Hore! Iphone 14 Bisa Diperbaiki Sendiri Tanpa Servis

Pihak Apple umumkan bahwa seri IPhone 14 yang dirilis tahun 2022, akan bisa melakukan fitur terbarunya yaitu Self Service Repair. Simak berita lengkapnya disini!

Hore! Iphone 14 Bisa Diperbaiki Sendiri Tanpa Servis
Hore! Iphone 14 Bisa Diperbaiki Sendiri Tanpa Servis. Gambar : Unsplash.com/Dok. Thai Nguyen

BaperaNews - Apple umumkan ketersediaan “Self Service Repair” untuk seri iPhone 14 yang dirilis tahun 2022 lalu. Self Service Repair ialah program untuk memberi keleluasaan bagi pengguna untuk bisa memperbaiki sendiri perangkat mereka ketika terjadi masalah.

Pengguna iPhone 14 diperbaiki sendiri bisa mengakses alat, sparepart atau komponen, dan mendapat tutorial untuk memperbaiki sendiri sejumlah jenis kerusakan. Namun cara iPhone 14 diperbaiki sendiri ini hanya berlaku untuk masalah yang sederhana.

Apple menyebut lebih baik datang ke layanan purna jual resmi ketika menemukan masalah di iPhone, terutama yang bersifat serius. Selalu ekspansi program Self Service Repair untuk seri iPhone 14 dimana program juga tersedia untuk MacBook Pro dan MacBook Air 13 inci yang ditenagai oleh M2.

Program perbaikan perangkat secara mandiri atau iPhone 14 diperbaiki sendiri ini belum tersedia di banyak negara, baru ada di Amerika Serikat, Prancis, Belgia, Italia, Jerman, Spanyol, Polandia, Swedia, dan Inggris. Untuk pengguna di Indonesia sepertinya masih menunggu dalam waktu lama. Jangankan Self Service Repair, toko resmi Apple Store di tanah air saja belum ada.

Baca Juga : Resmi Dijual di Indonesia, Segini Harga iPhone 14 Warna Kuning!

Jadi kemungkinan program ini belum muncul dalam waktu dekat kecuali jika pihak Apple lakukan ekspansi fitur tersebut di negara-negara Asia termasuk di Indonesia.

Sebelumnya beberapa waktu setelah peluncurannya, tepatnya pada Desember 2022 lalu pengguna iPhone 14 banyak mengeluh terjadi masalah di perangkatnya padahal perangkat yang dibeli terhitung baru.

Pengguna iPhone 14 di berbagai negara mengeluhkan muncul garis hijau horizontal di iPhone 14 Pro dan Pro Max ketika dinyalakan. Garis hijau tersebut diyakini bukan karena masalah perangkat keras, namun karena bug iOS 16 yang menghambat.

Pengguna mengungkap keluhan mereka di Twitter dan Reddit pada hari Minggu, 25 Desember 2022. Mereka pun bertanya bagaimana cara mengatasinya. Seorang pengguna muncul di iPhone 14 nya tiba-tiba ada garis hijau dan kuning sesaat setelah dinyalakan dan kemudian hilang.

iPhone 13 juga sempat memiliki masalah yang sama di layarnya, ketika dirilis, pengguna mengeluh layar tiba-tiba berubah jadi pink ketika digunakan. Apple menyebut masalah di layar ini bukan karena software rusak. Apple menyarankan agar pengguna lakukan back up data dan reset pabrik. Pada akhirnya iPhone memperbaiki iOS yang dipakai di iPhone 13 untuk mengatasi masalah tersebut.

Baca Juga : Desain iPhone 15 Sudah Beredar di Media Sosial, Rilis Bulan September?