Doa Setelah Sholat Istikharah dan Manfaat Sholat Istikharah

Bingung pilih jalan hidup? Sholat istikharah jawabannya! Simak doa setelah sholat Istikharah dan manfaatnya di sini.

Doa Setelah Sholat Istikharah dan Manfaat Sholat Istikharah
Doa Setelah Sholat Istikharah dan Manfaat Sholat Istikharah. Gambar : pexels.com/Dok. Ahmed Mulla

BaperaNews - Sholat Istikharah adalah salah satu ibadah sunnah yang sangat penting dalam kehidupan seorang muslim. Ibadah ini memberikan petunjuk dari Allah SWT ketika kita dihadapkan pada berbagai pilihan dalam kehidupan, seperti jodoh, pekerjaan, sekolah, dan banyak hal lainnya. 

Kali ini, Bapera News akan menjelaskan dengan detail tentang doa setelah sholat Istikharah dan manfaatnya.

Doa Setelah Sholat Istikharah

Setelah melaksanakan sholat Istikharah, ada satu langkah penting yang tidak boleh dilupakan, yaitu membaca doa Istikharah. 

Doa ini menjadi cara kita meminta petunjuk kepada Allah SWT mengenai pilihan yang kita hadapi. Berikut adalah bacaan doa setelah sholat Istikharah Istikharah yang seharusnya dibaca setelah menyelesaikan sholat Istikharah:

اللَّهُمَّ صَلِّ وَ سَلِّمْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ اَلْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ اْلعَالَمِيْنَ اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْتَخِيرُكَ بِعِلْمِكَ وَأَسْتَقْدِرُكَ بِقُدْرَتِكَ وَأَسْأَلُكَ مِنْ فَضْلِكَ الْعَظِيمِ فَإِنَّكَ تَقْدِرُ وَلَا أَقْدِرُ وَتَعْلَمُ وَلَا أَعْلَمُ وَأَنْتَ عَلَّامُ الْغُيُوبِ

اللَّهُمَّ إِنْ كُنْتَ تَعْلَمُ أَنَّ هَذَا الْأَمْرَ خَيْرٌ لِي فِي دِينِيْ وَدُنْيَايَ وَعَاقِبَةِ أَمْرِيْ وَعَـاجِلِهِ وَآجِـلِهِ فَاقْدُرْهُ لِيْ وَبَارِكْ لِي فِيهِ ثُمَّ يَسِّرْهُ لِي وَإِنْ كُنْتَ تَعْلَمُ أَنَّ هَذَا الْأَمْرَ شَرٌّ لِي فِي دِينِيْ وَدُنْيَايَ وَعَاقِبَةِ أَمْرِيْ عَاجِلِهِ وَآجِـلِهِ فَاصْرِفْنِيْ عَنْهُ وَاصْرِفْهُ عَنِّيْ وَاقْدُرْ لِي الْخَيْرَ أَيْنَـــمَا كَانَ إِنَّكَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرٌ وَ صَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَ الْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ

Latin:

“Allâhumma shalli wa sallim 'alâ sayyidina muḫamamdin, Alḫamdulillâhi rabbil 'âlamîn. Allâhumma innî astakhîruka bi 'ilmika, wa astaqdiruka bi qudratika, wa as-aluka min fadhlika, fa innaka taqdiru wa lâ aqdiru, wa ta'lamu wa lâ a'lamu, wa anta 'allâmul ghuyûb.”

“Allahumma fa-in kunta ta'lamu hâdzal amra khairun lî fî dînî wa dun-yâya wa 'âqibati amrî 'âjilihi wa âjilihi faqdurhu lî wa bârik lî fîhi tsumma yassirhu lî. Wa in kunta ta'lamu anna hâdzal amra syarrun lî fî dînî wa dun-yâya wa 'âqibati amrî 'âjilihi wa âjilihi fashrifnî 'anhu washrfhu 'annî waqdur liyal khaira haitsu kâna ainamâ kânû innaka 'alâ kulli syai-in qadîr. Wa shallallâhu 'alâ sayyidina muḫamamdin, walḫamdulillâhi rabbil 'âlamîn.”

