Mudah! Cara Screenshot di Berbagai HP Hingga Laptop

Setiap jenis handphone atau gadget memiliki cara screenshot atau cara tangkap layar yang berbeda. Oleh karena itu, yuk simak cara screenshot di berbagai jenis gadget.

Mudah! Cara Screenshot di Berbagai HP Hingga Laptop
Cara Screenshot di berbagai HP hingga laptop. Gambar : unsplash.com/ Dok. Štefan Štefančík

BaperaNews - Beda jenis handphone atau gadget yang dipakai beda pula cara screenshot atau cara tangkap layarnya. Screenshot biasanya dilakukan pengguna ketika ingin menyimpan momen di layar, baik itu di HandPhone (HP) maupun Laptop.

Tim Redaksi Bapera News akan memberikan cara lakukan screenshot di berbagai jenis gadget untuk Anda dengan mudah.

Baca Juga : Mudah! Ini Cara Hapus Akun Google di HP Android dan iPhone

Cara Lakukan Screenshot di Berbagai Jenis Gadget:

Cara Screenshot di iPhone

Cara screenshot di iPhone memiliki dua cara, karena iPhone yang lama dan yang terbaru berbeda cara screenshotnya.

iPhone terbaru yang tidak memiliki home button untuk screenshot, menangkap layar bisa dilakukan dengan memencet tombol volume up dan tombol power di bagian kanan secara bersama, akan terdengar suara seperti memotret ketika berhasil menscreenshot dan layar akan memunculkan hasil preview kecilnya.

Sedangkan jika sudah memiliki Home Button di HP iPhone, lakukan screenshot dengan menekan Home button dan Power secara bersamaan. Cara lain ialah dengan meminta Siri melakukan screenshot, “Hey Siri, take a screenshot”.

Cara Screenshot di iPad

Cara screenshot di iPad tidak jauh berbeda dengan di iPhone, jika iPad tidak memiliki tombol home button, cukup tekan tombol power dan volume secara bersamaan. Sedangkan jika sudah ada tombol home button, lakukan dengan menekan home button dan power bersamaan.

Cara Screenshot di Macbook

Cara screenshot di Macbook paling mudah ialah melalui tombol Shift + Command + 3 di keyboard, semua bagian layar akan ditangkap.

Jika hanya ingin meng-screenshot bagian tertentu di laptop Macbook, tekan Shift + Command + 4, kursor mouse akan berubah jadi crosshair kecil untuk mengarahkan bagian mana yang ingin di screenshot.

Baca Juga : Cara Bersihkan File Others Di HP Android Dan iPhone

Cara Screenshot di Android

Cara screenshot di Android yang paling umum dilakukan dengan menekan tombol power dan volume down, namun sejumlah Android punya cara lain. Misalnya Samsung dengan mengusap tangan memakai telapak tangan.

Beberapa tipe HP Android terbaru juga memiliki Google Assistant, bisa diminta untuk screenshot, cukup katakan “Hey Google take a screenshot”.

Cara Screenshot di Windows

Cara screenshot di Windows ialah dengan menekan tombol printscreen di keyboard, cara lain dengan memakai aplikasi seperti Microsoft Paint atau media sosial yang bisa dipakai untuk menempelkan gambar dengan tombol Ctrl + V.

Selain itu, cara screenshot di Windows bisa juga dengan tombol Windows + Shift + S, ada beberapa opsi yang yakni fullscreen, windows, rectangular, atau freeform mode. Preview gambar akan ditampilkan usai screenshot di laptop Windows dilakukan, klik preview tersebut dan save untuk menyimpannya.

Mudah bukan cara melakukan screenshot di berbagai jenis gadget? semoga bermanfaat untuk aktifitas harian, tugas, atau pekerjaan Anda.

Baca Juga : Simple! Simak Cara Buat QR Code Google Maps Untuk Undangan Pernikahan