Takut Ujian SIM Gagal? Polisi Buka Bimbel Ujian Teori Hingga Praktik Secara Gratis

Polisi diberbagai daerah Indonesia kini membuka Bimbel SIM gratis untuk memudahkan masyarakat yang ingin membuat SIM, mulai dari ujian teori hingga tes praktik.

Takut Ujian SIM Gagal? Polisi Buka Bimbel Ujian Teori Hingga Praktik Secara Gratis
Polisi buka bimbel ujian teori hingga praktik secara gratis. Gambar : Detik.com/Rifkianto Nugroho

BaperaNews - Ujian SIM sering jadi momok tersendiri dari masyarakat, bayangan tentang tes yang beragam mulai dari ujian teori hingga tes praktik membuat nyali menciut, terlebih dengan banyaknya cerita atau pengalaman dari orang-orang yang pernah bahkan berkali-kali gagal ujian SIM.

Ujian SIM sendiri terdiri dari ujian kesehatan, tes psikologi, tes dasar seperti rambu-rambu lalu lintas, hingga tes praktik. Tes praktik motor dilakukan dengan menaiki sepeda motor dengan titik-titik jalur yang disediakan, sedangkan tes praktik mobil juga dilakukan dengan mengendarai mobil dengan beragam jalur.

Kini kantor polisi di berbagai daerah Indonesia menggelar bimbingan belajar gratis untuk memudahkan masyarakat mendapatkan SIM (surat izin mengemudi). Bimbel diberikan sebagai pembelajaran awal para calon pembuat SIM agar tahu ujian apa saja yang akan dilewati dan berlatih di ujian tersebut. Salah satunya di Satlantas Polresta Barelang, Batam.

“Masyarakat yang khawatir tidak lulus ujian SIM bisa belajar gratis terlebih dahulu dengan memanfaatkan layanan bimbingan tes pembuatan SIM” terang Kasat Lantas Polresta Barelang AKP Cut Putri pada Senin (7/11).

Baca Juga : Polisi Terapkan Sistem Akumulasi Poin, SIM Pelanggar Lalu Lintas Bisa Dicabut

Bimbingan belajar (Bimbel) yang diberikan Polisi berupa ujian teori dan tes praktik yang semuanya dibutuhkan ketika ujian SIM. Layanan diberikan kepada semua masyarakat, baik yang baru akan membuat SIM ataupun yang pernah gagal melaksanakan ujian SIM.

Bimbel SIM gratis tersebut dilaksanakan tiap Senin hingga Sabtu. Hari Senin sd Jumat dilaksanakan pukul 15.30 – 16.30 WIB. Sedangkan hari Sabtu dilaksanakan pukul 12.00 – 13.00 WIB di Mapolresta Barelang.

Program ini diharapkan bisa meningkatkan  minat masyarakat untuk patuh pada aturan kepemilikan SIM untuk salah satu syarat berkendara. Program juga dibuka di Polresta Bandung, Medan, dan Lombok. Di Bandung, program dilaksanakan setiap hari Minggu di acara Car free Day Soreang.

“Ke depannya, kegiatan Bimbel SIM ini dilaksanakan rutin dan keliling tiap kecamatan, bisa di kecamatan, alun-alun, Polsek, dan tempat lainnya untuk bisa menjadi Bimbel yang dekat dengan mobilitas masyarakat” jelas Kapolresta Bandung Kompol Kuswor Wibowo.

Sedangkan di Lombok, bimbel SIM gratis diadakan di Polres Lombok Barat setiap jam kerja sesuai dengan jam pelayanan Satlantas Polres dan bimbel SIM gratis di Medan dilaksanakan tiap hari Senin sd Kamis pukul 14.00 – 16.00 WIB.

Baca Juga : Polres Bogor Tilang Pelanggar Dengan Baca Al-Qur'an