Artinya: 

"Ya Allah, sesungguhnya aku beristikharah dengan pengetahuan-Mu, aku memohon kekuatan dengan kekuatan-Mu, aku meminta kepada-Mu dengan kemuliaan-Mu. Sesungguhnya Engkau yang menakdirkan sementara aku tidak mampu melakukannya. Engkau yang Maha Tahu, sedangkan aku tidak tahu. Engkaulah yang mengetahui perkara yang gaib. Ya Allah, jika Engkau mengetahui bahwa perkara ini baik bagiku dalam bagi agamaku, kehidupanku, akhir urusanku, duniaku, dan akhiratku, maka takdirkanlah hal tersebut untukku. Mudahkanlah untukku dan berkahilah ia untukku. Ya Allah, jika Engkau mengetahui bahwa perkara tersebut jelek bagi agama, kehidupan, akhir urusanku, duniaku, dan akhiratku, maka palingkanlah aku darinya dan palingkanlah dia dariku. Takdirkanlah yang terbaik untukku apa pun keadaannya. Sesungguhnya engkau Yang Maha Bisa atas segala sesuatu."

Doa setelah sholat Istikharah ini didasarkan pada hadis Nabi yang diriwayatkan oleh Imam al-Bukhari dari hadits Jabir bin 'Abdillah. 

Baca Juga : Doa Setelah Sholat Witir dan Zikir Lengkap dengan Terjemahan

Rasulullah SAW juga mengajarkan para sahabatnya untuk melakukan sholat Istikharah dalam setiap urusan mereka, menunjukkan pentingnya ibadah ini dalam kehidupan sehari-hari.

Manfaat Sholat Istikharah

Setelah kita memahami bagaimana melaksanakan sholat Istikharah dan doa yang harus dibaca, mari kita bahas manfaat dari ibadah ini.

1. Memberikan Ketenangan Diri

Salah satu manfaat utama dari melaksanakan sholat Istikharah adalah memberikan ketenangan diri. Ketika kita dihadapkan pada pilihan-pilihan penting dalam hidup, seringkali kita merasa bingung dan stres. 

Sholat Istikharah membantu mengatasi kebingungan ini dengan memberikan kepercayaan diri bahwa kita telah meminta petunjuk kepada Allah SWT.

2. Mendapatkan Pilihan Takdir Terbaik

Dalam hadis yang diriwayatkan oleh Imam al-Bukhari, Rasulullah SAW mengajarkan kita untuk memohon kepada Allah SWT agar takdir yang terbaik bagus diwujudkan dalam hidup kita. 

Ini berarti kita tidak hanya meminta petunjuk, tetapi juga memohon agar Allah mengarahkan kita ke arah yang paling baik untuk agama, kehidupan, dan akhirat kita.

3. Dianjurkan Oleh Rasulullah SAW

Salah satu manfaat besar dari sholat Istikharah adalah bahwa ibadah ini dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW. 

Rasulullah SAW secara rutin mengajarkan para sahabatnya untuk melaksanakan sholat Istikharah dalam setiap urusan mereka. Ini menunjukkan pentingnya ibadah ini dalam Islam.

Demikian doa setelah sholat Istikharan beserta manfaat sholat Istikharah. Melalui ibadah ini, kita dapat meminta petunjuk kepada Allah SWT dalam menghadapi berbagai pilihan dalam kehidupan. 

Dengan melaksanakan sholat Istikharah dan membaca doanya dengan ikhlas, kita dapat mendapatkan ketenangan diri, mendapatkan pilihan takdir terbaik, dan melaksanakan ajaran yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW. 

Sebagai seorang muslim, jangan pernah ragu untuk melaksanakan sholat Istikharah ketika dihadapkan pada keputusan penting dalam hidup Anda. 

Semoga artikel ini bermanfaat dalam membantu Anda memahami manfaat sholat Istikharah dan doanya.

Baca Juga : Doa Setelah Sholat Hajat Arab, Latin, dan Artinya, Doa Pengkabul Hajat!

@baperanews.com Bingung pilih jalan hidup? Sholat istikharah jawabannya! Simak doa setelah sholat Istikharah dan manfaatnya di sini. #baperanews #istikharah #doa #islam #doaistikharah ♬ Music Islami - R22 Music