Berikut 3 Cara Mencegah Osteoporosis Sejak Usia Muda

Osteoporosis menjadi ancaman penyakit setiap orang, namun terdapat cara untuk mencegah Osteoporosis. Simak 3 Cara mencegah Osteoporosis

Berikut 3 Cara Mencegah Osteoporosis Sejak Usia Muda
Cara Mencegah Osteoporosis Sejak Usia Muda. Gambar : Pexels.com

BaperaNews - Banyak yang berpikir bahwa osteoporosis merupakan penyakit lansia yang dapat menyerang usia tua saja. Padahal, osteoporosis bisa dialami oleh siapa saja, mulai dari anak-anak hingga dewasa. 

Osteoporosis merupakan penyakit yang menjadi ancaman untuk setiap orang, terutama para perempuan yang telah memasuki masa menopause. Dilihat dari data John Hopkins Medicine, sekitar 50% perempuan di AS yang berusia 50 tahun ke atas mengalami osteoporosis. 

Lalu, apakah terdapat cara mencegah osteoporosis yang bisa dilakukan sejak usia muda? 

Sebab faktor hormonal pada perempuan lebih mudah terkena osteoporosis daripada laki-laki. Tetapi, kabar baiknya, kini ada beberapa cara yang bisa dilakukan sejak usia muda untuk mencegah terjadinya osteoporosis.

Berikut 3 Cara Mencegah Osteoporosis Sejak Usia Muda:

  1. Menjaga Kesehatan Tulang Lewat Pola Makan

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mencegah osteoporosis adalah memiliki pola makan yang sehat, terutama kebutuhan kalsium dan vitamin D yang harus dicukupi. Sebab, dua nutrisi tersebut sangat penting untuk kesehatan tulang. 

Asupan kalsium harian yang dianjurkan untuk orang berusia di bawah 50 tahun adalah 1.000 miligram, sedangkan asupan kalsium harian yang dianjurkan untuk orang berusia 51 tahun ke atas adalah 1.200 miligram. Anda bisa mendapatkan sebagian besar kalsium tersebut dari makanan dan minuman. 

Beberapa makanan dan minuman kaya akan kalsium yang baik untuk Anda konsumsi adalah:

  1. Konsumsi produk susu rendah lemak atau bebas lemak.
  2. Konsumsi sayuran hijau tua, seperti bayam, kangkung dan brokoli.
  3. Konsumsi sarden dan salmon dengan tulang.
  4. Konsumsi jus dan makanan yang kaya akan kalsium, seperti sereal, susu kedelai, dan tahu.

Tidak hanya konsumsi kalsium, penting juga untuk memenuhi asupan vitamin D. Karena, vitamin D bisa membantu tubuh menyerap kalsium untuk memperkuat tulang. 

Asupan vitamin D yang dianjurkan untuk orang dewasa hingga usia 70 tahun adalah 600 IU, sedangkan asupan vitamin D yang dianjurkan untuk orang berusia 71 tahun ke atas adalah 800 IU. 

Beberapa makanan yang bagus untuk dikonsumsi agar mendapatkan asupan vitamin D adalah:

  1. Konsumsi ikan berlemak, contoh: salmon, mackerel, dan tuna.
  2. Konsumsi hati sapi, keju, dan kuning telur.
  3. Konsumsi makanan yang diperkaya seperti susu, sereal, dan jus jeruk. 

Nah itu dia makanan dan minuman yang mengandung asupan kalsium dan vitamin D yang wajib Anda coba untuk mencegah osteoporosis. 

  1. Rajin-Rajin Olahraga

Tidak hanya baik untuk kebugaran tubuh, olahraga bisa menjadi salah satu cara mencegah osteoporosis. Tetapi, tidak semua olahraga dapat memberikan manfaat penyakit ini. 

Untuk meningkatkan kesehatan tulang, coba lakukan olahraga seperti latihan beban dan ketahanan 3 atau 4 hari seminggu. Latihan beban fokus pada membawa beban tubuh melawan gravitasi. Beberapa pilihan olahraga nya ialah berjalan, berlari, menari, aerobik, hiking, dan tenis. 

Kemudian, latihan ketahanan atau resistensi bisa dilakukan menggunakan kekuatan yang berlawanan, seperti halnya angkat beban atau berenang, agar dapat memperkuat otot dan membangun tulang. 

Dua jenis latihan tadi, otot dan keseimbangan tubuh bisa terlatih. Mempunyai otot yang kuat dan keseimbangan yang baik juga bisa membantu Anda menghindari jatuh atau meminimalkan cedera. 

  1. Bangun Kebiasaan Hidup Sehat

Biasanya, pilihan hidup yang dibuat oleh anak usia muda suka tidak benar atau bisa mempengaruhi kesehatan tulang di masa depan. Oleh karena itu, untuk melindungi kesehatan tulang, pertimbangkan untuk melakukan perubahan gaya hidup sehat sedini mungkin, sebagai berikut:

  1. Merokok diharap untuk berhenti.
  2. Konsumsi alkohol dibatasi.
  3. Berat badan yang sehat dipertahankan.
  4. Konsumsi makan makanan yang seimbang. 

Nah itu dia sedikit ulasan mengenai cara mencegah osteoporosis yang dapat dilakukan sejak usia muda agar tidak menyesal nantinya. Dapat diketahui bahwa osteoporosis sangat rentan terjadi di usia tua, terutama pada perempuan yang telah memasuki masa menopause.

Oleh karena itu, jangan berhenti untuk memiliki hidup yang sehat, karena hal itu sangat berguna untuk tubuh Anda kedepannya.