Perhatikan! Kategori Siswa Yang Tak Bisa Daftar SNBT dan Jalur Mandiri

Tidak semua calon peserta atau calon mahasiswa bisa masuk ke PTN melalui jalur tes SNBT maupun jalur mandiri. Berikut kategori peserta (siswa) yang tidak boleh daftar SNBT dan Jalur Mandiri.

Perhatikan! Kategori Siswa Yang Tak Bisa Daftar SNBT dan Jalur Mandiri
Kategori Siswa Yang Tak Bisa Daftar SNBT dan Jalur Mandiri. Gambar : Kompas.com/Dok. Humas Unej

BaperaNews - Tidak semua calon peserta atau calon mahasiswa bisa masuk ke PTN (Perguruan Tinggi Negeri) dengan jalur tes SNBT (Seleksi Nasional Berdasarkan Tes) maupun jalur mandiri.

Ada sejumlah kategori peserta yang tidak boleh daftar SNBT dan jalur mandiri, yaitu mereka yang lolos PTN dari SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri) atau yang kini dikenal dengan SNBP (Seleksi Nasional Berbasis Prestasi). Hal ini disampaikan oleh Ketum Tim Penanggungjawab SNPMB (Seleksi Nasional Mahasiswa Baru) Prof. Ashari.

“Bagi siswa yang dinyatakan lolos SNBP 2023 maka akan ditolak atau secara otomatis tidak bisa daftar ke SNBT 2023” tegasnya. Hal ini menurutnya karena kursi masuk PTN ini tidak bisa disia-siakan. “Kursi itu ditunggu rekan Anda se Indonesia sebanyak 1,5 juta, itu kursi yang diraih harus dimanfaatkan dan digunakan” lanjutnya.

Maka tiap peserta memilih salah satu jalur masuk PTN, lewat SNBT, SNBP, atau jalur mandiri. Sedangkan untuk jalur mandiri, sejumlah PTN memakai seleksi dengan tes UTBK (Ujian Tulis Berbasis Komputer). Maka, siswa yang tidak lulus SNBP jelas tetap tidak bisa masuk jalur mandiri, karena acuan yang dipakai ialah nilai UTBK.

Maka, sebelum masuk PTN, diharap untuk mengetahui dulu apa saja persyaratannya. Pastikan jurusan yang dipilih sesuai bakat dan minat, agar kuliah bisa berjalan dengan lancar dan bisa mengikuti pendidikan dengan sebaik mungkin. Simak syarat peserta SNBP 2023.

Baca Juga : Calon Mahasiswa, Simak Biaya Hingga Jadwal Pelaksanaan UTBK-SNBT 2022!

Syarat Peserta SNBP 2023:

  • Siswa SMK sederajat Kelas 12 tahun 2023 yang bagus atau unggul prestasinya, memiliki prestasi akademik dengan nilai yang ditetapkan sesuai syarat PTN, masing-masing PTN bisa berbeda syaratnya.
  • Memiliki NISN atau Nomor Induk Siswa Nasional yang sudah terdaftar di PDSS.
  • Nilai rapor semester 1-5 sudah discan di PDSS.
  • Bagi calon mahasiswa yang memilih jurusan seni atau olahraga ada syarat tambahan portofolio.
  • Memiliki akun SNPMB.
  • WNI dan punya NIK.
  • Siswa SMA lulusan 2023 harus memiliki Surat Keterangan Siswa termasuk peserta dari sekolah Paket C. Untuk lulusan Paket C umur maksimalnya ialah 25 tahun per 1 Juli 2023.
  • Tidak lulus SNBP 2023 atau SNMPTN 2021 dan 2022.
  • Memiliki kesehatan yang memadai.
  • Bagi peserta tuna netra wajib menyertakan surat pernyataan.

Baca Juga : Daftar 74 Lokasi UTBK SNBT 2023, Ada Lokasi Khusus Tuna Netra!