Bingung Milih Durian? Ini 6 Cara Memilih Durian yang Sudah Matang, Manis dan Banyak Daging

Bingung pilih durian?, Berikut ada 6 cara untuk memilih durian yang sudah matang, manis, dan banyak dagingnya

Bingung Milih Durian? Ini 6 Cara Memilih Durian yang Sudah Matang, Manis dan Banyak Daging
Ilustrasi buah durian. Gambar : Jimteo/unsplash.com

BaperaNews - Buah durian memang banyak penggemarnya. Mulai dari anak – anak, orang dewasa, hingga para lansia banyak yang suka dengan durian.

Namun banyak orang yang merasa kesulitan saat ingin mencari durian dengan rasa legit dan dagingnya tebal. Ditambah lagi harga durian di pasaran cenderung lebih mahal dari jenis buah lainnya. Jika salah pilih durian, rasa kecewa pun tak bisa dihindarkan.

Solusi paling tepat yang banyak dilakukan orang pada umumnya adalah menikmati langsung durian di lokasi. Ini bisa mengurangi resiko kerugian, karena jika buah durian tak sesuai dengan yang ditawarkan oleh penjual, biasanya penjual akan memberikan garansi dengan mencarikan yang sesuai.

Kemudian, kalian juga bisa dengan leluasa menukarkan buah durian yang tak enak atau pun belum matang selama masih di lokasi. Tapi jika kalian membawanya pulang, untuk komplain pun agak canggung dan takut penjualnya tak percaya. Karena bisa saja kalian beli dari tempat lain dan memanfaatkan situasi untuk menukarkannya.

Lantas bagaimana caranya memilih durian yang oke?

1.Pastikan Durian Berbentuk Bulat

Bentuk buah durian yang bulat sempurna, sebagian besar menawarkan daging yang lebih banyak daripada durian dengan bentuk yang tak beraturan. Kalian bisa perhatikan baik – baik saat memilihnya.

2.Lakukan Pengecekan Pada Bagian Ujung Durian

Pastikan pada bagian bawah durian tidak merekah. Carilah yang tidak pecah atau terbelah sedikit. Jika bagian bawah durian sudah tampak merekah, bisa dipastikan rasa durian pun menjadi tak enak dan hambar. Karena sudah terkontaminasi dengan udara luar sehingga mengubah dan mengurangi rasa asli dari durian tersebut.

3.Cek Bagian Tangkai Durian

Durian paling nikmat rasanya adalah durian yang masak pohon dan jatuh dengan sendirinya ke tanah. Bukan durian yang dipetik oleh petani. Untuk membedakannya, kalian bisa melakukan pengecekan pada bagian tangkai. Tangka hasil potongan tentu akan terlihat rata.

4.Mengeluarkan Bunyi Gema Pada Bagian Dalam

Kalian bisa memanfaatkan pisau untuk memukul – mukulkannya ke buah durian. Jika terdapat gema pada bagian dalamnya, maka sudah bisa dipastikan durian tersebut matang.

5.Cium Aroma Buah Durian

Bau menyengat nan harum menunjukkan durian sudah matang. Jadi kalian bisa mengidentifikasinya dengan mencium aroma.

6.Lihat Dari Bentuk Duri

Pilihan durian dengan bentuk duri yang panjang dan rapat. Karena itu menunjukkan buahnya tidak kering.

Itulah dia cara untuk memilih Durian matang, manis dan banyak dagingnya.