Film Reflect Buatan Disney, Patahkan Stereotipe Cantik Tak Harus Putih Dan Kurus

Disney mengeluarkan film pendek berjudul "Reflect", film ini begitu di apresiasi sebab dapat membangun kepercayaan diri dan mematahkan standar kecantikan (stereotipe).

Film Reflect Buatan Disney, Patahkan Stereotipe Cantik Tak Harus Putih Dan Kurus
Film Reflect buatan Disney patahkan stereotipe cantik tak harus putih dan kurus. Gambar : Disney

BaperaNews - Perusahaan animasi Disney pertama kalinya memperkenalkan karakter perempuan plus size atau memiliki berat badan berlebih dalam sebuah film animasi pendeknya.

Film animasi tersebut berjudul Reflect dengan durasi 6 menit, film Reflect mendapat apresiasi dari berbagai khalayak sebab mengangkat tema untuk mengatasi dismofia tubuh atau keraguan atas diri sendiri.

Film Reflect  berkisah tentang seorang penari Balet bernama Bianca yang sedang berjuang mengatasi rasa ketakutan pada bayanganannya sendiri. Lewat Balet, dirinya dapat menampilkan keanggunan dari setiap gerakan yang dilakukan.

Sutradara film Reflect, Hillary Bradfield berharap penonton yang menyaksikan film ini dapat menemukan nilai positif tentang diri mereka.

Baca Juga : Daftar Film Disney Dan Pixar Yang Tayang 2022 Hingga 2024

“Terkadang kamu pergi ke tempat yang gelap untuk sampai ke tempat yang baik. Dan itu membuat tempat yang bagus menjadi jauh lebih indah" ungkap Hillary.

Dalam klip film Reflect ini, Disney memperlihatkan tokoh Bianca yang sedang bercermin dengan wajah tersenyum penuh percaya diri.

Lewat film ini, nampaknya Disney mematahkan stereotipe standar kecantikan perempuan yang biasanya identik dengan karakter princess. Standar kecantikan tersebut diakui bila perempuan memiliki tubuh kurus dan kulit putih selayaknya karakter princess.

Animasi yang berdurasi enam menit ini adalah bagian dari seri eksperimental Disney’s Short Circuit series yang dirilis lewat Disney+ pada September 2022 lalu. Trailer film Reflect viral di TikTok dan mendapatkan tanggapan yang begitu baik.

Akhir-akhir ini memang Disney seringkali menampilkan karakter perempuan dengan beragam ciri khas tak hanya putih dan kurus. Tentu langkah Disney perlu diapresiasi sebab dapat membangun kepercayaan diri dan mematahkan standar kecantikan.

Baca Juga : Disney+ Kolaborasi Dengan BTS, Ciptakan Tiga Konten Eksklusif