Doa Setelah Sholat Witir dan Zikir Lengkap dengan Terjemahan

Dapatkan doa witir dan zikir lengkap, plus terjemahannya! Yuk, bareng-bareng amalkan setelah sholat.

Doa Setelah Sholat Witir dan Zikir Lengkap dengan Terjemahan
Doa Setelah Sholat Witir dan Zikir Lengkap dengan Terjemahan. Gambar : pexels.com/Dok. Michael Burrows

BaperaNews - Sholat witir adalah salah satu bentuk ibadah yang sangat dianjurkan dalam Islam. Ibadah ini memiliki keutamaan tersendiri, dan salah satu hal yang penting adalah doa setelahnya. 

Di hari yang penuh berkah ini, Bapera News akan membahas tentang doa setelah sholat witir dan zikir sholat witir lengkap beserta artinya.

Niat Sholat Witir

Sebelum melaksanakan sholat witir, ada beberapa niat sholat yang sangat dianjurkan untuk dibaca. Berikut adalah niat sholat witir beserta dengan bahasa Arab, latin, dan artinya:

Niat Sholat Witir untuk 1 Rakaat

أصلي سنة من الوتر ركعة لله تعالى

Latin: 

“Ushallii sunnatam minal witri rak'atal lillaahhi ta'aalaa.”

Artinya: 

“Aku niat shalat sunnat witir satu rakaat karena Allah ta'ala.”

Niat Sholat Witir untuk 2 Rakaat

أصلي سنة من الوتر ركعتين لله تعالى

Latin: 

“Ushallii sunnatam minal witri rak'ataini lillaahhi ta'aalaa.”

Artinya: 

“Aku niat shalat sunnah witir 2 rakaat karena Allah ta'ala.”

Baca Juga : Doa Setelah Sholat Hajat Arab, Latin, dan Artinya, Doa Pengkabul Hajat!

Niat Sholat Witir untuk 3 Rakaat

أصلى سنة من الوتر ركعتين لله تعالى

Latin: 

“Ushalli sunnata al-witr thalath raka'atin mustaqbil al-qiblati adan lillahi ta'ala.”

Artinya: 

“Aku menyengaja sembahyang sunnah shalat witir tiga rakaat dengan menghadap kiblat, karena Allah Ta’ala.”

Dengan mengamalkan doa-doa setelah sholat witir ini, kita memohon ampunan, rahmat, dan keberkahan dari Allah SWT. Selain doa-doa sholat witir tersebut, ada pula zikir-zikir yang sangat dianjurkan setelah sholat witir. 

Zikir Setelah Sholat Witir

Zikir 1: Tasbih (3 Kali)

سُبْحَانَ الْمَلِكِ الْقُدُّوسِ

Latin: 

“Subhanal malikil quddus.”

Artinya:

“Maha Suci Tuhan yang kudus.”

Zikir 2: Pujian Kesucian (1 Kali)

سُبُّوْحٌ قُدُّوْسٌ رَبُّنَا وَرَبُّ المَلَائِكَةِ وَالرُّوْحِ

Latin: 

“Subbuhun, quddusun, rabbuna wa rabbul mala’ikati war ruh.”

Artinya:

“Suci dan qudus Tuhan kami, Tuhan para malaikat dan Jibril.”

Zikir 3: Doa Meminta Ampunan yang Luas (3 Kali)

اللَّهُمَّ إِنَّك عَفْوٌ كَرِيمٌ تُحِبُّ الْعَفْوَ فَاعْفُ عَنِّي

Latin: 

“Allahumma innaka ‘afuwwun karimun tuhibbul ‘afwa, fa‘fu ‘anni.”

Artinya: 

“Tuhanku, sungguh Kau Maha Pengampun lagi Pemurah. Kau menyukai ampunan, oleh karenanya ampunilah aku.”

Zikir 4: Doa Atas Murahnya Kasih dan Rahmat Allah (1 Kali)

يَا كَرِيْمُ بِرَحْمَتِكَ يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ

Latin: 

“Ya karimu, bi rahmatika ya arhamar rahimin.”

Artinya: 

“Wahai Zat yang Maha Pemurah, (aku memohon) atas berkat rahmat-Mu, wahai Zat yang paling penyayang dari segenap penyayang.”

