Tata Cara Sholat Idul Fitri untuk Berjamaah dan Sendiri

Sholat Idul Fitri ialah salah satu bentuk rasa syukur umat Islam kepada Allah SWT. Simak tata cara sholat Idul Fitri berjamaah dan sendiri sesuai sunnah secara lengkap.

Tata Cara Sholat Idul Fitri untuk Berjamaah dan Sendiri
Tata cara sholat Idul Fitri untuk berjamaah dan sendiri. Gambar : Kompas.com/Garry Lotulung

BaperaNews - Idul Fitri merupakan momen yang ditunggu-tunggu oleh umat Islam di seluruh dunia. Setelah menjalani ibadah puasa Ramadhan, umat Islam merayakan Idul Fitri dengan penuh sukacita. Salah satu kewajiban dalam merayakan Idul Fitri adalah melaksanakan sholat Idul Fitri. 

Sholat Idul Fitri merupakan salah satu bentuk rasa syukur umat Islam kepada Allah SWT. Sholat sunnah mu'akkadah ini dilaksanakan pada tanggal 1 Syawal, saat umat Islam merayakan hari kemenangan setelah menjalani ibadah puasa.

Pada kesempatan ini, Bapera News akan membahas tata cara sholat Idul Fitri berjamaah dan sendiri sesuai sunnah secara lengkap.

Baca Juga : Niat Sholat Idul Fitri Berjamaah, Lengkap dengan Latin!

Tata Cara Sholat Idul Fitri Berjamaah dan Sendiri

Tata Cara Sholat Idul Fitri Berjamaah :

Tata Cara Sholat Idul Fitri Berjamaah. Gambar : REUTERS/Shannon Stapleton

1. Niat Sholat Idul Fitri

Sebelum melaksanakan sholat, kita harus membaca niat agar sholat yang kita lakukan diterima oleh Allah SWT. Bacaan niat sholat Idul Fitri diperlukan agar kita tahu tujuan kita melaksanakan sholat tersebut. Berikut adalah niat untuk sholat Idul Fitri berjamaah sebagai imam dan makmum:

Niat Sholat Idul Fitri sebagai Imam

Arab:

أُصَلِّي سُنَّةَ لِعِيدِ الْفِطْرِ رَكْعَتَيْنِ إِمَامًا لِلَّهِ تَعَالَى

Latin:

Ushallii sunnatan li 'idil fitri rak'ataini imaaman/makmuuman lillaahi ta'aalaa

Artinya:

Aku berniat mengerjakan sholat sunnah Idul Fitri sebanyak dua raka'at sebagai imam karena Allah Ta'ala.

Niat Sholat Idul Fitri sebagai Makmum

Arab:

أُصَلِّي سُنَّةَ لِعِيدِ الْفِطْرِ رَكْعَتَيْنِ مَأْمُوْمًا لِلَّهِ تَعَالَى

Latin:

Ushallii sunnatan li 'idil fitri rak'ataini makmuuman lillaahi ta'aalaa

Artinya:

Aku berniat mengerjakan sholat sunnah Idul Fitri sebanyak dua rakaat sebagai makmum karena Allah Ta'ala.

2. Membaca Doa Iftitah

Setelah membaca niat, kamu membaca doa iftitah yang merupakan pembukaan dalam sholat. Doa iftitah ini berfungsi untuk memohon ampun dan rahmat Allah SWT.

3. Membaca Surat Al Fatihah

Setelah membaca doa iftitah, kamu membaca Surat Al Fatihah sebagai bagian dari rukun sholat. Surat Al Fatihah ini merupakan surat yang paling utama dalam Al-Qur'an dan wajib dibaca dalam setiap sholat.

4. Membaca Surat Pendek

Setelah membaca Surat Al Fatihah, kamu membaca surat pendek yang ada dalam Al-Qur'an. Biasanya, imam akan membaca Surat Al-A'la pada rakaat pertama dan Surat Al-Ghasyiyah pada rakaat kedua.

5. Melakukan Takbir Tambahan

Dalam sholat Idul Fitri, kamu diwajibkan melakukan takbir tambahan sebanyak 7 kali pada rakaat pertama dan 5 kali pada rakaat kedua. Takbir tambahan ini dilakukan sebelum membaca Surat Al Fatihah dan setelah membaca surat pendek.

