5 Oleh – Oleh Makanan Khas Banjarmasin, Ada Sambal Acan

Bagi kamu yang berkunjung ke Banjarmasin, 5 oleh-oleh khas Banjarmasin ini harus kamu coba. Ada Kue Rangai, Sambal acan, rabuk ikan dan lainnya

5 Oleh – Oleh Makanan Khas Banjarmasin, Ada Sambal Acan
Pasar apung di Kalimantan Selatan, Gambar : visitkalsel.com

BaperaNews - Oleh – oleh merupakan hal wajib jika kita sedang pergi jalan – jalan. Di Banjarmasin, menawarkan banyak oleh – oleh khas yang bisa kalian bawa pulang saat mengunjunginya. Beberapa panganan khas dari Banjarmasin ini bisa kalian jadikan sebagai oleh – oleh paling tepat untuk orang tersayang.

1.Rabuk Ikan

Panganan ini diolah dengan bahan utama ikan tengiri atau pun ikan gabus. Panganan satu ini menawarkan cita rasa dominan gurih. Bagi kalian yang belum pernah melihatnya, sekilas akan menganggap mirip seperti abon.

Panganan ini cocok disantap dengan nasi saat masih hangat. Rasanya yang gurih membuat lidah pengen lagi dan lagi. Saat bahan utama sedang langka, ikan haruan kerap kali digunakan sebagai bahan alternatif.

2.Kue Rangai

Kue rangai merupakan oleh – oleh yang bentuknya camilan. Kalian yang suka ngemil, bisa nih memilih kue rangai untuk dijadikan oleh – oleh. Kue rangai biasanya banyak dihidangkan di Banjarmasin saat hari besar seperti contohnya Idul Fitri.

Untuk rasanya sendiri terdapat perpaduan gurih dan asin. Teksturnya pun lembut di mulut sehingga makan 1 saja rasanya tak cukup. Setidaknya 3 – 5 kue dalam sekali makan.

3.Sambal Acan

Di setiap daerah memiliki ciri khas sambal masing – masing. Banjarmasin juga punya sambal khas yang bernama sambal acan.

Bagi kalian para pecinta pedas, wajib hukumnya membeli sambal acan sebagai oleh – oleh. Bahan yang digunakan untuk membuat sambal acan adalah perpaduan antara mangga muda dan juga terasi.

Sambal acan banyak dijual dengan kemasan yang mudah dibawa sehingga kalian tak perlu khawatir akan kerepotan saat membawanya pulang.

4.Ikan Saluang

Ikan saluang merupakan nama lain dari ikan wader (sebutan di Pulau Jawa). Oleh – oleh ikan saluang ini diolah dengan cara digoreng kering. Cita rasanya yang gurih, bisa dinikmati sebagai camilan atau pun lauk dengan mengkonsumsinya menggunakan nasi hangat. Lebih nikmat lagi dipadukan dengan sambal yang kalian suka.

5.Wadai Rangai

Makanan dengan bahan utama sagu ini menawarkan cita rasa manis nan lezat. Buat kalian yang tak terbiasa dengan sagu, pasti akan terasa asing dan rasa ingin menikmatinya pun semakin besar. Dulunya, wadai rangai ini sangat sulit ditemukan, karena hanya disajikan saat acara – acara tertentu saja seperti halnya acara adat.