Dibuka Lagi, Segini Harga Tiket Museum Kereta Keraton Yogyakarta

Museum Kereta Keraton Yogyakarta, atau Museum Kagungan Dalem Wahanarata, dibuka kembali untuk umum oleh Sri Sultan Hamengkubuwono X.

Dibuka Lagi, Segini Harga Tiket Museum Kereta Keraton Yogyakarta
Dibuka Lagi, Segini Harga Tiket Museum Kereta Keraton Yogyakarta. Gambar : Instagram/@kratonjogja

BaperaNews - Museum Kagungan Dalem Wahanarata atau dikenal sebagai Museum Kereta Keraton kembali dibuka untuk umum dengan harga tiket Museum Kereta Keraton Yogyakarta yang terjangkau oleh Sri Sultan Hamengkubuwono X pada hari Selasa (18/7) di Keraton Yogyakarta, Yogyakarta.

Di museum Kereta Keraton Yogyakarta, pengunjung bisa melihat aneka kereta kuno jaman dulu milik Keraton Yogyakarta dimana kereta tersebut sudah ada sejak zaman kepemimpinan Sri Sultan Hamengkubuwono I hingga IX.

Ada sekitar 21 kereta pusaka yang bisa dilihat pengunjung. Salah satunya Kanjeng Nyai Djimat yang merupakan kereta pusaka tertua yang dipakai Sri Sultan Hamengkubuwono I – III. Kemudian ada kereta pusaka Kyai Garuda Yaksa, Kyai Jetayu, dan Kyai Wimanaputra.

Putri bungsu Sri Sultan Hamengkubuwono X Gusti Kanjeng Ratu Bendara mengungkap adanya renovasi dan revitalisasi aset kereta dan benda kuno lain di museum tersebut membuat pengunjung dari masyarakat umum bisa melihat koleksi yang ada, untuk lebih mengenal tradisi budaya Yogyakarta.

“Tidak hanya kereta saja ya yang bisa dilihat, tapi juga ada koleksi pendukungnya seperti busana abdi dalem, pelana, payung kebesaran, di dalam vitrin, dan lainnya yang bisa menambah informasi untuk pengunjung” kata Bendara hari Rabu (19/7). 

Baca Juga : Harga dan Cara Beli Tiket Pameran Van Gogh Alive Jakarta

Selain menikmati barang peninggalan sejarah, Museum Kagungan Dalem Wahanarata ini juga menerapkan teknologi canggih berupa Augmented Reality Photobooth, Come To Life, dan Catch & Run Games yang memungkinkan pengunjung bisa berinteraksi dengan elemen budaya di dalam museum baik itu secara individu maupun secara berkelompok atau bersama-sama.

“Budaya ialah salah satu fondasi sebuah peradaban yang makin relevan jika didukung oleh kreasi kultural. Budaya pada akhirnya tidak sekedar jadi hiburan namun jadi bagian integral peradaban dengan terus melihat dan beradaptasi dengan perkembangan jaman tanpa mengesampingkan peran manusia dan kemanusiaa.

Hubungan antara koleksi kereta pusaka dengan teknologi canggih ini menjawab kebutuhan integral peradaban tersebut” terang Sri Sultan Hamengkubuwono X. 

Harga Tiket Museum Kereta Keraton Yogyakarta

Museum diharapkan menjadi ruang komunal yang inklusif. Museum Kagungan Dalem Wahanarata buka setiap hari Selasa sd Minggu pukul 09.00-15.00 WIB. Harga tiket Museum Kereta Keraton Yogyakarta :

  1. Wisatawan lokal

Dewasa Rp 20.000

Anak-anak Rp 15.000

  1. Wisatawan mancanegara

Dewasa Rp 30.000

Anak-anak Rp 25.000

“Masyarakat, komunitas, sampai mahasiswa bisa bekerjasama untuk manfaatkan fasilitas dan ruang yang ada. Tidak menutup kemungkinan pula untuk lembaga dan institusi untuk lakukan general meeting sesuai harga tiket Museum Kereta Keraton Yogyakarta” pungkas Bendara.

Baca Juga : Catat Nih! Cara Beli dan Harga Tiket Terbaru Candi Prambanan 2023