Zikir 5: Doa Memohon Ampunan dan Keselamatan (1 Kali)

اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِرِضَاك مِنْ سَخَطِك وَبِمُعَافَاتِك مِنْ عُقُوبَتِك وَأَعُوذُ بِك مِنْك لَا أُحْصِي ثَنَاءً عَلَيْكَ أَنْتَ كَمَا أَثْنَيْتَ عَلَى نَفْسِك

Latin: 

“Allahumma ini a‘udzu bi ridhāka min sakhathika, wa bi mu‘afatika min ‘uqubatika. Wa a‘udzu bika minka, la uhshi tsana’an alayka anta kama atsnayta ‘ala nafsika.”

Artinya: 

“Tuhanku, aku berlindung kepada ridha-Mu dari murka-Mu dan kepada afiat-Mu dari siksa-Mu. Aku meminta perlindungan-Mu dari murka-Mu. Aku tidak (sanggup) membilang pujian-Mu sebanyak Kau memuji diri-Mu sendiri.”

Setelah kita selesai membaca doa-doa dan zikir-zikir setelah sholat witir tersebut, kita bisa melanjutkan dengan doa tambahan setelah sholat witir. Berikut adalah doa setelah sholat witir yang bisa kita baca:

Doa Setelah Sholat Witir Lengkap

أَللَّهُمَّ إِنَّا نَسْأَلُكَ إِيمَانًا دَائِمًا وَنَسْأَلُكَ قَلْبًا خَاشِعًا وَنَسْأَلُكَ عِلْمًا نَافِعًا وَنَسْأَلُكَ يَقِينًا صَادِقًا وَنَسْأَلُكَ عَمَلًا صَالِحًا وَنَسْأَلُكَ دِينًا قَيِّمًا وَنَسْأَلُكَ خَيْرًا كَثِيْرًا وَنَسْأَلُكَ الْعَفْوَ وَالْعَافِيَةَ وَنَسْأَلُكَ تَمَامَ الْعَافِيَةِ وَنَسْأَلُكَ الشُّكْرَ عَلَى الْعَافِيَةِ وَنَسْأَلُكَ الْغِنَى عَنِ النَّاسِ. أَللَّهُمَّ رَبَّنَا تَقَبَّلْ مِنَّا صَلَاتَنَا وَصِيَامَنَا وَقِيَامَنَا وَتَخَشُّعَنَا وَتَضَرُّعَنَا وَتَعَبُّدَنَا وَتَمِّمْ تَقْصِيْرَنَا يَا أَللهُ يَاأَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ وَصَلَّى اللهُ عَلَى خَيْرِ خَلْقِهِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَأَصْحَابِهِ أَجْمَعِيْنَ وَالْحَمْدُ لِلهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ.

Latin: 

“Allahumma innaa nas’aluka iimaanan daaimaan, wan’asaluka qalban khaasyi'an, wanas’aluka ‘ilman naafi'an, wanas’aluka yaqiinan shaadiqon, wanas’aluka ‘amalan shaalihan, wanas’aluka diinan qayyiman, wanas’aluka khairan katsiran, wanas’alukal ‘afwa wal’aafiyata, wanas’aluka tamaamal ‘aafiyati, wanas’alukasyukra ‘alal ‘aafiyati, anas’alukal ghinaa’a ‘aninnaasi. Allahumma rabbanaa taqabbal minnaa shalaatanaa washiyaamanaa waqiyaamanaa watakhusy-syu’anaa watadhorru’anaa wata’abbudanaa watammim taqshiiranaa yaa allaahu yaa allaahu yaa allaahu yaa arhamar raahimiin. Washallallaahu ‘alaa khairi khalqihi muhammadin wa’alaa aalihi washahbihi ajma’iina, walhamdu lillaahi rabbil ‘aalamiin.”

Artinya: 

“Ya Allah, kami mohon pada-Mu, iman yang langgeng, hati yang khusyuk, ilmu yang bermanfaat, keyakinan yang benar, amal yang saleh, agama yang lurus, kebaikan yang banyak. Kami mohon kepada-Mu ampunan dan kesehatan, kesehatan yang sempurna, kami mohon kepada-Mu bersyukur atas karunia kesehatan, kami mohon kepada-Mu kecukupan terhadap sesama manusia. Ya Allah, Tuhan kami terimalah dari kami: shalat, puasa, ibadah, kekhusyu'an, rendah diri dan ibadah kami, dan sempurnakanlah segala kekurangan kami. Ya Allah, Tuhan yang Maha Pengasih dari segala yang pengasih. Dan semoga kesejahteraan dilimpahkan kepada makhluk-Nya yang terbaik, Nabi Muhammad SAW. Demikian pula keluarga dan para sahabatnya secara keseluruhan. Serta segala puji milik Allah Tuhan semesta alam.”

