Hilang Usai Puncak Haji, 3 Jemaah Asal Indonesia Belum Ditemukan

3 orang jemaah haji asal Indonesia dinyatakan masih hilang usai menjalani proses ibadah haji Mina. Simak selengkapnya!

Hilang Usai Puncak Haji, 3 Jemaah Asal Indonesia Belum Ditemukan
Hilang Usai Puncak Haji, 3 Jemaah Asal Indonesia Belum Ditemukan. Gambar : Dok. Kemenag

BaperaNews - 3 orang jemaah haji asal Indonesia dinyatakan masih hilang usai menjalani prosesi ibadah haji di Mina, Arafah, dan Muzdalifah.

“Saya baru bicara dengan Kepala Bidang Perlindungan Jemaah Haji, sampai saat ini masih hilang belum ditemukan” kata Konsul Haji KJRI Jeddah Nasrullah hari Selasa (11/7).

3 jemaah haji hilang tersebut ialah Idun Rohim (87) asal Palembang Kloter 20, Suharja Wardi (69) asal Kertajati Kloter 10, dan Sunar Suna (77) asal Surabaya Kloter 65. Saat ini tim KJRI Jeddah dan PPIH terus lakukan pencarian hingga menyisir beragam rumah sakit dan tempat pemulasaran jenazah di Mekkah dan Madinah.

Baca Juga : Nekat, Komunitas LGBT ASEAN Bakal Gelar Perkumpulan Di Jakarta

Tim juga intens berkomunikasi dengan Ketua Kloter dan Ketua Maktab untuk proses pencarian jemaah haji hilang ini, namun belum ada hasil. Ketiga jemaah tersebut belum juga ditemukan. Idun dan Sunarja dinyatakan hilang sejak 27 Juni 2023 di Arafah sedangkan Sunar hilang pada 28 Juni 2023 setelah melempar jumroh di Mina. Pencarian jemaah haji hilang telah dilakukan selama 10 hari lebih. Jemaah lain juga sudah pulang ke Indonesia.

“Kita sudah sisir ke Arafah, di Mina, dan belum ditemukan semua. Kami juga sudah cari ke rumah sakit di Mekkah untuk mencari apa ada jemaah kita disini. Saat ini sedang dibuat surat pada pihak kepolisian Arab Saudi. Mohon doa agar ketiga jemaah ini bisa segera ditemukan. Nantinya tim KJRI Jeddah yang lanjutkan pencarian” sambung Kabid Linjam PPIH Arab Saudi Harun Al Rasyid.

Kronologi Hilangnya 3 Jemaah Haji RI

Ketiga jemaah haji yang hilang semuanya lansia dan menderita demensia, mereka terpisah dari rombongannya ketika menjalankan ibadah haji. Idun terakhir kali hilang ketika minta ijin ke toilet pada 27 Juni 2023 pukul 15.20 waktu Saudi di tengah wukuf di Arafah, sejak itu Idun tidak kembali ke rombongannya.

Suharja jemaah haji RI hilang ketika mengambil wudhu bersama istrinya saat hendak shalat dhuhur sebelum wukuf di Arafah pada 27 Juni 2023. Saat istrinya keluar dari tempat wudhu, suaminya sudah tidak ada. Petugas pun langsung menari Suharja sambil koordinasi dengan petugas haji Arab Saudi. Sedangkan Sunar terpisah dari rombongannya di Mina pada 29 Juni 2023 setelah melempar jumroh. Sampainya di tenda, Sunar jemaah haji RI tidak terlihat bersama rombongan lagi, Sunar tertinggal entah dimana.

Baca Juga : Tawuran Remaja di Pamulang Akibatkan Satu Orang Kebacok