Dokter di Irlandia Berhasil Pasang Kembali Kepala Bocah Usai Kecelakaan

Dokter Israel melakukan tindakan operasi langka dengan menghubungkan kembali kepala seorang bocah yang hampir terlepas dari tubuhnya.

Dokter di Irlandia Berhasil Pasang Kembali Kepala Bocah Usai Kecelakaan
Dokter di Irlandia Berhasil Pasang Kembali Kepala Bocah Usai Kecelakaan. Gambar : Kreator BaperaNews Via Canva.com

BaperaNews - Heboh seorang dokter asal Israel berhasil menghubungkan kembali kepala putus seorang bocah yang hampir terpisah tubuhnya.

Bocah tersebut awalnya mengalami kecelakaan dan cedera parah di kepala. Namun dokter berhasil menyambungkan kembali kepala putus korban dengan menjahitnya dan tindakan operasi.

Korban yang mengalami kecelakaan ialah bocah berumur 12 tahun bernama Suleiman Hassan. Hassan mengalami kondisi cedera kepala parah yang dalam dunia medis disebut internal decapitation.

Internal decapitation ini adalah cedera kepala putus yang sangat langka dan sangat jarang terjadi. Berupa benturan mendadak yang membuat otot ligamen penyangga kepala yang menghubungkan dengan tulang belakang rusak.

Kepala Korban Hampir Sepenuhnya Terlepas dari Leher

Hassan sedang bermain sepeda ketika kejadian. Kemudian mendadak sebuah mobil menabraknya dan terjadi kecelakaan hebat. Hassan langsung diberi pertolongan ke Unit Trauma Hadassah Ein Kerem di Yerusalem Israel untuk dioperasi. Dokter mengatakan hampir sepenuhnya kepala Hassan terlepas dari lehernya.

“Kami akan berjuang dulu untuk hidup bocah ini” kata Dr. Ohad Einav, salah satu dokter bedah yang menangani Hassan.

Kondisi internal decapitation masih mungkin dilakukan pembedahan yakni kepala putus disambung lagi jika pembuluh darah masih utuh, sebab aliran darah ke otak harus tetap ada untuk kehidupan korban. Pada kasus seperti ini, 70% korban yang mengalami biasanya meninggal dunia. 

Baca Juga : Melly Goeslaw Cuma Bisa Makan Satu Sendok Nasi Usai Operasi Bariatrik

“Prosedur tindakan kepala putus disambung lagi sangat rumit dan makan waktu beberapa jam. Selama di ruang operasi, kami memakai pelat dan fiksasi baru di bagian yang rusak. Kemampuan menyelamatkan Hassan ini berkat pengetahuan kami dan teknologi terbaik terinovatif yang ada di ruangan operasi” imbuh Dr. Ohad.

Hassan menjalani operasi oleh tim dokter bedah secara intensif. Cedera kepala putus disambung lagi telah dilakukan, pihak rumah sakit butuh waktu sebulan untuk menanganinya. Setelah serangkaian operasi dilaksanakan, Hassan mendapat tindakan rehabilitas untuk kembali memberinya kemampuan menggerakkan leher.

Korban Telah Pulang ke Rumah

Hassan kecelakaan dan dioperasi pada Juni 2023 lalu. Kini Hassan telah diperbolehkan pulang ke rumah dengan belat serviks.

Hassan dirawat di rumahnya di Israel dengan pantauan rutin dari dokter. Hassan belum sembuh sepenuhnya akibat luka yang ia alami di kepala. Belum memiliki fungsi motorik seperti semula namun sudah bisa berjalan tanpa bantuan.

Keberhasilan Dr. Ohad dan tim bedahnya dalam memberi pertolongan pada Hassan menjadi kabar yang viral dimana kepala korban yang hampir putus dengan lehernya bisa kembali disambungkan dan dijahit.

Memang benar apa yang sepertinya tidak mungkin, mungkin bisa dilaksanakan dengan ilmu pengetahuan dan tentunya kuasa dari Tuhan.

Baca Juga : Jenis Operasi Mata yang Bisa Ditanggung BPJS Kesehatan