Doa ini adalah wujud syukur dan permohonan kepada Allah SWT setelah menunaikan sholat witir. Selain itu, kita juga memohon kepada-Nya agar senantiasa diberikan iman yang kokoh, hati yang khusyuk, serta ilmu yang bermanfaat. 

Keutamaan Sholat Witir

Sholat witir menjadi ibadah yang sangat dianjurkan dalam Islam. Sholat ini memiliki berbagai keutamaan dan manfaat bagi orang yang melaksanakannya. Beberapa keutamaan sholat witir antara lain:

1. Menjaga Hati yang Khusyuk

Dalam melaksanakan sholat witir, kita diajak untuk menjaga hati agar tetap khusyuk. Sholat ini dilakukan secara sendirian, sehingga memungkinkan kita untuk merenung dan memperdalam hubungan spiritual dengan Allah SWT. 

Kehadiran diri sendiri di hadapan Allah SWT saat sholat witir dapat meningkatkan tingkat khusyuk dan kesadaran dalam beribadah.

2. Menghidupkan Tradisi Rasulullah SAW

Rasulullah Muhammad SAW juga dikenal rutin melaksanakan sholat witir. Dengan melaksanakan sholat ini, kita mengikuti jejak dan tradisi yang dicontohkan oleh Nabi Muhammad SAW. 

Hal tersebut menjadi bentuk penghormatan kepada Rasulullah dan menjalin ikatan spiritual yang lebih kuat dengan beliau.

3. Doa yang Dikabulkan

Sholat Witir adalah salah satu waktu yang dianjurkan untuk berdoa kepada Allah SWT. Doa yang dilakukan dengan sungguh-sungguh dan penuh keikhlasan saat sholat witir memiliki peluang besar untuk dikabulkan oleh Allah SWT. 

Oleh karena itu, sholat ini menjadi kesempatan untuk memohon kepada Allah SWT segala hajat dan kebutuhan kita.

4. Pembersihan Dosa

Sholat witir juga memiliki keutamaan dalam hal pembersihan dosa-dosa. Ketika kita melaksanakan ibadah dengan sungguh-sungguh dan penuh kesadaran, Allah SWT akan mengampuni dosa-dosa kita. 

Sholat witir menjadi kesempatan untuk meminta pengampunan dan membersihkan diri dari dosa-dosa yang telah dilakukan.

5. Mendekatkan Diri kepada Allah SWT

Salah satu tujuan utama sholat witir adalah untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT. Dengan melaksanakan sholat witir secara rutin, kita dapat memperkuat hubungan spiritual kita dengan Sang Pencipta. Kehadiran kita di hadapan Allah dalam sholat witir adalah bentuk taqarrub (pendekatan diri) kepada-Nya.

6. Menjaga Keimanan dan Ketaqwaan

Sholat witir juga berperan dalam menjaga keimanan dan ketaqwaan kita. Ibadah ini mengingatkan kita akan kebesaran Allah SWT dan ketergantungan kita kepada-Nya. 

Dengan melaksanakan sholat witir, kita dapat memperkuat iman dan ketakwaan kita kepada Allah SWT.

7. Pahala yang Besar

Sholat witir adalah ibadah sunnah yang memiliki pahala yang besar. Rasulullah SAW pernah bersabda, “Janganlah kalian meninggalkan sholat witir, karena barangsiapa yang meninggalkannya padahal dia beriman kepada Allah dan hari akhir, maka hendaklah dia bertaubat dan melaksanakan sholat witir.” (HR. Ahmad). 

Dengan melaksanakan sholat witir, kita berpeluang mendapatkan pahala yang besar dari Allah SWT.

Itulah beberapa keutamaan dari sholat witir. Dengan melaksanakan ibadah ini dengan sungguh-sungguh, kita dapat mendapatkan manfaat spiritual dan pahala yang besar di sisi Allah SWT.

Dalam menjalani kehidupan sehari-hari, marilah kita selalu mengingat betapa pentingnya beribadah dan berdoa kepada Allah SWT. 

Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua dalam memperdalam pemahaman tentang doa setelah sholat witir, zikir setelah sholat witir, dan keutamaan sholat ini dalam Islam. 

Teruslah meningkatkan ibadah dan ketaqwaan kita kepada Allah SWT. Semoga kita selalu dalam lindungan-Nya dan diberkahi dalam setiap langkah kita. Amin.

Baca Juga : Doa Setelah Sholat Istikharah dan Manfaat Sholat Istikharah