6. Rukuk dan Sujud

Setelah melaksanakan takbir tambahan, kamu melanjutkan sholat dengan rukuk dan sujud seperti sholat pada umumnya.

7. Tasyahud dan Salam

Setelah melaksanakan rukuk dan sujud pada rakaat kedua, kamu melanjutkan dengan tasyahud dan salam. Tasyahud ini dilakukan dengan membaca doa tasyahud dan salam yang merupakan penutup sholat Idul Fitri.

Baca Juga : 8 Amalan Sunnah Idul Fitri yang Perlu Kamu Tahu!

Tata Cara Sholat Idul Fitri Sendiri

Tata Cara Sholat Idul Fitri Sendiri. Gambar : unsplash.com/Dok. Bimbingan Islam

Apabila kamu tidak bisa melaksanakan sholat Idul Fitri berjamaah, kamu dapat melakukannya secara sendirian. Berikut ini adalah tata cara Sholat Idul Fitri sendiri:

1. Niat Sholat Idul Fitri

Sama seperti sholat Idul Fitri berjamaah, kamu harus membaca niat sebelum melaksanakan sholat. Bacaan niat sholat Idul Fitri penting agar sholat kamu diterima oleh Allah SWT. Berikut niat sholat Idul Fitri secara munfarid atau sendiri :

Niat Sholat Idul Fitri Secara Munfarid

Arab:

أُصَلِّي سُنَّةً لعِيْدِ اْلفِطْرِ رَكْعَتَيْنِ مُنْفرِدا لِلهِ تَعَــــالَى

Latin:

Ushallii sunnatan lii'idil fitri rak'ataini munfaridan lillahi taa'ala

Artinya:

Saya berniat salat sunah Idul fitri dua rakat sendirian karena Allah Ta'ala.

2. Membaca Doa Iftitah

Setelah niat, kamu membaca doa iftitah sebagai pembukaan sholat. Doa iftitah ini memiliki fungsi untuk memohon ampun dan rahmat Allah SWT.

3. Membaca Surat Al Fatihah

Kamu kemudian membaca Surat Al Fatihah sebagai bagian dari rukun sholat. Surat Al Fatihah ini merupakan surat yang paling utama dalam Al-Qur'an dan wajib dibaca dalam setiap sholat.

4. Membaca Surat Pendek

Setelah membaca Surat Al Fatihah, kamu membaca surat pendek yang ada dalam Al-Qur'an. Dalam sholat Idul Fitri, kamu bisa membaca Surat Al-A'la pada rakaat pertama dan Surat Al-Ghasyiyah pada rakaat kedua, seperti yang dilakukan saat berjamaah.

5. Melakukan Takbir Tambahan

Kamu diwajibkan melakukan takbir tambahan sebanyak 7 kali pada rakaat pertama dan 5 kali pada rakaat kedua, sama seperti saat melaksanakan sholat berjamaah. Takbir tambahan ini dilakukan sebelum membaca Surat Al Fatihah dan setelah membaca surat pendek.

6. Rukuk dan Sujud

Setelah melaksanakan takbir tambahan, kamu melanjutkan sholat dengan rukuk dan sujud seperti sholat pada umumnya.

7. Tasyahud dan Salam

Setelah melaksanakan rukuk dan sujud pada rakaat kedua, kamu melanjutkan dengan tasyahud dan salam. Tasyahud ini dilakukan dengan membaca doa tasyahud dan salam yang merupakan penutup dari sholat Idul Fitri.

Dengan mengetahui tata cara Sholat Idul Fitri secara lengkap, baik dilakukan berjamaah maupun sendiri, kamu dapat melaksanakan ibadah sholat Idul Fitri dengan baik dan benar. 

Selain itu, dengan melaksanakan sholat Idul Fitri sesuai sunnah, kamu akan mendapatkan pahala yang berlimpah dari Allah SWT.

Semoga informasi ini membantu kamu memahami tata cara sholat Idul Fitri dengan lebih baik. Dengan menjalankan sholat Idul Fitri sesuai tuntunan yang benar, kita dapat merayakan hari kemenangan ini dengan penuh syukur dan kebahagiaan. 

Selamat Idul Fitri 2023, mohon maaf lahir dan batin.

Baca Juga : Bolehkah Makan Sebelum Sholat Idul Fitri? Ini Hukumnya