Canggih! Kini Cetak Kartu Keluarga Bisa di MRT Blok A

Stasiun MRT Jakarta Selatan Blok A kini memiliki Anjungan Dukcapil Mandiri, memungkinkan masyarakat untuk mencetak KK dan KIA dengan cepat dan mudah secara online.

Canggih! Kini Cetak Kartu Keluarga Bisa di MRT Blok A
Canggih! Kini Cetak Kartu Keluarga Bisa di MRT Blok A. Gambar : Kompas/Dok. Puspasari Setyaningrum

BaperaNews - Cetak KK (Kartu Keluarga) kini tidak harus dilakukan di kantor Dukcapil. Kini ada Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM) di kawasan Stasiun MRT Jakarta Selatan Blok A dimana mesin cetak untuk berkas kependudukan bisa dimanfaatkan masyarakat yang ingin mencetak KK hingga KIA (Kartu Identitas Anak) secara cepat tanpa harus antri di Kantor Kelurahan.

Direktur Pengembangan Bisnis MRT Jakarta Farchad Mahfuds mengungkap mesin cetak Kartu Keluarga ini bisa dipakai secara nasional oleh siapapun tidak harus warga sekitar atau warga Kelurahan Pulo yang jadi lokasi stasiun berada.

Alat juga bisa dipakai secara online sehingga mudah diakses seluruh masyarakat yang telah memiliki Identitas Kependudukan Digital (IKD).

“Jadi masyarakat kan bermobilitas. Salah satu pertimbangannya akses layanan. Kalau di Stasiun MRT Blok Jakarta Selatan ini jadi stasiun MRT Jakarta pertama yang memilikinya, jadi semua warga Jakarta yang ingin cetak Kartu Keluarga atau IKD bisa kesini” kata Mahfuds hari Kamis (10/8). 

Baca Juga : Mulai 1 Juli, Bayar MRT Jakarta Tak Bisa Pakai 3 E Wallet Ini

Cara Cetak KK Online di MRT Jakarta

Mesin ADM bisa dipakai oleh seluruh masyarakat yang telah memiliki IKD. Cara cetak KK online di MRT Jakarta ataupun berkas kependudukan lainnya dilakukan dengan memilih metode akses berkas dahulu misalnya dengan scan QR Code dari email atau dari akses aplikasi IKD.

Keduanya sama-sama scan QR Code. Hanya saja untuk cara scan QR Code dilakukan dengan memakai kode yang dikirim ke email ketika mendaftar IKD sedangkan cara melalui aplikasi IKD dilakukan dengan memakai kode yang tertera di aplikasi.

“Masyarakat nanti tinggal scan kode barcode saja yang dia dapat di email atau yang ada di aplikasi IKD sehingga bisa pilih mau cetak dokumen apa, langsung jadi” jelasnya.

Dalam hitungan detik, berkas yang dicetak akan keluar. Saat ini mesin ADM baru bisa mencetak KK dan KIA, untuk KTP belum bisa. Cetak KTP masih jadi target dan masih dalam proses. Mesin ADM bisa diakses masyarakat secara gratis,

“Mesin standby terus disini, bisa diakses 24 jam” pungkas Mahfudz.

Bagi masyarakat  yang belum punya IKD, cara cetak KK online di MRT Jakarta harus daftar IJH dulu ke Kantor Dukcapil. Setelah mendaftar, barulah mendapat QR Code yang bisa dipakai untuk akses berbagai layanan digital dengan cepat dan instant.

Mesin ADM lain juga tersedia di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu dimana pelayanan dibuka tiap jam 08.00 sampai 16.00 WIB di hari kerja.

Baca Juga : Hore! Iphone 14 Bisa Diperbaiki Sendiri Tanpa Servis