qadar

Malam Lailatul Qadar merupakan malam yang lebih baik dari seribu bulan. Pada malam ini, umat Islam dianjurkan untuk memperbanyak ibadah, seperti shalat, membaca Al-Quran, dan berdoa. 

Malam Lailatul Qadar terdapat pada sepuluh malam terakhir Bulan Ramadhan, namun tanggal pastinya tidak diketahui. Oleh karena itu, umat Islam dianjurkan untuk meningkatkan ibadah pada sepuluh malam terakhir Bulan Ramadhan agar mendapatkan keutamaan Lailatul Qadar.

5. Puasa 1 Bulan Pahalanya Senilai Puasa 10 Bulan

Puasa saat Ramadhan memiliki pahala yang berlipat ganda. Rasulullah SAW bersabda bahwa barangsiapa yang berpuasa Ramadhan dengan penuh keimanan dan mengharap pahala dari Allah SWT, maka dosa-dosanya yang lalu akan diampuni. 

Selain itu, ibadah di bulan puasa Ramadhan selama satu bulan penuh setara dengan pahala puasa selama sepuluh bulan.

6. Doa Menyambut Bulan Ramadhan

Sebagai umat Islam, kamu dianjurkan untuk menyambut Bulan Ramadhan dengan doa dan rasa syukur. Doa ini memohon agar kamu diberi kesempatan untuk menjalani Bulan Ramadhan dengan baik dan memperoleh pahala yang berlipat ganda. 

Manfaat Beribadah di Bulan Ramadhan:

1. Bulan Pengampunan Dosa

Bulan Ramadhan adalah bulan yang penuh ampunan. Allah SWT membuka pintu ampunan-Nya selama bulan ini, dan setiap umat Islam yang beribadah dengan ikhlas berpeluang untuk mendapatkan pengampunan dosa-dosa mereka. Oleh karena itu, kamu dianjurkan untuk memperbanyak istighfar dan memohon ampunan kepada Allah SWT.

2. Bulan Penuh Berkah

Ramadhan juga dikenal sebagai bulan yang penuh berkah. Dalam bulan ini, segala bentuk ibadah dan amal kebajikan yang dilakukan oleh umat Islam akan mendapatkan pahala yang berlipat ganda. Maka dari itu, kamu harus memanfaatkan kesempatan ini untuk meningkatkan kualitas ibadah dan meraih pahala sebanyak-banyaknya.

3. Pahala Dilipatgandakan

Selama Bulan Ramadhan, pahala atas ibadah dan amal kebajikan yang dilakukan oleh umat Islam akan dilipatgandakan oleh Allah SWT. 

Hal ini menjadi motivasi bagi kamu untuk semakin giat beribadah dan berbuat kebaikan. Misalnya, ibadah di bulan puasa Ramadhan memiliki pahala yang setara dengan puasa sepuluh bulan, sedangkan shalat Tarawih di bulan ini memiliki pahala yang setara dengan shalat malam selama satu tahun.

Ibadah di Bulan Ramadhan Yang Dapat Dilakukan Bagi Wanita Haid

Wanita yang sedang mengalami haid tidak diwajibkan untuk berpuasa selama Bulan Ramadhan. Para wanita tersebut wajib menggantinya setelah bulan Ramadhan selesai. Selama haid, wanita juga tidak diizinkan untuk melaksanakan shalat dan tadarus Al-Quran secara langsung.

Meskipun tidak bisa berpuasa dan shalat, wanita yang sedang haid tetap bisa melakukan ibadah lainnya. Berikut deretan ibadah di bulan Ramadhan yang dilakukan saat wanita sedang haid.

Deretan Ibadah di Bulan Ramadhan untuk Wanita Haid : 

Ilustrasi Deretan Ibadah di Bulan Ramadhan untuk Wanita HaidIlustrasi Deretan Ibadah di Bulan Ramadhan untuk Wanita Haid. Gambar: Pexels.com/Dok. Thirdman

  1. Berzikir
  2. Berdoa
  3. Membaca atau mendengarkan Al-Quran
  4. Memberikan sedekah
  5. Menjaga lisan dan perbuatan
  6. Membantu orang lain dalam beribadah
  7. Sedekah

Memahami berbagai ibadah yang dilakukan di Bulan Ramadhan sangat penting, karena membantu umat Islam memaksimalkan amalan dan meningkatkan ketaqwaan mereka kepada Allah SWT.

Demikianlah penjelasan dari Bapera News tentang ibadah di bulan Ramadhan yang bisa kamu ikuti, semoga Ramadhan 2023 kamu dapat mendekatkan diri kepada Allah SWT dan meningkatkan kualitas ibadah hingga ganjaran pahala yang berlipat ganda.

Selamat menjalankan ibadah puasa Ramadhan 2023, semoga Allah SWT senantiasa mengampuni dosa-dosa kita, dan menjadikan kita termasuk golongan hamba-hamba-Nya yang bertaqwa.

Baca Juga : Apa Itu Arti Takjil dan Asal Usulnya, Hingga Jadi Tradisi di Bulan Ramadhan