Instagram Rilis Fitur Pengawasan Akun Anak untuk Orang Tua

Instagram sudah merilis “Parental Supervision Tools” yang merupakan fitur terbaru untuk orang tua bisa melakukan pengawasan penggunaan Instagram anaknya.

Instagram Rilis Fitur Pengawasan Akun Anak untuk Orang Tua
Fitur baru Instagram pengawasan akun anak untuk orang tua. Gambar : Pixabay.com/Dok. USA-Reiseblogger

BaperaNews - Instagram sudah merilis “Parental Supervision Tools” yang merupakan fitur terbaru untuk orang tua bisa mengawasi penggunaan Instagram anaknya, yakni bisa memantau akun apa saja yang difollow anak. Bos Instagram, Adam Mosseri menyebut fitur ini bisa membantu orang tua atau pengasuh anak terlibat dalam pengalaman online anaknya.

“Hari ini kami memperkenalkan alat pengawasan Instagram baru Family Center kami, tempat baru untuk orang tua atau wali bisa lebih terlibat dalam pengalaman online anak mereka” ujarnya hari Rabu 16 Maret 2022.

Fitur ini bisa mengawasi aktivitas online anaknya, yakni melihat dan mengatur batas waktu yang dihabiskan anak untuk bermain Instagram, mendapat pemberitahuan tentang akun apa saja yang diikuti anak, dan melaporkan ketika anak melaporkan pengguna Instagram lain.

Fitur ini dibuat setelah banyaknya kritik yang menyebut Instagram bisa berdampak buruk pada anak usia dini, yakni pada kesehatan mental anak, terutama anak perempuan. Instagram awalnya menunda perilisan program khusus untuk anak di bawah 13 tahun, kemudian juga merilis fitur khusus yang membuat pengguna Instagram bisa beristirahat dalam waktu tertentu.

Baca Juga : Top 3 Tekno, Daftar HP Xiaomi yang Kebagian MIUI 13 Paling Dicari

Saat ini fitur pengawasan orang tua perlu untuk diaktifkan dari perangkat atau handphone yang dipakai oleh anak, namun mulai Juni 2022 mendatang, fitur ini akan dijadikan bisa diaktifkan di perangkat orang tua tanpa harus izin di akun anak.

Instagram menyebut sedang mengembangkan fitur lain untuk bisa memperkaya pengawasan terhadap aktivitas online anak-anak ini dengan tujuan untuk memberi dukungan pada orang tua yang merasa khawatir tentang penggunaan Instagram pada anak-anaknya.

Selain itu, orang tua juga bisa mengarahkan anaknya pada Family Center di Instagram yang berisi pusat pendidikan, artikel sara, tutorial video, tips berbicara, dan lainnya untuk anak-anak dan orang tua. Tentunya diharapkan bermanfaat untuk hubungan anak dan orang tua baik dari segi komunikasi maupun mendidik.

Memang media sosial sulit untuk dilepaskan dari kehidupan semua orang, termasuk anak-anak, saat ini hampir semua orang memiliki ponsel sendiri dan media sosial, termasuk anak-anak, terlebih sejak adanya pandemic covid-19 yang membuat anak-anak harus menjalankan sekolah secara online, sehingga secara otomatis lebih banyak berkomunikasi dengan media sosial. 

Baca Juga : Mark Zuckerberg Ungkap NFT Akan Segera Masuk Instagram