Viral Foto X-Ray Barbel Masuk Dubur, Begini Faktanya!

Viral di media sosial terdapat sebuah foto X-Ray menggambarkan barbel (alat olahraga) tersangkut di dubur manusia.

Viral Foto X-Ray Barbel Masuk Dubur, Begini Faktanya!
Viral Foto X-Ray Barbel Masuk Dubur. Gambar : Instagram.com/@radiologizone

BaperaNews - Viral foto X-Ray menggambarkan barbel (alat olahraga) tersangkut di dubur manusia. Kasus barbel masuk dubur disebut terjadi Indonesia. 

“Mau heran tapi ini di indonesia” tulis keterangan fotonya. Dijelaskan bahwa kejadian dialami seorang pria paruh baya umur 50 tahun.

Barbel yang nyangkut di anus tersebut sampai tercatat di jurnal internasional Cureus berjudul Successful Retrieval of a Retained Rectal Foreign Body in the Emergency Department.

Namun ternyata setelah diusut, kejadiannya bukan di Indonesia melainkan di Amerika Serikat dan telah ditangani oleh dokter bedah di Guthrie Robert Packer Hospital, Pennusylvania, AS. 

“Benda asing di rektal adalah hal umum yang muncul di unit gawat darurat, erosi anal jadi sebab utamanya ada benda asing di dalam dubur” tulis peneliti di jurnal tersebut.

Dokter yang melakukan pemeriksaan menemukan ada dumbell sebesar 2 kg menyangkut di tubuh pria, pasien pun mendapat tindakan ekstraksi untuk mengeluarkan dumbell dari tubuhnya.

Beruntung tidak ada komplikasi serius akibat kasus barbel masuk dubur tersebut, beberapa jam usai ditangani, kondisi pasien sudah membaik dan sudah diperbolehkan pulang.  

Baca Juga : Penumpang Didenda Rp 2 Juta Akibat Bawa Bika Ambon, Angkasa Pura Buka Suara!

Dokter juga melakukan operasi ringan, bukan tindakan yang besar. Pasien masih menjalani rawat jalan usai operasi barbel masuk dubur. Sesaat setelah operasi, tidak ada masalah berarti, pasien tidak sakit perut, bisa mendapat asupan dari mulut, dan bisa buang air dengan lancar dan tanpa kesulitan. Sebab itu pasien diperbolehkan pulang ke rumah.

Namun tidak diungkap bagaimana kronologi barbel masuk dubur tersebut. Diketahui anus manusia memiliki lubang yang kecil, meski bisa membesar secara elastis, namun tidak sebesar ukuran barbel yang beratnya mencapai 2 kg.

Kasus barbel masuk dubur ini ternyata bukan yang pertama kali, sebelumnya seorang pria di Brasil juga mengalami hal serupa. Dilarikan ke rumah sakit usai memasukkan dumbell ke anusnya. Saat itu bahkan dumbell sudah berada di anus selama 2 hari.

Namun kasus di Brasil membuat dokter kesulitan melakukan operasi, dokter sulit mengeluarkan benda besar tersebut, awalnya dokter mencoba mengambil dengan pinset namun tidak berhasil.

Dokter kemudian lakukan ekstraksi manual dengan melibatkan ahli, memakai tangan untuk mengeluarkan benda tersebut. Operasi bisa berjalan lancar dan pasien baru diperbolehkan pulang usai dirawat di rumah sakit selama tiga hari tanpa adanya komplikasi. 

Baca Juga : Viral Video TikTok Nakes Bedakan Layanan Pasien BPJS dan Umum