Puluhan Ribu Kendaraan Melintas di Puncak Saat Long Weekend

Puluhan ribu kendaraan roda dua maupun roda empat memasuki kawasan Puncak Bogor, Jawa Barat saat long weekend. Simak Selengkapnya!

Puluhan Ribu Kendaraan Melintas di Puncak Saat Long Weekend
Puluhan Ribu Kendaraan Melintas di Puncak Saat Long Weekend. Gambar : Liputan6/Achmad Sudarno

BaperaNews - Kawasan Puncak Bogor, Jawa Barat, menjadi saksi peningkatan lalu lintas yang signifikan selama long weekend Mei 2024 ini. 

Sejak pukul 00.00 WIB hingga Kamis (9/5) pukul 11.00 WIB, sebanyak 23.974 kendaraan memasuki kawasan Puncak. 

Sementara itu, tercatat ada 13.242 kendaraan yang menuju arah Jakarta, baik roda dua maupun roda empat.

Iptu Ardian Novianto, Kepala Bidang Operasional (KBO) Satuan Lalu Lintas Polres Bogor, menyatakan bahwa pagi tadi pihaknya menerapkan sistem ganjil genap, pembukaan jalur contraflow, dan one way arah atas (Puncak)," ungkapnya saat dihubungi.

Ardian Novianto menjelaskan bahwa akibat dari penerapan ganjil genap, antrean kendaraan mulai memanjang dari KM 45 hingga KM 48 menuju Simpang Gadog. 

"Antrean kendaraan mencapai sekitar 3 km," tambahnya.

Baca Juga : Catat! Ini Daftar Tanggal Merah Mei 2024, Ada Long Weekend

Selain itu, kemacetan juga dipicu oleh lonjakan kunjungan ke tempat wisata. 

"Selain kemacetan, lonjakan kendaraan yang keluar masuk lokasi wisata juga menyebabkan hambatan, karena memerlukan manuver untuk keluar masuk," ujar Ardian Novianto.

Namun, berita baik datang ketika sekitar pukul 11.30 WIB, lalu lintas di kawasan Puncak sudah mulai kembali normal dua arah. 

"Kondisi sudah normal kembali pada pukul 11.30 WIB," jelasnya. 

Kondisi ini memberikan sedikit lega bagi para pengguna jalan yang terjebak dalam antrean panjang, serta memungkinkan lalu lintas untuk berjalan lancar kembali. 

Diharapkan dengan berakhirnya long weekend, situasi lalu lintas di kawasan Puncak dapat kembali ke kondisi normal tanpa adanya hambatan yang berarti.

Baca Juga : Indonesia Dilanda Suhu Panas di Awal Mei 2024, BMKG: Diperkirakan hingga Agustus