Viral Bayi ini Lahir Selamat Dengan 4 Ginjal, Kok Bisa?

Kisah kelahiran bayi asal Brasil menjadi sorotan setelah terungkap bahwa bayi tersebut lahir dengan empat ginjal.

Viral Bayi ini Lahir Selamat Dengan 4 Ginjal, Kok Bisa?
Viral Bayi ini Lahir Selamat Dengan 4 Ginjal, Kok Bisa? Gambar : Ilustrasi Canva By Vidal Balielo Jr.

BaperaNews - Kisah kelahiran Isis Eloah Ferreira Alves, seorang bayi asal Brasil, menjadi sorotan setelah terungkap bahwa bayi tersebut lahir dengan empat ginjal.

Ibunya, Thalia Silva Alves (21), menjalani pemeriksaan kandungan ketika dokter menemukan adanya masalah pada ginjal janin. Meskipun kebanyakan bayi lahir dengan dua ginjal, sekitar 1 dari 1.000 bayi dilahirkan hanya dengan satu ginjal.

Isis lahir prematur melalui persalinan caesar di Rumah Sakit Regional de Sobradinho di Brasilia. Setelah kelahirannya, Isis menjalani perawatan di inkubator dan pada usia lima bulan, ia menjalani operasi.

Di saat itulah terungkap bahwa Isis memiliki dua ginjal tambahan, suatu kondisi langka yang dikenal sebagai ginjal supernumerary. Hanya kurang dari 100 kasus bayi dengan 4 ginjal yang pernah tercatat memiliki kondisi serupa.

Dokter Jose Alencar yang menangani Isis menjelaskan bahwa keberadaan empat ginjal pada bayi tersebut menimbulkan masalah kesehatan.

Baca Juga : Bayi Usia 5 Hari di Sumenep Tewas Usai Diambil Sampel Darah Dari Tumit

Salah satu ginjal, yang terletak di kanan bagian atas, harus diangkat setelah mengalami penyumbatan yang menyebabkan penumpukan urine. Meskipun satu ginjal telah diangkat, Isis kini hidup dengan tiga ginjal yang berfungsi normal.

Ahli urologi anak, Helio Buson, menyatakan bahwa kondisi ini memerlukan pemantauan klinis dalam jangka waktu yang lama, mungkin bertahun-tahun hingga Isis mencapai usia dewasa. Meskipun kemungkinan adanya masalah kesehatan di masa depan, pihak medis meyakinkan bahwa pemantauan terus dilakukan.

Isis, yang saat ini berusia 13 bulan, mengalami beberapa tantangan kesehatan, termasuk rawat inap karena flu yang kadang berujung pada pneumonia.

Kondisi paru-parunya menjadi lebih rapuh karena kelahiran prematur dan pemberian obat yang sudah berlangsung lama. Meskipun demikian, sang ibu, Thalia Silva Alves, tetap berusaha agar Isis menjalani kehidupan normal seperti anak-anak lainnya.

Baca Juga : Bayi Laki-laki 5 Bulan di Sumbar Dikira Hamil, Ternyata Mengandung Ini