Hari Penglihatan Sedunia, Berikut Cara Menjaga Kesehatan Mata

Pada 14 Oktober 2022 disebut sebagai Hari Penglihatan Dunia, oleh karena itu kita harus menjaga kesehatan mata dengan baik. Berikut beberapa cara menjaga kesehatan mata.

Hari Penglihatan Sedunia, Berikut Cara Menjaga Kesehatan Mata
Cara menjaga kesehatan mata. Gambar : Unsplash.com/Dok. Roozbeh Badizadegan

BaperaNews - Menjaga kesehatan mata merupakan suatu hal yang penting untuk dilakukan. Lantaran bagian tubuh yang satu ini termasuk penting untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Namun, tidak banyak orang yang mempunyai kesadaran untuk menjaga kesehatan mata, padahal hal tersebut bisa meningkatkan resiko terjadinya gangguan pada penglihatan.

Mengingat, kita telah menyambut Hari Penglihatan Sedunia. Pada 14 Oktober 2022 disebut sebagai Hari Penglihatan Sedunia yang merupakan hari kesadaran tahunan yang digelar untuk memusatkan perhatian dunia pada gangguan penglihatan, termasuk kebutaan.

Oleh karena itu, kita harus bisa menjaga kesehatan mata, karena mata adalah salah satu bagian tubuh yang paling penting dan patut untuk kita jaga. Masalahnya, kalau mata sudah mengalami gangguan atau masalah, tidak mudah untuk mengatasinya. 

Bahkan ada juga beberapa jenis kerusakan pada mata yang berdampak negatif. Padahal, menjaga kesehatan mata sebenarnya bukan suatu hal yang sulit untuk dilakukan. Caranya sangat mudah untuk menjaga kesehatan mata, salah satunya mengkonsumsi makanan sehat dan selalu mengenakan pelindung mata ketika berpergian atau sedang berada di depan komputer.

Untuk mengetahui lebih lanjut, berikut cara menjaga kesehatan mata:

  1. Konsumsi Makanan Yang Sehat

Asupan makanan yang kita makan setiap hari ternyata bisa mempengaruhi kesehatan mata lho. Nah, agar indra penglihatan tetap sehat, cobalah untuk rutin mengkonsumsi makanan sehat yang mengandung banyak vitamin C dan E, asam lemak omega-3, zink, dan lutein. 

Nah, untuk mendapatkan nutrisi tersebut tidak begitu susah, kamu bisa dapatkan itu dengan mengkonsumsi makanan seperti sayuran hijau, ikan tuna, telur, kacang-kacangan, blueberry, blackberry, dan jeruk. 

Baca Juga : Berikut 3 Cara Mencegah Osteoporosis Sejak Usia Muda

  1. Disarankan Untuk Berhenti Merokok/Jangan Merokok

Tidak hanya mengganggu kesehatan paru-paru dan jantung, kebiasaan merokok juga dapat mengganggu kesehatan mata. Sebab, jika mata terkena asap rokok dapat meningkatkan resiko terjadinya katarak, degenerasi makula, dan kerusakan saraf optik yang dapat menyebabkan kebutaan serta merusak retina. 

  1. Pakai Kacamata Pelindung

Menggunakan kacamata pelindung adalah salah satu cara menjaga kesehatan mata, khususnya ketika sedang beraktivitas diluar ruangan atau sedang di depan komputer. Agar mata kamu tidak gampang rusak, kamu dapat menggunakan kacamata anti radiasi apabila harus bekerja dalam waktu lama di depan komputer.

Sedangkan ketika beraktivitas di luar atau dibawah terik matahari, dipastikan harus selalu menggunakan kacamata hitam. Bukan hanya untuk bergaya, menggunakan kacamata hitam saat dibawah terik matahari dapat membantu menghambat paparan sinar ultraviolet dari matahari ke mata.

  1. Istirahat Dari Komputer

Terlalu lama menatap layar komputer atau laptop juga ternyata dapat meningkatkan resiko kerusakan pada mata lho. Sebab, hal tersebut dapat membuat mata menjadi kering dan tegang, pandangan jadi kabur, nyeri leher, kepala jadi sakit, sakit pada bahu dan punggung, serta sulit untuk fokus menatap kejauhan.

Apabila harus bekerja di depan komputer, pastikan untuk mengambil waktu istirahat dengan cara mengalihkan pandangan dari komputer setiap 20 menit. Lalu, cobalah melihat objek yang jauh di depan mata, tujuannya untuk mengurangi ketegangan pada mata.

  1. Selalu Rutin Periksa Mata

Salah satu cara menjaga kesehatan mata yang terakhir adalah dengan cara rutin lakukan pemeriksaan pada mata. Karena, pemeriksaan mata dapat memantau kondisi bagian tersebut dari gangguan atau masalah kesehatan mata yang muncul untuk bisa segera dideteksi.

Dianjurkan untuk orang yang berusia lanjut ataupun muda, baik itu laki-laki maupun perempuan harus selalu rutin memeriksa kesehatan mata ke dokter spesialis mata sekurang-kurangnya 2 tahun sekali.

Cara menjaga kesehatan mata juga dapat dilakukan dengan tidak mengabaikan berbagai masalah pada mata. Jika mata kamu terasa gagal atau berubah menjadi merah, langsung atasi dengan obat tetes atau kompres dengan air dingin. Apabila kamu merasa ada butiran debu di mata, maka bilas dengan air bersih. 

Baca Juga : Sering Terjadi Saat Menstruasi, Ini Penyebab Perut Terasa Nyeri Saat Menstruasi