Viral 2 Tim Sepak Bola Tarkam Bawa Dukun Sebelum Pertandingan Dimulai

Video viral di TikTok memperlihatkan dukun di pinggir lapangan dalam pertandingan sepak bola tarkam Brebes.

Viral 2 Tim Sepak Bola Tarkam Bawa Dukun Sebelum Pertandingan Dimulai
Viral 2 Tim Sepak Bola Tarkam Bawa Dukun Sebelum Pertandingan Dimulai. Gambar : Kolase Tangkapan Layar TikTok/@nabil007

BaperaNews - Pertandingan sepak bola tarkam di Brebes, Jawa Tengah, baru-baru ini menjadi sorotan karena kedua tim yang bertanding membawa dukun untuk membawa keberuntungan. Momen ini jadi viral karena dukun tersebut berada di antara penonton yang memadati pinggir lapangan.

Masing-masing tim membawa seorang dukun yang telah terkenal di kampung mereka. Dengan keyakinan bahwa kehadiran dukun akan membawa keberuntungan, para pemain dan suporter merasa yakin menjalani pertandingan ini. 

Dupa, sejenis wewangian yang sering digunakan dalam ritual keagamaan, juga turut dibawa oleh kedua dukun tersebut. Mereka membawa dupa ini mengelilingi lapangan sebelum pertandingan dimulai. Sehingga, semerbak aroma kemenyan pun tercium di sejumlah sudut lapangan.

Momen tersebut berhasil tertangkap oleh sejumlah penonton dan diunggah di media sosial oleh akun TikTok @dikhaamaralghifar. Video tersebut dengan cepat menjadi viral dan menjadi perbincangan hangat di kalangan netizen.

Pawang, atau yang sering disebut sebagai tetua atau sesepuh di kampung asal tim, memiliki peran penting dalam pertandingan ini. Mereka biasanya duduk di belakang gawang tim yang membawanya. Meskipun kadang kala hasilnya tidak selalu sesuai dengan harapan, pemain dan suporter percaya bahwa apa yang dikatakan pawang akan membawa kemenangan bagi tim mereka. 

Baca Juga : Warga Bisa Foto Bareng Trofi Piala Dunia U-17 2023, Ini Jadwalnya!

Salah satu ritual yang sering dilakukan adalah menancapkan lidi di sekitar gawang sendiri. Namun, ini bukanlah tindakan sembarangan. Sebelum menancapkan lidi, ada beberapa mantra atau ritual khusus yang harus dibacakan. Ini menciptakan suasana mistis dan membuat pemain dan suporter semakin yakin akan keberhasilan tim mereka.

Terkadang, di tengah kepercayaan akan ilmu gaib dan mantra-mantra tandingan, ada juga upaya-upaya untuk mematahkan kekuatan ilmu tersebut. Salah satu cara yang sering dilakukan adalah membalikkan kolor atau mengenakan celana dalam terbalik. Bagi sebagian tim, cara ini lebih dipercaya ketimbang bermain maksimal dengan strategi dan berharap kepada nasib melalui doa semata.

Meskipun menancapkan lidi terkenal ampuh, ada pepatah yang mengatakan "setiap penyakit ada obatnya," dan dalam sepakbola tarkam, setiap ilmu gaib memiliki penangkalnya. Sebuah penangkal ilmu gaib dari lidi yang ditancapkan di gawang adalah air kencing. 

Pertandingan sepak bola tarkam ini benar-benar menciptakan atmosfer yang unik, dengan campuran antara keyakinan spiritual dan semangat bertanding. Meskipun sebagian besar orang mungkin skeptis, tidak dapat disangkal bahwa kehadiran dukun dan praktik-praktik ini menjadi bagian yang tak terpisahkan dari tradisi sepak bola tarkam di banyak daera

Dalam pandangan banyak orang, ini adalah salah satu daya tarik unik yang membuat pertandingan sepak bola tarkam menjadi lebih dari sekadar sebuah pertandingan biasa. Dukun, mantra, dan praktik-praktik spiritual yang ada dalam pertandingan ini menciptakan aura magis yang menjadikannya lebih dari sekadar olahraga. 

@baperanews.com Pertandingan sepak bola tarkam di Brebes, Jawa Tengah, baru-baru ini menjadi sorotan karena kedua tim yang bertanding membawa dukun untuk membawa keberuntungan. Momen ini jadi viral karena dukun tersebut berada di antara penonton yang memadati pinggir lapangan. #sepakbola#brebes#dukun #fypシ#baperanews ♬ Dj Trompet Liar Maryo Raja - Ryan A WDF

Baca Juga : Hasil Timnas Indonesia Vs Brunei: Garuda Pesta Gol Bantai Brunei 6-0