Apa Itu Arti Takjil dan Asal Usulnya, Hingga Jadi Tradisi di Bulan Ramadhan

Saat bulan puasa Ramadhan, hidangan Takjil sering diburu. Lalu apa sebenarnya arti Takjil? mengapa Takjil menjadi ciri khas saat bulan Ramadhan.

Apa Itu Arti Takjil dan Asal Usulnya, Hingga Jadi Tradisi di Bulan Ramadhan
Apa itu Arti Takjil dan mengapa menjadi ciri khas saat Ramadhan. Gambar: Unsplash.com/Dok.Umar Ben

BaperaNewsDalam bulan suci Ramadhan, umat Islam di seluruh dunia menjalani ibadah puasa yang merupakan salah satu rukun Islam. Ramadhan menjadi keberkahan untuk kamu mendekatkan diri kepada Allah SWT.  

Puasa Ramadhan menjadi kesempatan waktu yang berharga untuk merenung, melatih kedisiplinan diri, dan menguatkan iman. 

Memasuki bulan yang penuh keistimewaan ini perlu banyak kesiapan, mulai dari fisik, seperti menyiapkan makanan dan minuman untuk sahur dan berbuka hingga persiapan mental.

Salah satu momen penting dalam menjalani puasa adalah saat berbuka puasa, di mana umat Islam mengonsumsi makanan dan minuman yang dikenal sebagai “Takjil”.  Bapera News saat ini akan membahas apa itu Takjil, darimana asal usulnya hingga artinya dalam bahasa Arab untuk kamu yang penasaran. Yuk simak!

Takjil 

takjil kolak pisangIlustrasi Takjil. Gambar: Astronauts.id

Takjil adalah makanan atau minuman yang dikonsumsi saat berbuka puasa di bulan Ramadhan. Arti Takjil dalam konteks ini adalah hidangan pembuka yang disantap sebelum makan besar ketika berbuka puasa Ramadhan.

Takjil Ramadhan umumnya terdiri dari makanan dan minuman manis yang mengembalikan energi dan menghilangkan dahaga setelah sehari penuh menahan lapar dan haus.

Asal Usul Takjil

asal usul takjilIlustrasi Asal Usul Takjil. Gambar: Instagram/@triie777

Berasal dari bahasa Arab, yaitu kata "Ajila", yang berarti mempercepat. Dalam konteks berbuka puasa Ramadhan, arti tersebut menunjukkan keinginan untuk segera mengakhiri puasa dengan mengonsumsi makanan dan minuman yang disiapkan. 

Tradisi ini sejalan dengan sunnah Nabi Muhammad SAW yang menganjurkan untuk berbuka puasa saat Ramadhan dengan yang manis, seperti kurma dan air putih.

Apa Itu Takjil?

apa itu takjil

Ilustrasi Takjil Gorengan. Gambar: Indonesia.Travel

Takjil memiliki arti makanan dan minuman yang disajikan saat berbuka puasa di bulan Ramadhan yang biasanya berupa hidangan manis, seperti kolak, es buah, kurma, atau gorengan.

Makanan tersebut bertujuan untuk mengembalikan energi yang hilang selama berpuasa, serta menjaga kesehatan tubuh. 

Perkembangan zaman membuat Takjil kekinian semakin bervariasi, mulai dari minuman boba hingga dessert modern.

Arti Takjil Menurut KBBI

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), arti Takjil adalah hidangan pembuka untuk berbuka puasa. 

KBBI mencatat bahwa istilah Takjil Ramadhan juga dapat diartikan sebagai makanan yang mempercepat berbuka puasa sebelum makan besar.

Arti Takjil dalam Bahasa Arab

Dalam bahasa Arab, hidangan pembuka puasa Ramadhan berasal dari kata "Ta'jil" yang berarti menyegerakan atau mempercepat dengan menggambarkan keinginan umat Islam untuk segera mengakhiri puasa Ramadhan dengan mengonsumsi makanan dan minuman yang disiapkan.

Menyegerakan berbuka puasa Ramadhan dapat memberikan beberapa keuntungan seperti menjaga kesehatan tubuh dan menghindari rasa lapar yang berlebihan. Hal tersebut harus dilakukan dengan bijak dan tidak merugikan kesehatan tubuh.

Selain itu, menyegerakan berbuka puasa Ramadhan juga disunnahkan oleh Nabi Muhammad SAW. 

Apakah Takjil Hanya Ada di bulan Ramadhan? 

Ilustrasi Takjil yang sedang diburu saat berbuka puasa Gambar: Jawapos.com/Dok.Salman Toyibi

Takjil secara umum dikaitkan dengan bulan Ramadhan, karena makanan dan minuman ini disajikan khusus untuk berbuka puasa. Namun, sebenarnya dapat dihidangkan kapan saja, terlepas dari apakah itu bulan Ramadhan atau tidak. Sebagai contoh disajikan dalam acara-acara khusus seperti pengajian, tahlilan, atau acara keagamaan lainnya.

Meskipun erat kaitannya dengan bulan Ramadhan, hidangan pembuka makanan dan minuman ini juga bisa dinikmati oleh masyarakat di luar bulan suci tersebut.  Variasi hidangan pembuka ini begitu lezat dan bergizi, seperti es buah, kolak, atau gorengan, dapat menjadi hidangan yang menarik di berbagai kesempatan.

Semoga informasi dari Bapera News ini bermanfaat dan membantu kamu memburu hidangan pembuka khas ini saat Ramadhan.

Selamat menunaikan ibadah puasa Ramadhan 2023!, semoga semangat kamu di bulan yang suci ini selalu berkobar di hatimu dan membimbing kamu untuk menjalani hidupmu.